NILAI-NILAI METODOLOGIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT AL-RAHMAN AYAT 1-4
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Terjadinya penyimpangan ajaran agama di kalangan remaja sekarang ini telah menjadi fenomena, yang dapat dilihat dari perilaku keagamaan mereka. Hal tersebut disinyalir karena pendidikan agama tidak terinternalisasikan dengan baik menjadi karakter kepribadiannya. Pendidikan agama yang diberikan oleh para guru kepada peserta didik kurang menarik dari sisi materi, apalagi metode yang digunakannya. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan, penting memilih metode yang digunakan. Di dalam Al-Qur’an banyak dijumpai ayat-ayat tentang pendidikan yang berhubungan dengan tujuan maupun metode pemelajaran, diantaranya dapat ditelaah dari al-Qur’an surat al-Rahman ayat 1- 4. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menemukan nilai-nilai metodologis Pendidikan Agama Islam yang terkandung dalam al-Qur’an surat al-Rahman ayat 1-4. (2) Menemukan metode-metode yang efektif untuk internalisasi Pendidikan Agama Islam berdasarkan konsep al-Qur’an surat al-Rahman ayat 1-4. Hasil penelitian ini menyimpulkan berdasarkan tela’ah terhadap tafsir dan munasabah surat al-Rahman ayat 1-4 adalah: (1) Dalam al-Qur’an surat al-Rahman ayat 1 – 4, terkandung nilai-nilai metodologis bahwa seorang pendidik dituntut memiliki sifat-sifat kasih sayang, murah hati, sabar, lemah lembut, santun, menguasai materi, mampu membaca dan memahami al-Qur’an dengan baik, serta harus jelas dalam menyampaikan pelajaran. (2) Metode-metode pemelajaran Agama Islam yang dapat dipahami dari ayat tersebut maupun munasabahnya antara lain: metode kasih sayang, lemah lembut, membaca, tabyin, kisah, keteladanan, pembiasaan, perhatian, tanya jawab, dan ceramah.
Kata Kunci: Nilai-nilai, metodologi, Pendidikan Agama Islam.
Â
Abstract
In education there is a phenomenon of many of irregularities in religous teachings and decreasing of the noble values of religion among students, which can be seen from religious behavior of teenagers nowadays. Religious education seems not internalized as a Moslem personality as the objectives of Islamic education. Because in the practice of religious education are less attractive from the material side and the manner of teaching (method), so that religious teaching methodology are no longer have any effect in achieving the objectives of Islamic education. To achieve the objectives of education, there are many ways or method which can be used. In the Quran, there are verses that relate to education, wheater related to the purpose and methods of learning, which can be explored from Surah al-Rahman. This study aims to: (1) Find the values of methodological of Islamic Education which contained in Quran of Surah al-Rahman verses 1-4. (2) Find effective methods for internalization of Islamic education based concept of Quran of Surah al-Rahman verses 1-4. Results of the study found that based on the review of the verse interpretation by mufasir which supported by the relevant verses and surah al-Rahman verses 1-4: (1) It contained methodological values especially Islamic education and other relevant fields of learning with the content of Quran, among those methodological values that in a way of teaching, a teacher must have qualities as a loving, generous, affectionate and gentle, mastering in their material, can read and understand the Quran well, mannered and should clearly presenting the lesson; (2) Methods of teaching Islamic lesson can be understood from Quran include: affection method, reading, tabyin, story telling, model, habituation, attention, debriefing, and lectures.
Keywords: Values, methodology, Islamic Education.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abdel Haleem, Muhammad. (2002). Understanding Quran: Themes and Style. Bandung: Marja.
Abdul Mujib. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Abdul Rachman Shaleh. (2000). Pendidikan Agama dan Keagamaan: Visi, Misi dan Aksi. Cetakan I. Jakarta: Gemawindu Panca Perkasa.
Ahmad Tafsir. (2001). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Cetakan IV. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Al- Naisabūri, Abu al-Husain Muslim ibn al-Hajjaj al-Qusyairi. (1400 H). Shahih Muslim. Juz 1. Saudi Arabia: Idâratul Buhūş Ilmiah wa Ifta’ wa ad-Dakwah wa al-Irsyâd.
Al-Andalūsi, Imâm Ibn Abi Jamrah. (1979). Bahjât an-Nufūs wa Tahallihâ Bima’rifati mâ Lahâ wa mâ Alaihi.. Juz. 1. Beirut: Dârul Jiil.
