Desain Tes Hasil Belajar Matematika Tematik Integratif Siswa

Pika Khoirunnisa(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketersediaan instrumen tes hasil belajar matematika tematik integratif yang belum memadai. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan tes hasil belajar matematika tematik integratif siswa yang dapat mengukur hasil belajar matematika siswa secara integratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R&D dengan tahapan yang merujuk pada model pengembangan tes Azwar (2012). Instrumen yang dikembangkan telah ditunjukkan validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa tes hasil belajar matematika tematik integratif siswa. Tes ini telah dinyatakan validitasnya secara isi (content validity) berdasarkan penilaian ahli (expert judgment). Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa setiap butir tes dapat mengases setiap domain yang hendak diukur, ditunjukkan oleh nilai CVR yang memenuhi kriteria minimal. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa tes memiliki reliabilitas yang tinggi. Reliabilitas tes tersebut dihitung menggunakan software Anates V.4.0.5, diketahui reliabilitas tes sebesar 0, 85 yang diinterpretasikan bahwa instrumen memiliki keajegan yang tetap dan dinyatakan reliabel. Selain memiliki reliabilitas yang tinggi, tingkat kesukaran tes yang dikembangkan berkategori mudah dan sedang. Sedangkan rata-rata dari kelima butir tes pada tes yang dikembangkan yaitu 0, 57 yang diiterpretasikan baik. Hasil belajar matematika tematik integratif siswa kelas 7 SMPN 1 Lebakwangi tersebar secara normal dengan persentase kategori hasil belajar matematika tematik integratif “Sangat Tinggi†sebesar 13%, “Tinggi†sebesar 62%, “Rendah†sebesar 12%, dan “Sangat Rendah†sebesar 13%. 

Keywords


Instrumen; tes hasil belajar; matematika; tematik integratif

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauzi, A. (2013). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Irianto, Y. B. (2011). Kebijakan Pembaruan Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Kurbaita, G., Zulkardi, Z., & Siroj, R. A. (2013). Pengembangan Buku Ajar Matematika Tematik Integratif Materi Pengukuran Berat Benda untuk Kelas I SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(1), 1-10.

Misri, M. A. (2017). Struktur Grup. Cirebon: CV. Confident.

Muslich, M. (2011). Autentic Assesment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.

Newman, J. R. (2003). Wikipedia. Diambil kembali dari https://id.wikipedia.org/wiki/Matematika

Rusman. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Seals, B. B., & Richey, R. C. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya (terj. Dewi S. Prawiradilaga dkk.). Jakarta: Kerjasama IPTPI LPTK UNJ.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.