Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Pediamatika?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

MEKANISME PENDAFTARAN DAN PENGUNGGAHAN JURNAL ONLINE PEDIAMATIKA MENJADI AUTHOR DI OPEN JURNAL SYSTEM (OJS) PROGRAM STUDI TADRIS MATEMATIKA FITK IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

 

PENDAFTARAN:

1. Mahasiswa membuka website http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/pmat

2. Mahasiswa mengklik tautan Register di laman web jurnal Pediamatika

3. Mahasiswa mengisi isian Profile terutama yang memiliki tanda bintang (*) yang terdiri  

    dari :

aUsername, diisi dengan memasukkan Nomor Induk Mahasiswa

  (contoh: 1413042033).

b. Password, diisi dengan memasukan minimal 6  karakter boleh huruf, angka atau

   gabungan keduanya.

  1. Repeat passworddiisi dengan memasukan kembali password yang dibuat di kolom password pertama.
  2. Salutation, kolom ini berisi mengenai salam dari calon author (boleh tidak diisi).
  3. First Namediisi dengan memasukan nama pertama dari keseluruhan nama  (fullname) mahasiswa dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata.
  4. Middle Namediisi dengan memasukan nama kedua atau nama tengah mahasiswa. Apabila nama mahasiswa hanya terdiri dari 2 kata, maka kolom Middle Name tidak perlu diisi.
  5. Last Namediisi dengan memasukan nama terakhir mahasiswa. Jika nama mahasiswa hanya terdiri dari 1 kata, maka kolom Last Name diisi dengan kembali memasukkan nama pertama.
  6. Initialsdiisi dengan memasukan inisial nama mahasiswa (Contoh: Fulan Bin Fulan, Initials : FBF).
  7. Genderpada kolom ini mahasiswa harus mengklik tanda panah yang tersedia dan memilih untuk pria atau F untuk wanita.
  8. Affiliationkolom ini merupakan keterangan mengenai lembaga calon penulis (author) bernaung, misalnya Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
  9. Signaturekolom ini adalah kolom tanda tangan (boleh tidak diisi).
  10. E-maildiisi dengan memasukan email aktif mahasiswa baik dari yahoo mail, , syekhnurjati mail (email institusi), ymail, dan yang lainnya. (diutamakan email institusi)
  11. Confirm E-maildiisi dengan kembali memasukan e-mail yang dibuat di kolom e-mail.
  12. URL, diisi dengan memasukan website pribadi atau link (boleh tidak diisi).
  13. Phone, diisi dengan memasukan nomor telepon aktif mahasiswa.
  14. Fax, diisi dengan memasukan nomor fax aktif mahasiswa (boleh tidak diisi).
  15. Mailing Addressdiisi dengan memasukan alamat surat-menyurat (domisili) yang bisa dihubungi.
  16. Countrypada kolom ini mahasiswa harus mengklik tanda panah yang tersedia dan memilih “Indonesia” sebagai negara asal.
  17. Bio Statementdiisi dengan memasukan deskripsi pribadi, misalnya program studi, tahun masuk, kelas, dst.
  18. Confirmation, pada kolom ini mahasiswa harus memberi tanda √ pada      Send me a confirmation email including my username and password.
  19. Register As, pada kolom ini mahasiswa harus memberi tanda √ pada Reader  dan  Author.
  20. Working Languages, beri tanda √ pada     English.
  21. Setelah Kolom Profile diisi, kemudian mahasiswa mengklik kolom Register.
  22. Catat Username dan Password anda. Sistem OJS IAIN Syekh Nurjati Cirebon tidak menyediakan bantuan pengingat Username dan Password.

 

PENGUNGGAHAN

  1. Setelah melakukan pendaftaran, secara otomatis mahasiswa dapat mengirimkan artikel jurnalnya secara online  melalui website http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/pmat
  2. Login, masukkan username dan password yang digunakan ketika melakukan pendaftaran.
  3. New Submission, silahkan klik link ini untuk memulai pengunggahan.
  4. Journal Section, pada bagian ini mahasiswa harus mengklik tanda panah yang tersedia dan memilih jenis artikel yang akan diunggah. (contoh : artikel, penelitian tindakan kelas, dst.).
  5. Submission Checklist, berilah tanda √ pada setiap     pilihan yang disediakan.
  6. Comments for the Editor, pada bagian ini mahasiswa dapat memberikan pesan  kepada editor jurnal on line terkait penerbitan (boleh tidak diisi).
  7. Save and continue, klik link ini dan pastikan semua pilihan telah diberi tanda √.
  8. Submission File, klik “browse” untuk mencari file artikel yang akan anda unggah dengan ketentuan sebagai berikut:
  • File artikel berukuran tidak lebih dari 1 MB.
  • File artikel disimpan dalam format PDF.
  • File artikel yang diunggah adalah file artikel lengkap dan terdiri dari Judul, Abstrak,  Pendahuluan, Kajian Teori, Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Daftar Pustaka.
  • Panjang artikel antara 8 – 12 halaman.

9. Upload, klik link ini setelah anda menemukan file yang akan diunggah.

10. Save and continueklik link ini dan pastikan anda telah mengupload file yang akan

      diunggah.

11. Authors terdiri atas 3 (tiga) nama penulis yamg terdapat pada artikel dengan

      ketentuan sebagai berikut:

      a. Author 1 adalah nama mahasiswa yang bersangkutan.

