PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL (STUDI KASUS KONSEP DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI KELAS X TAV SMK NEGERI 1 BULAKAMBA KABUPATEN BREBES)
(1) SMK Ma’arif NU 01 Ketanggungan Brebes
(2) IAIN Syekh Nurjati CIrebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, S. A. (2018). Wawancara terkait Penerapan Pendidikan Multikultural di Dalam Ruang Bengkel TAV SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. (Aep Gunarsa, Ed.) (III). Bandung: Refika Aditama.
Aji, N. M. (2018). Wawancara terkait Tenaga Kependidikan Selalu Berusaha Menerapkan Sikap Demokrasi dan Toleransi di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Aly, N. D. (2015). Tantangan bagi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Konsep Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Zawiyah, 1, 30–31.
An-Nahidl, A H; Murtadho, M; Nurudin; S; Basri, H; Ta’rif; Zada, H; Adam, S., & Ahrul. (2010). Pendidikan Agama di Indonesia (Gagasan dan Realitas) (I). Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI.
Arifudin, I. (2007). Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. Insania, 12, 8.
Asmoro, W. (2018). Wawancara terkait Tanggungjawab Kepala Jurusan TAV dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural di Dalam Ruang Bengkel TAV SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Baidhawy, Z. (2005). Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. (S. Mahdi, Ed.). Jakarta: Erlangga.
Damsar. (2015). Pengantar Sosiologi Pendidikan (III). Jakarta: Prenadamedia Group.
Fitriyah, N. L. (2012). Membangun Pembelajaran Demokratis Berwawasan Multikultural. Madrasah, 5, 39–40.
Haryanto. (2018). Wawancara terkait Penerapan Pendidikan Multikultural dalam Proses KBM di Dalam Kelas di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Haryono, P. (2018). Wawancara terkait Belum Pernah Terjadi Konflik Parah di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Himawan. (2017). Wawancara terkait Peran Tenaga Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Multikutural di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Himawan. (2018). Wawancara terkait Sikap Toleransi, Multikultural dan Kerukunan di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Hudidoyo. (2018). Wawancara terkait Tidak Membedakan Peserta Didik Berdasarkan Etnis, Bahasa dan Budaya di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Julaiha, S. (2014). Internaliasi Multikulturalisme dalam Pendidikan Islam. Dinamika Ilmu, 14, 110.
Kholil, A. (2011). Agama Kultural Masyarakat Pinggiran. (Jamiat, Ed.). Malang: UIN-Maliki Press.
Kosasih, E. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. (Y. Mulyadi, Ed.) (III). Bandung: Yrama Widya.
Kurniarti, A. (2018). Wawancara terkait Menerapkan Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis (II). Bandung: Interes Media.
Riyadi, S. (2017). Wawancara terkait Jumlah Program Keahlian di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Riyadi, S. (2018). Wawancara terkait Penerapan Pendidikan Multikultural Sejak Awal Pendirian Sekolah di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Rois, A. (2013). Pendidikan Islam Multikultural Telaah Pemikiran Muhammad Amin Abdullah. Episteme, 8, 304.
Saefuddin, A. M. (1988). Desekularisasi Pemikiran (Landasan Islamisasi) (IV). Bandung: Mizan.
Santoso, H. (2017). Wawancara terkait Etnis Peserta Didik di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Santoso, H. (2018). Wawancara terkait Semua Tenaga Pendidik Menerapkan Pendidikan Multikultural pada saat Proses KBM di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Shofwan, A. M. (2016). Kajian Menggagas Pengembangan Pendidikan Agama Islam Multikultural di Madrasah dan Sekolah. Al-Ta’lim, 1, 27.
Sugiyono. (2015). Metode Kajian Pendidikan (XXII). Bandung: Alfabeta.
Suryana, Y. (2015). Pendidikan Multikultural. (B. A. Saebani, Ed.) (I). Bandung: Pustaka Setia.
Suyatno. (2013). Mutikulturalisme dalam Sistem Pendidikan Agama Islam. Addin, 7, 84.
Suyono, H. (2018). Wawancara terkait Kenyamanan Mengajar di SMK karena Warga Sekolah Menerapkan Pendidikan Multikultural di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Tasori. (2017). Wawancara terkait Penerapan Pendidikan Multikultural oleh Setiap Warga Sekolah di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Tasori. (2018). Wawancara terkait Memberikan Pelayanan BK yang Adil kepada Setiap Peserta Didik SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Tirtarahardja, U. (2015). Pengantar Pendidikan (II). Jakarta: Rineka Cipta.
Tohandar, Totoh; Ubaedilah, A. (2018). Wawancara terkait Nilai-nilai Mulikultral yang Diterapkan pada Proses KBM di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Tohandar, T. (2018). Wawancara terkait Menerapkan Sikap Demokrasi dan Toleransi di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Ubaedilah, A. (2018). Wawancara terkait Wali Kelas Memantau Karakter Peserta Didik di Lingkungan Sekolah SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Warsono, A. (2018a). Wawancara terkait Konsep dan Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural pada Proses KBM Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X TAV SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
Warsono, A. (2018b). Wawancara terkait Menerapkan Kesadaran Demokrasi dan Toleransi untuk Menjaga Kerukunan di SMK Negeri 1 Bulakamba. Brebes.
DOI: 10.24235/oasis.v3i1.2821
Article Metrics
Abstract view : 213 timesPDF - 61 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :
                   Â
                                                                                                     Â
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 Â
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Â