INTEGRASI NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SAINS (IPA) DI SEKOLAH DASAR NEGERI SADAMANTRA KUNINGAN

Pudin Saripudin(1*),


(1) Kemenag Kabupaten Kuningan
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

This study analyzes the relationship between science and religion in the view of Islam, and describes the integration between science and religion or science and technology in science learning activities (IPA) at Sadamantra State Elementary School, Jalaksana, Kuningan, West Java.

This article confirms that the integration of Islamic values in science education education (IPA) at Sadamantra State Elementary School is real, done and so inevitably. This conclusion is contrary to the assumption that some scientists are doubting the integration of science and denying Islamic scholarship. The assumption that denying the integration of Islam and science is answered by the author by presenting normative, historical, and empirical evidence.

The facts prove that the separation of religion with science will only complicate the learning process itself. After all, students must be equipped with Islamic values in science learning to stimulate student behavior as a learner as well as community in their environment.

Keywords: Integration, Islamic values, Science, SDN Sadamantra

 

 

Abstrak

Penelitian ini menganalisis hubungan sains dan agama dalam pandangan Islam, dan mendeskripsikan integrasi antar sains dan agama atau iptek dan imtak dalam kegiatan pembelajaran sains (IPA) di Sekolah Dasar Negeri Sadamantra, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat.

Artikel ini menegaskan bahwa integrasi nilai Islam dalam pembelajaran pendidikan sains (IPA) di Sekolah Dasar Negeri Sadamantra nyata, terlaksana dan sebau keniscayaan. Kesimpulan ini bertolak belakang dengan anggapan beberapa ilmuan yang menyangsikan integrasi keilmuan dan menafikan keilmuan Islam. Anggapan yang menafikan integrasi Islam dan sains dijawab oleh penulis dengan menghadirkan bukti-bukti normatif, historis, dan empiris.

Fakta membuktikan bahwa pemisahan agama dengan sains hanya akan mempersulit proses pembelajaran itu sendiri. Bagaimana pun siswa harus dibekali dengan nilai-nilai keislaman dalam pembelajran IPA untuk memacu perilaku siswa sebagai pembelajar sekaligus komunitas  di lingkungannya.

Kata kunci: Integrasi, nilai-nilai Islam, Sains, SDN Sadamantra

 


Keywords


Integrasi, nilai-nilai Islam, Sains, SDN Sadamantra

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin. 1995. Falsafah Kalam Di Era Postmodernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

al-Asfahâny, Al-Râghib. t.t. Mu’jam Mufradât li Alfâzh al-Qurân. Beirut: Dar al-Fikr.

al-Faruqi, Isma’il Raji. 1402/1982. Tauhid : Its Implication for Thought and Life. Washington DC: The International Institute of Islamic Thought.

al-Faruqi, Ismail Raji. 1984. Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Pustaka.

Ancok, Djamaludin, dan Suroso, Fuad Nashori, Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995).

Baiquni, Achmad. 2001. Al-Qurân, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Yogyakarta: Dana Bhakti.

Bakhtiar, Amsal. 2005. Filsafat Ilmu. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Barbour, Ian G. 2005. Menemukan Tuhan dalam Sains Kontemporer dan Agama. Bandung: Mizan.

Barbour, Ian G. 2002. Juru Bicara Tuhan antara Sains dan Agama. Bandung: Mizan.

Bastaman, Hanna Djumhana, dkk. 2003. Islam untuk Disiplin Ilmu Psikologi. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam Depag RI.

Daud, Wan Mohd Nor Wan. 2003. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam. Bandung: Mizan.

D. Padmawinata, dkk., Dasar- Dasar Pendidikan Sains, (Jakarta: Bharatara Karya Aksara, 1981)

Ensiklopedi Islam. 2002. Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve.

Golshani, Mehdi. 2004. Melacak Jejak Tuhan dalam Sains, Tafsir Islami atas Sains, penerjemah: Ahsin Muhammad. Bandung: Mizan.

Golshani, Mehdi. 1998. Filsafat Sains Menurut al-Quran, diterjemahkan dari The Holy Quran and the Sciences of Nature, penerjemah: Agus Effendi. Bandung: Mizan.

Jurnal At-Ta’dib. Vol. 12. No. 1, June 2017.

Jurnal Pemikiran dan Peradaban Islam ISLAMIA, no. 6, tahun I, Juli-September 2005.

Kartanegara, Mulyadhi. 2003. Menyibak Teori Kejahilan: Pengantar Epistemologi Islam. Bandung: Mizan.

Kartanegara, Mulyadhi. 2005. Integrasi Ilmu; Sebuah Rekonstruksi Holistik. Bandung: Arasy.

Kartanegara, Mulyadhi. 2007. Mengislamkan Nalar: Sebuah Respons terhadap Modernitas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kasdi, Abdurrahman. 2003. Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Agama: Mencari Format Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Kusmana (et al.). 2006. Integrasi Keilmuan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Menuju Universitas Riset. Jakarta: PPJM dan UIN Jakarta Press.

Mas’ud, Abdurrahman. 2002. Menggagas Format Pendidikan Nodikotomik; Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Gama Media.

Meuleman, Johan (ed). 2001. Islam In The Era of Globalization; Muslim Attitudes Towards Modernity and Identity. Jakarta: INIS.

Mujib, Abdul dan Muhaimin. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya. Bandung: Trigenda Karya.

Nasr, Seyyed Hossein. 1997. Sains dan Peradaban di dalam Islam. Bandung: Penerbit Pustaka.

Nasution, Harun. 1979. Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: UI Press.

Nata, Abuddin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: ` Grasindo dan IAIN Syarif Hidayatullah.

Nata, Abuddin. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa.

Nata, Abuddin. 2004. Metodologi Studi Islam, (Jakarta: RajaGrafindo Persada,).

Razak, Nasruddin. 1977. Dienul Islam. Bandung: al-Ma’arif.

Roibin, dkk. 2004. Memadu Sains dan Agama: Menuju Universitas Islam Masa depan. Malang: Bayumedia Publishing dan UIN Malang.

Sabda, Syaifuddin. 2006. Model Kurikulum Terpadu Iptek & Imtaq: Desain, Pengembangan & Implementasi. Jakarta: Quantum Teaching.

Shihab, Quraish. 1997. Wawasan Al Qur’an Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Sirozi, Muhammad. 2004. Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Memahami Pemikiran Keilmuan dan Kependidikan al-Faruqi , dalam Agenda Strategis Pendidikan Islam. Yogyakarta: AK Group.

Smith, Huston. 2003. Ajal Agama di Tengah Kedigdayaan Sains. Bandung: Mizan.

Suprayogo. Imam. 2014. Reorientasi Pendidikan Agama di Universitas Islam dalam Menghidupkan Jiwa Ilmu. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas-Gramedia.

Tibawi, A.L. Philosophy of Muslim Education, dalam The Islamic Quarterly, Vol. 10, No. 2, Juli 1957.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: IMTIMA.

Tafsir, Ahmad. 2001. Filsafat Umum, Akal dan Hati: Sejak Thales Sampai Chapra. Bandung: Rosda Karya.




DOI: 10.24235/oasis.v2i2.2665

Article Metrics

Abstract view : 345 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :

                               

                                                                                                                            
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)

Â