  • First Namediisi dengan memasukan nama pertama dari keseluruhan nama (full name) mahasiswa dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata.
  • Middle Namediisi dengan memasukan nama kedua atau nama tengah mahasiswa dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata. Apabila nama mahasiswa hanya terdiri dari 2 kata, maka kolom Middle Name tidak perlu diisi.
  • Last Namediisi dengan memasukan nama terakhir mahasiswa dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata. Jika nama mahasiswa hanya terdiri dari 1 kata, maka kolom Last Name diisi dengan kembali memasukkan nama pertama.
  • E-maildiisi dengan memasukan e-mail aktif mahasiswa baik dari yahoo mail, gmail, syekhnurjati mail, ymail, dan yang lainnya.
  • Countrypada kolom ini mahasiswa harus mengklik tanda panah yang tersedia dan memilih “Indonesia” sebagai negara asal.
  • Add Author, klik link ini untuk menambahkan nama Author 2.

      b. Author 2 adalah nama Pembimbing I.

  • First Namediisi dengan memasukan nama pertama dari keseluruhan nama (full name) Pembimbing I dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata.
  • Middle Namediisi dengan memasukan nama kedua atau nama tengah Pembimbing I dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata. Apabila nama Pembimbing I hanya terdiri dari 2 kata, maka kolom Middle Name tidak perlu diisi.
  • Last Namediisi dengan memasukan nama terakhir Pembimbing I dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata. Jika nama Pembimbing I hanya terdiri dari 1 kata, maka kolom Last Name diisi dengan kembali memasukkan nama pertama.
  • E-maildiisi dengan memasukan e-mail aktif Pembimbing I baik dari yahoo mail, gmail, syekhnurjati mail, ymail, dan yang lainnya.
  • Countrypada kolom ini mahasiswa harus mengklik tanda panah yang tersedia dan memilih “Indonesia” sebagai negara asal.
  • Add Author, klik link ini untuk menambahkan nama Author 3.

      c. Author 3 adalah nama Pembimbing II.

  • First Namediisi dengan memasukan nama pertama dari keseluruhan nama (full name) Pembimbing II dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata.
  • Middle Namediisi dengan memasukan nama kedua atau nama tengah Pembimbing II dan menggunakan huruf kapital untuk awal kata. Apabila nama Pembimbing II hanya terdiri dari 2 kata, maka kolom Middle Name tidak perlu diisi.
  • Last Namediisi dengan memasukan nama terakhir Pembimbing II. Jika nama Pembimbing II hanya terdiri dari 1 kata, maka kolom Last Name diisi dengan kembali memasukkan nama pertama.
  • E-maildiisi dengan memasukan e-mail aktif Pembimbing II baik dari yahoo mail, gmail, syekhnurjati mail, ymail, dan yang lainnya.
  • Countrypada kolom ini mahasiswa harus mengklik tanda panah yang tersedia dan memilih “Indonesia” sebagai negara asal.

12Title, ditulis dengan singkat dan padat, maksimum 12 kata dan dicetak dengan huruf  

       Kapital.

  • Untuk artikel berbahasa Indonesia, maka judul ditulis menggunakan bahasa Indonesia
  • Untuk artikel berbahasa Inggris, maka judul ditulis menggunakan bahasa Inggris

13Abstract, masukkan abstrak artikel anda pada bagian ini dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jumlah kata pada Abstract termasuk kata kunci tidak lebih dari 300 kata.
  • Untuk artikel berbahasa Indonesia, Abstract terdiri dari 1 (satu) paragraf berbahasa Inggris dan 1 (satu) paragraf berbahasa Indonesia. Untuk artikel berbahasa Inggris, Abstract terdiri dari 1 (satu) paragraf berbahasa Indonesia dan 1 (satu) paragraf berbahasa Inggris.
  • Keywords (Kata kunci) terdiri dari 3 – 5 kata kunci. Keywords (Kata kunci) ditulis menggunakan huruf kecil dan diurutkan sesuai abjad. Untuk artikel berbahasa Indonesia, maka kata kunci tetap menggunakan bahasa Indonesia. (contoh: Kata kunci: analisis kinerja, guru pembimbing, penyusunan program bimbingan konseling). Untuk artikel berbahasa Inggris, maka kata kunci tetap menggunakan bahasa Inggris. (contoh: Keywords: achievement, listening, song, vocabulary).
  • Abstract merupakan bagian dari sistem OJS Pediamatika, sehingga anda tidak perlu kembali memasukkan kata “Abstract/Abstrak” pada kolom ini.

14Academic discipline and sub-disciplines, pada kolom INDEXING masukkan wilayah kajian artikel Anda.

16. Keywordsmasukkan kata kunci 3 sampai 5 kata kunci artikel anda dengan menggunakan simbol semicolon (;) sebagai pemisahnya

17. Contributor, diisi dengan orang atau organisasi yang mensupport penelitian anda

18. References, masukkan references/daftar rujukan yang terdapat pada artikel anda.

      References merupakan bagian dari sistem OJS Pediamatika, sehingga anda tidak

      perlu kembali memasukkan kata “references/daftar rujukan” pada kolom ini. Diwajibkan mengutip   tulsian dari Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching.

19. Supplementary Files, merupakan file pendukung/tambahan artikel dan tidak

      perlu diisi jika anda tidak memilikinya, cukup klik save and continue.

20. File Summary, pada bagian ini silahkan klik Finish Submission.

21. Awaiting Assignment, adalah tanda artikel anda telah berhasil diunggah dan berstatus

     sedang dalam proses tunggu yang dapat dicek pada Active Submission.

22. Mahasiswa diharuskan mengecek secara berkala untuk keberlanjutan proses.

 

 

TOOLS

Authors are strongly advised to use Mendeley tools

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring passed Munaqosyah examination have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.