Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Model STAD (Student Team Achievement Division)
(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Materi matematika yang padat dan kurangnya rasa percaya diri dalam belajar matematika mengakibartkan kurangnya sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah. Sedangkan sikap-sikap positif tersebut merupakan aspek kemampuan disposisi matematika. Untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan disposisi matematika siswa, maka dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang tepat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pendekatan pembelajaran model STAD.Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui kemampuan disposisi matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran model STAD, untuk mengetahui besar peningkatan kemampuan disposisi matematika melalui pendekatan pembelajaran model STAD, untuk mengkaji peningkatan kemampuan disposisi matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran model STAD lebih baik dari pada peningkatan kemampuan disposisi matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pendekatan pembelajaran model STAD. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ciawigebang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah 131 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini kelas VIII B dan VIII C yang masing-masing berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah menganalisis data maka didapat: Kemampuan disposisi matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran model STAD adalah 93,58 dan 106,23 dengan selisih (gain) 12,65. Peningkatan kemampuan disposisi matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran model STAD memiliki rata-rata indeks gain= 0,40 dan presentase peningkatan sebesar 10% kriteria sedang. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (4,879 > 2,00) dan nilai Asymp.Sig = 0,00 < 0,05 maka ditolak artinya peningkatan kemampuan disposisi matematika siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran model STAD lebih baik dari pada peningkatan kemampuan disposisi matematika siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Respon siswa terhadap pendekatan pembelajaran model STADmemiliki rata-rata persentase sebesar 78,92% termasuk kategori kuat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hanafiah, N. dan Cucu S. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Kesumawati, N. (2010). Peningkatan kemampuan pemahaman, pemecahan masalah, dan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia).
Mahmuzah, R., & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2).
Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy P., Hooper,M. (2015). TIMSS 2015 INTERNATIONAL RESULT IN MATHEMATICS. Netherlands: IEA.
Sabri, A. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya.
Sormin, M. A. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw di SMP Muhammadiyah Kota Padangsidimpuan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 2(1).
Syaban, M. (2009). Menumbuhkembangkan daya dan disposisi matematis siswa sekolah menengah atas melalui pembelajaran investigasi. Jurnal Educationist, 3(2), 129-136.
Ormrod, J.E. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Warsono & Hariyanto. (2014). Pembelajran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trisnowali, A. (2015). Profil disposisi matematis siswa pemenang olimpiade pada tingkat provinsi Sulawesi Selatan. Journal of EST, 1(3), 47-57.
Article Metrics
Abstract view : 44 timesPDF - 43 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.