Arina Azifatil Khasanah
,
Abstract
Matematika di dalam pembelajarannya tidak dapat dikatakan mudah untuk dipelajari. Tak jarang minat dan kemampuan belajar matematika yang kurang membuat banyak keluhan yang timbul dalam mempelajarinya, seperti bosan, sulit dan misterius sehingga membuat peserta didik tidak tertarik mempelajari atau bahkan memperdalamnya. Untuk mengatasi ketidaksenangan peserta didik terhadap matematika diperlukan adanya pembenahan baik di tenaga pendidik maupun peserta didik itu sendiri. Oleh karena itu, guru dituntut untuk menjadikan pelajaran lebih inovatif salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satu jenis media yang dapat digunakan adalah permainan monopoli matematika (Mathpoly). Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran mathpoly, 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dari penggunaan media pembelajaran mathpoly, dan 3) Untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran mathpoly terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling terpilih kelas VII H dan kelas VII I dengan masing-masing kelas berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan: 1) skor rata-rata angket respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran mathpoly sebesar 63%, yang termasuk dalam kategori kuat, 2) skor rata-rata hasil belajar dari kelas eksperimen sebesar 86,77, dan 3) berdasarkan perhitungan uji t didapatkan nilai thitung (4,011) > ttabel (1,995) maka kesimpulannya hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran mathpoly lebih baik dari hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran mathpoly.
Keywords
Media Pembelajaran; Mathpoly; Hasil Belajar Matematika
References
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Bakar, F. A. (2008). Cara Asyik Belajar Matematika Melalui Film Edukasi Matematika. Semarang: Ghyyas Putra.
Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Jica.
Hassan, F. (2004). Pendidikan Adalah Pembudayaan, dalam Pendidikan Indonesia. Jakarta: Kompas.
Hudoyo, H. (1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor–Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Reineka Cipta.
Toheri, T., & Aziz, A. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika pada Pembahasan Dimensi Tiga. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 1(2).