PERAN PONDOK PESANTREN DALAM IMPLEMENTASI PENGELOLAAN WAKAF

Atiq Nur Dianti(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Al-Muqoddas Modern Islamic Boarding School Sumber-Cirebon is a waqf boarding school where the staff give full responsibility to the board of the boarding school to manage all the affairs of the boarding school. The focus in this study is to determine the implementation of Waqf Management at the Modern Al-Muqoddas Modern Sumber Islamic Boarding School SumberCirebon and to know the supporting and inhibiting factors in the management of waqf at Al- Al-Muqoddas Modern Islamic Boarding School Sumber-Cirebon. The method that researchers use is qualitative research with qualitative descriptive methods and data collection techniques through observation and indepth interviews, and data analysis is carried out by means of descriptiveanalytic.The research found that the management of waqf in the Al-Muqoddas Modern Islamic Boarding School is supported by qualified teachers, extensive relationships with various parties, financial support, clear educational concepts, prioritizing discipline. students and official languages.

Pondok Pesantren Modern Al-Muqoddas Sumber-Cirebon termasuk pondok wakaf yang mana para wakifnya memberikan tanggung jawab sepenuhnya kepada para pengurus pondok untuk mengelola semua urusan pondok. Salah satu upaya dalam pemanfaatan harta wakaf adalah dalam bentuk jenjang pendidikan SMP IT dan SMA IT Al-Muqoddas. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Pengelolaan Wakaf di Pondok Pesantren Modern Al-Muqoddas Sumber-Cirebon dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan wakaf di  Pondok Pesantren Modern Al-Muqoddas Sumber-Cirebon. Metode yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode kualitatif-deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara secara mendalam, serta analisis data dilakukan dengan cara deskriptif-analistis. Peneliti menemukan bahwa pengelolaan wakaf yang ada di Pondok Pesantren Modern Al-Muqoddas sudah sesuai dengan tujuan yayasan, faktor pendukung internal diantaranya kualitas pengajar yang mumpuni, relasi yang luas dengan berbagai pihak, dukungan finansial, konsep pendidikan yang jelas, mengedepankan kedisiplinan santri dan bahasa resmi (Arab & Inggris), Faktor penghambat internal diantaranya kurangnya pengarahan dan pengawalan terhadap guru-guru junior, kurangnya sarana dan prasarana yang memadai bagi santri. Faktor pendukung eksternal diantaranya banyaknya para muhsinin dari luar, dukungan dari para alumni Gontor. Faktor peghambat eksternal kurang balance antara kebutuhan dan masukan karena kebutuhan lebih banyak dibandingkan dengan pemasukan, legalitas formal, dianggap formal kalau berbentuk sertifikat wakaf, hambatan administrasi dan birokrasi yang terjadi di Kementrian Agama dan BPN.


Keywords


Wakaf, Pondok Pesantren, al-muqoddas, pengelolaaan wakaf



DOI: 10.24235/oasis.v6i1.9025

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :

                            

                                                                                                                            
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)