Al-Asfahani, Al-Ragib. Tanpa tahun. Mu’jam Mufradat alfadz al-Qur’an. Damsyik: Dar al-Qalam.
Al-Bukhâri, Abu Abdullah bin Muhammad Ismâil. (1987). Al-Jâmi’ Al-Shahĩh Al-Mukhtasar. Juz I. Beirut: Dâr Ibnu Kaşir al-Yamâmah.
Al-Dimasyiqy, Imam Imaduddin Abu al-Fida Ismail bin Katsir al-Quraesy. (1969). Tafsir Al-Qur’an Al-‘Adhim. Juz 4. Beirut-Laibanon: Darul Ma’rifat.
Al-Maraghi, Ahmad Mustafa. (1989). Tafsir Al Maraghi. Terjemah: Bahrun Abubakar dan Hery Noer Ali. Juz. XXVII. Semarang: Karya Toha Putra.
Al-Nahlawi, Abdurrahman. (2002). Ushlut Tarbiyah Islamiyah wa Asalibiha fil Baiti wal Madrasati wal Mujtama. Jakarta: Gema Insani Press.
Al-Qará¸hawi, YÅ«suf. (1996). al-’Aql wa al-‘Ilmu fi al-Qur’Än al-KarÄ«m. Alih bahasa Abdul Hayyi al-Kattani, dkk, Cetakan I. Kairo: Maktabah Wahbah.
Al-Qarni, Aidh. (2008). Tafsir Muyassar. Jakarta: Qisthi Press.
Al-Rifai, Muhammad Naqib. (1989). Taisiru al-‘Aly al-‘adiiru Li ikhshari Tafsiri ibnu Katsir. Riyadh: Maktabah Ma’arif.
Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-Toumy. (1979). Falsafah Pendidikan Islam. Alih bahasa: Hasan Langgulung. Cetakan I. Jakarta: Bulan Bintang.
Al-Thabatai, Muhammad Husain. (1972). Al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an. Juz XXIX. Cet. II. Beirut: Muassasah al-Ilmi li al-Matbaah.
Al-Tirmidzi, Muhammad bin Isa. (2008). Sunan al-Tirmidzi. Lebanon: Dar Al-Kitob Al-Ilmiyah.
Armai Arief. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Cetakan I. Jakarta: Ciputat Pres.
Ediger, Marlow. (2011). Essays on Teaching and Learning. New Delhi: Discovery Publishing House PVT. LTD.
Hamka Abdul Aziz. (2011). Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati. Jakarta: Al-Mawardi Prima.
Hamka. (1989). Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Panjimas.
Khoiron Rosyadi. (2004). Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Malik Fadjar, A.1999. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia.
Muhammad Fathi. (2007). Metode Nabi dalam Mendidik dan Mengajar. Jakarta: Al-Kautsar.
Nashrudin Baidan. (2005). Metodologi Penafsiran Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nazarudin Rahman. (2009). Manajemen Pembelajaran; Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta: Felicha.
Nur Uhbiyati. (1997_. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Nurcholis Madjid. (2000). Pesan-pesan Taqwa Nurcholis Madjid. Jakarta: Paramida.
Projodikoro, HS. (1991). Aqidah Islamiyah dan Perkembangannya. Yogyakarta: Sumbangsih Offset.
Quraish Shihab, M. (2008). Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.
Quthb, Moh.1984. Sistem Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.
Quthb, Sayyid. (2010). Tafsir Fizhilalil Qur’an. Terjemah: As’ad Yasin. Jilid 11. Jakarta: Gema Insani.
Rahman, Fazlu. (1982). Islam & Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago: The University of Chicago Press.
Suharsimi Arikunto. (2003). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Syati, Aisyah. (1999). Maqal fil Insan: Dirasah Qur’aniyah. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Tim Dirjen Pembinaan PAI pada Sekolah Umum. (2001). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Depatemen Agama RI.
Tim. (2007). Ensiklopedia Al-Qur’an: Kajian Kosa Kata. Jakarta: Lentera Hati.
Ulwan, Abdullah Nashih. (2012). Tarbiyatul Aulad fil Islam. Alih Bahasa: Arif Rahman Hakim. Surakarta: Al-Andalus.
Winarno Surakhmad. (1994). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Zakiyah Daradjat. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: 10.24235/oasis.v1i01.811
Article Metrics
Abstract view : 702 timesPDF - 213 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :
                   Â
                                                                                                     Â
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 Â
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Â