Desain Didaktis Materi Aritmatika Sosial Pada Madrasah Tsanawiyah

Ria Intansari(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyusun desain didaktis pada materi aritmatika sosial berdasarkan learning obstacle (hambatan belajar) dan learning trajectory (jalannya materi) yang dialami oleh siswa saat mempelajari konsep tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, uji learning obstacle, dokumen dan angket sebagai data pendukung. Langkah awal dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi learning obstacle dengan mengujikan instrumen learning obstacle kepada siswa kelas VIII B dengan jumlah 26 siswa MTs Salafiyah Kota Cirebon yang telah mendapatkan dan mempelajari materi tersebut. Sebelum uji learning obstacle peneliti terlebih dahulu melakukan telaah susunan materi yang dipilih yakni aritmatika sosial pada buku-buku sumber yang ada. Setelah learning obstacle teridentifikasi maka langkah selanjutnya yaitu penyusunan desain didaktis dengan penggunaan teori-teori pembelajaran yang sesuai dengan harapan hambatan saat uji learning obstacle dapat hilang atau terkurangi. Desain didaktis yang telah disusun selanjutnya diimplementasikan kepada siswa kelas VII B dengan jumlah 26 siswa MTs Salafiyah Kota Cirebon semester genap. Langkah selanjutnya yaitu menganalisis hasil implementasi desain didaktis dan yang terakhir adalah mengaitkan antara prediksi yang telah dibuat sebelum implementasi dengan respon siswa saat implementasi berlangsung sebagai rujukan revisi desain didaktis kemudian peneliti melakukan pengujian instrumen learning obstacle kepada siswa yang telah menerima pembelajaran desain didaktis dan menganalisis hasil pengujian instrumen learning obstacle apakah kesulitan siswa yang telah teridentifikasi sebelumnya masih muncul atau tidak. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa learning obstacle yang dialami oleh siswa mengalami penurunan, sehingga desain didaktis ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam mempelajari konsep aritmatika sosial.

Keywords


Learning obstacle; desain didaktis; learning trajectory; aritmatika sosial

Full Text:

PDF

References


Aisah, L.S., Kusnandi, & Yulianti, K. (2016). Desain Didaktis Konsep Luas Permukaan dan Volume Prisma dalam Pembelajaran Matematika SMP. Mathline, 1(1).

Astutik, Y., & Nuriyatin, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).

Clements, D. H., & Sarama, J. (2014). Learning and teaching early math: The learning trajectories approach. Routledge.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta.

Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13-24.

Nur’aeni, E., & Muharam, M. R. W. (2016). Desain Didaktis Konsep Mengukur Sudut di Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.

Kansanen, P. (2003). Studying--the realistic bridge between instruction and learning. an attempt to a conceptual whole of the teaching-studying-learning process. Educational Studies, 29(2-3), 221-232.

Nasution. (2004). Didaktis Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara .

Ianah, I., & Raharjo, H. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. EDUMA: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2).

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135-146.

Sumaji, dkk. (1998). Pendidikan Sains Yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius.

Suryadi, D. (2013). Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UPI.


Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.