Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajan Matematika Melalui Model Demonstrasi Berbasis Saintifik Pokok Bahasan Aritmatika Sosial
(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizon, A. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTs N Model Padang pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(1), 1-16.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Brookfield, S. (2000). Transformative Learning as Ideology Critique. In J. Mezirow (Ed). Learning as transformation: Critical perspectives on a theory in progress. San Francisco: Jossey-Bass.
Chatarina, T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.
Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Guntur, M., Muchyidin, A., & Winarso, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen Komik Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1).
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Lapis. (2009). Pembelajaran Matematika MI. Surabaya: Amanah Pustaka.
Majid, A., & Rochman, C. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19-35.
Permendikbud Nomor 103. (2014). Langkah-langkah Pembelajaran Saintifik.
Purwanto. (2002). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remadja Rosda Karya.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Bandung: PT Rajagrafindo Persada.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran Besed Learning. Bogor: PT Ghalia Indonesia.
Shandy, T. A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Disposisi Matematika Siswa (Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
Suardi, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract view : 62 timesPDF - 22 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.