TELAAH PEMIKIRAN HADRATUSSYAIKH KH. M. HASYIM ASY’ARI TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB ADÂB AL-ÂLIM WA AL-MUTA‘ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
(1) Yayasan Madinah Islamic Full Day School Slawi-Tegal
(*) Corresponding Author
Abstract
The fading of the character of the nation's children is shown by the increasing actions that have an impact on the destruction of our own nation, such as brawl, murder, rape, and others. This shows that education objectives are not optimal. Whereas the government has drafted a Law on National Education System related to the basis and function of education which refers to the 1945 Constitution and Pancasila, even long before the government designed character education, KH. M. Hasyim Asy'ari had first discussed about character education in his works, both in the book Adab al-‘Alim wa al-Muta‘allim or other books and treatises. Based on the above background, the focus of the problem in this study is the study of Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari about character education in the book Adâb al-Âlim wa al-Muta'allim is relevant to character education values listed in the National Education System Law. This research method uses a qualitative research model with a literature study approach, while collecting techniques data from various literatures in the form of scientific books, journals, and articles. Data analysis was carried out in a descriptive narrative. The results of this study are as follows: Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari about character education in the book Adâb al-Âlim wa al-Muta‘allim is relevant to the National Education System. This was indicated by the character values conveyed by him in his works in accordance with the character values listed in the National Education System.
Â
Memudarnya karakter anak bangsa ditunjukkan dengan meningkatnya aksi-aksi yang berdampak pada rusaknya diri bangsa kita sendiri, seperti tawuran, pembunuhan, pemerkosaan, danlain-lain. Hal tersebut menunjukkan belum optimalnya tujuan pendidikan. Padahal pemerintah telah merancang Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional terkait dasar dan fungsi pendidikan yang merujuk pada Undang-undang Dasar 1945 dan Pancasila, bahkan jauh sebelum pemerintah merancang pendidikan karakter, KH. M. Hasyim Asy’ari telah terlebih dahulu membahas tentang pendidikan karakter dalam karya-karyanya, baik dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta‘allim ataupun kitab dan risalah yang lainnya. Berdasarkan latar belakang di atas, fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah telaah pemikiran Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan karakter dalam kitab Adâb al-Âlim wa al-Muta‘allimapakah relevan dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang tercantum dalam Undang-undang Sisdiknas.Metode penelitian ini menggunakan modelpenelitian kualitatif dengan pendekatankajian pustaka, Sedangkan teknikpengumpulan data dari berbagai literatur baik berupabuku-bukuilmiah, jurnal, dan artikel.Analisis data dilakukansecaradeskriptifnaratif. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:Telaah pemikiran Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan karakter dalam kitab Adâb al-Âlim wa al-Muta‘allimrelevan dengan Sisdiknas. Hal ituditunjukkandengannilai-nilaikarakter yang disampaikanbeliaudalamkarya-karyanya yang sesuaidengannilai-nilaikarakter yang tercantumdalamSisdiknas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asy’ari, M. H. (1994). Adâb al-Âlim wa al-Muta‘allim. Jombang: Turats al-Islami.
Clifford, G. (1960). , The Religion of Java. Glencoe, III: The Free Press.
Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kemendiknas. (2011). Pembelajaran Kontekstual dalam Membangun Karakter Siswa. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.
Khuluq, L. (2000). Fajar Kebangunan Ulama: Biografi K.H. Hasyim Asy’ari. Yogyakarta: LKiS.
Mochtarom, Z. (1988). Santri dan Abangan di Jawa. Jakarta: INIS.
Muchlas, dan H. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya Cet. Ke- 3.
Mukani. (2015). Biografi dan Nasihat Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari. Jombang: Pustaka Tebuireng.
Mukani. (2016). Berguru ke Sang Kiai, Pemikiran Pendidikan KH. M. Hasyim Asy’ari. Yogyakarta: Kalimedia.
Rifai, M. (2010). K. H. Hasyim Asy’ari. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Rijaluddin. (2008). Bunga Rampai Pendidikan Islam. Jakarta: Pusat Kajian Islam UHAMKA.
Rosidin. (2017). K.H.Hasyim Asy’ari, Pendidikan karakter Khas Pesantren (Adabul ‘Alim wal Muta’allim). Tangerang: Tirta Smart.
Sekretariat Kabinet, R. I. (2017). inilah materi perpres no 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter. 6 Sep 2017.
Sisdiknas. (2006). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Bandung: Fokus Media.
Sumanta, Maksum, Jamali, & Mahrus. (2016). Pedoman Penulisan Tesis. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Suwendi. (2005). Konsep Pendidikan KH. Hasyim Asy’ari. Ciputat: LekDis.
Tim Dosen Ma’had Aly Hasyim Asy’ari. (2016). Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari, Pendidikan Akhlak untuk pelajar dan pengajar (Adabul ‘Alim wal Muta’allim). Tebuireng: Pustaka Tebuireng.
Wahid, S. (2017). Mengenal Lebih Dekat KH. Hasyim Asy’ari. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud R
DOI: 10.24235/oasis.v3i1.3213
Article Metrics
Abstract view : 474 timesPDF - 63 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :
                   Â
                                                                                                     Â
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 Â
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Â