KONSEPSI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Miftach Khudin(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

This research basically aims, among other things, to describe and explain the conceptions of character education based on local wisdom in the perspective of Islamic education, how the models of character education implemented in Indonesia and to find out the values of local wisdom prove in determining the development of character education . This research is a critical descriptive study and uses a qualitative approach that is research that produces descriptive data in the form of written or oral words from people and observable behavior which in this study places more emphasis on the power of analysis of sources and data exist by relying on existing theories and concepts to be interpreted based on the writings that lead to the discussion. These sources can be obtained from works written by competent experts about the title of this research discussion. The results of this study explain that local wisdom which is packaged, polished and well maintained can be used as a guideline for the formation of good and noble characters, that character education in the perspective of Islamic education is tantamount to moral education. Where the Prophet Muhammad was sent to perfect morals or seek the formation of good character (good character). In general, the values of local wisdom prove in determining the progress of the community.

Keywords: Character Education, Islamic Education, Local Wisdom

  

 

Abstrak

Penelitian ini pada dasarnya bertujuan antara lain unntuk mendeskripsikan serta menjelaskan tentang konsepsi-konsepsi pendidikan karakter yang berbasis kearifan lokal dalam perspektif pendidikan Islam, bagaimana model dari pendidikan karakter yang diimplementasikan di Indonesia dan untuk mengetahui nilai-nilai dari kearifan lokal membuktikan dalam menentukan pengembangan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kritis  serta menggunakan pendekatan kualitatif  yaitu  penelitian yang menghasilkan data secara deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati yang mana dalam penelitian ini lebih menekankan pada kekuatan analisis sumber-sumber dan data yang ada dengan mengandalkan teori-teori dan konsep-konsep yang ada untuk diinterpretasikan berdasarkan tulisan-tulisan yang mengarah kepada pembahasan. Sumber-sumber tersebut di dapat dari karya yang ditulis oleh para ahli yang berkompeten tentang judul pembahasan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa kearifan lokal yang yang dikemas, dipoles serta dipelihara dengan baik dapat dijadikan sebagai pedoman nilai untuk terbentuknya karakter-karakter yang baik dan luhur, bahwasanya pendidikan karakter itu dalam perspektif pendidikan Islam itu sama saja dengan pendidikan Akhlak. Dimana Rosulullah SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak atau mengupayakan pembentukan karakter yang baik (good character). Secara umum nilai-nilai kearifan lokal membuktikan dalam menentukan kemajuan masyarakatnya.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam, Kearifan Lokal


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli, Ciri, Ruang Lingkup & Contoh. (2017). Sepeutar Pengetahuan, 1. https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/10/pengertian-kearifan-lokal-menurut-para-ahli-ciri-ciri-ruang-lingkup-contoh.html , diakses pada hari Senin, 2 Maret 2020 pukul 22.00 wib.

A. Majid, & Andayani, D. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.

Agus Wibowo, & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah (Konsep Strategi dan Implementasi). Pustaka Pelajar.

Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 08(01), 1–26. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/68 . diunduh 20 ‎Januari ‎2020, ‏‎pukul 21:39.

Aisyah M. Ali. (2018a). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya (1st ed.). Prenada Media Group (Divisi Kencana).

Aisyah M. Ali. (2018b). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya (Cetakan Ke). Prenada Media Group (Divisi Kencana).

Al Musafiri, M. R. (2016). Peran Kearifan Lokal Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 8(9), 1–19. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ayu Budi Pratiwi, Farida, & Rischa Pramudia Trisnani. (2017). OPTIMALISASI PENDIDIKAN ISLAM DAN KEARIFAN LOKAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 1(1), 170–180.

Dalmeri, D. (2014). PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 14(1), 269–288. https://www.researchgate.net/publication/290920065_PENDIDIKAN_UNTUK_PENGEMBANGAN_KARAKTER_Telaah_terhadap_Gagasan_Thomas_Lickona_dalam_Educating_for_Character . diunduh ada tanggal 17 ‎Nopember ‎2018, pukul ‏‎8:28 WIB.

Dharma Kesuma, Cepi Triatna, & Johar Permana. (2013). Pendidikan Karakter (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah). Remaja Rosdakarya.

Dindin Jamaluddin. (2013). Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam. Pustaka Setia.

Fardani, D. N. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM UNTUK SISWA SD: Solusi Bagi Problematika Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Era Modern. O f E d u c a t i o N, 1, 88–99. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Iro fk. (2018). Kekerasan Remaja Indonesia Mencapai 50 Persen. FKKMK-UGM, 1. https://fk.ugm.ac.id/kekerasan-remaja-indonesia-mencapai-50-persen/ . diakses pada 24 Juni 2020 pukul 20:00 WIB.

J LexyMoeloeng. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Kaimuddin. (2019). Pembelajaran Kearifan Lokal. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 73–80.

Lusy Novitasari. (2016). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN LITERASI, KARAKTER, DAN KEARIFAN L0KAL (Pewarisan Nilai Kearifan Lokal Etika Masyarakat Jawa Sebagai Sarana Pendidikan Karakter). STKIP PGRI.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Masnur Muslich. (2013). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.

Mestika Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Nasional.

Muh. Zainul Arifin. (2016). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN LITERASI, KARAKTER, DAN KEARIFAN L0KAL (PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI TENGAH GLOBALISASI) (M. P. Adip Arifin, M. P. Ratri Harida, & M. P. Hestri Hurustyanti (Eds.)). STKIP PGRI.

Muis, T. (2017). Tindakan Kekerasan Guru Terhadap Siswa dalam Interaksi Belajar Mengajar (Studi Kasus di SMAN Surabaya). Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 72–76. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p86-90

Puput Tripeni Juniman. (2018, September). UNICEF: Sekolah Tidak Aman Bagi Siswa. CNN Indonesia, 1. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180907163958-284-328572/unicef-sekolah-tidak-aman-bagi-siswa . diakses 24 Juni 2020 jam 13:08

Saifuddin Azwar. (2009). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.

Salahudin, A., & Alkrienciehie, I. (2013). Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa). Pustaka Setia.

Soejono, & Abdurrahman. (2005). Metode Penelitian: Suatu Pemikiran dan Penerapan. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN PENDEKATAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Thomas Lickona. (2016). Educating For Character (Mendidik Untuk Membentuk Karakter) (U. Wahyudin & Suryani (Eds.); edisi 1, c). Bumi Aksara.

Trubus Rahardiansah, & A. Prayitno. (2011). TRANSFORMASI NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN BANGSA: Dialektika Pentingnya Pendidikan berbasis Local Genius. Universitas Trisakti.

Try, A., & Putra, A. (2015). PEMIKIRAN FILOSOFIS PENDIDIKAN IBNU SINA DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. LITERASI, VI(2), 191–201. http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/download/200/195 , diunduh pada tanggal 01 April 2020, pukul 20:00 WIB.

Witri Nasuha, O. (2019, February). Kasus Kekerasan dan Bullying di Sekolah Awal 2019 Nomor 2 Berakhir Tragis. Oke News, 1–2. https://nasional.okezone.com/read/2019/02/12/337/2016872/6-kasus-kekerasan-dan-bullying-di-sekolah-awal-2019-nomor-2-berakhir-tragis . diunduh pada 2 Juni 2020

Yahya Khan. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Pelangi Publishing.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.




DOI: 10.24235/oasis.v6i2.6885

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :

                            

                                                                                                                            
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)