Dampak Ibu Bekerja Sebagai Tenaga Kerja Wanita Terhadap Perilaku Siswa Di Sekolah (Studi Kasus Di MI Wathoniyah Gintung Lor)
(1) Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Gintung lor
(*) Corresponding Author
Abstract
Becoming a migrant worker is not the choice of working mothers because they must have the heart to leave their children and family. Many of them still have toddlers and elementary school age, they are aware of the psychological influence of their children. But the biggest reason is to improve the economy so that all the impacts are ignored. The purpose of this study was to determine the impact of mothers working as migrant workers on the behavior of students at school, this research was conducted before and after their mothers worked as migrant workers abroad. This study uses a qualitative method which is a study that uses a naturalistic approach to find and find an understanding of phenomena in a particular context and the phenomenon of what is experienced by the subject of research. The results of this study that a child will be more focused on school, always working on assignments, cheerful and still obedient before their mother works as a migrant worker while after their mother becomes a TKW the children have a change of attitude in the school including not focusing on learning, more independent and sometimes say rude with friends, prefer to be alone and choose friends.
Menjadi TKW bukanlah pilihan ibu bekerja karena mereka harus tega meninggalkan anak-anak dan keluarganya. Banyak diaantaranya masih memiliki anak-anak balita da usia sekolah dasar, mereka menyadari adanya pengaruh psikologis anak-anaknya. Namun alasan terbesarnya adalah demi perbaikan ekonomi sehingga semua dampaknya diabaikan. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dampak ibu bekerja sebagai TKW terhadap perilaku siswa di sekolah, penelitian ini dilakukan sebelum dan sesudah ibu mereka bekerja sebagai TKW di luar negeri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan naturalistik untuk mencari dan menemukan pemahaman tentang fenomena dalam suatu latar yang berkonteks khusus dan fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini bahwa seorang anak akan lebih fokus di sekolah, selalu mengerjakan tugas, ceria dan masih patuh sebelum ibu mereka bekerja sebagai TKW sedangkan setelah ibu mereka menjadi TKW maka anak-anak mempunyai perubahan sikap disekolah diantaranya tidak fokus dalam belajar, lebih mandiri dan terkadang berkata kasar dengan teman, lebih suka menyendiri dan memilih teman.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, DSY., Suarmini, NW. & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8 (1), 46.
Ibrahim. (2018). Wawancara tentang dampak psikologi anak. Cirebon.
Idris, R. (2009). Mengatasi kesulitan Belajar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12 (2), 152–172.
Malamasam, M. (2014). Woman Labor Migration In Asia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 9(1), 1–10.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurhayati, E. (2016). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurhayati, E. (2018). Psikologi Perempuan Dalam Berbagai Perspektif. (Siti Muyassarotul Hafidzoh, Ed.) (Edisi 2 ,). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Piaget, JIB. (2016). Psikologi Anak (The Psychology of the Child). (E. Adinugraha, Ed.) (cetakan 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Presiden Republik Indonesia (2003). Undang-undang nomor 13 tentang ketenagakerjaan. Indonesia: www.kemenperin.go.id.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet.25). Bandung: CV.Alfabeta.
Susanti, Y. (2018). Implementasi Metode Time Out Dalam Mengontol Emosi Anak Usia Dini (Studi Pada Siswa TK Inklusi Mutiara Hati Bandung), 3(1), 73–88.
Vadlun YL, F. (2010). Migrasi Wanita Dan Ketahanan Ekonomi Keluarga. Media Litbang Sulteng, 3 (1), 3.
Yin, R. K. (2015). Studi Kasus ; Desain & Metode. (M. D. Mudzakir, Ed.) (cet. 14). Jakarta.
Yusuf, S. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: 10.24235/oasis.v3i2.3841
Article Metrics
Abstract view : 231 timesPDF - 40 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :
                   Â
                                                                                                     Â
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 Â
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Â