PONDOK PESANTREN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI (STUDI TENTANG PENGEMBANGAN POTENSI-POTENSI KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK PONDOK PESANTREN TERPADU ALMULTAZAM KABUPATEN KUNINGAN)
(1) PONDOK PESANTREN TERPADU ALMULTAZAM
(*) Corresponding Author
Abstract
Pesantren sebagai salah satu lembaga terbaik yang berfungsi mencetak generasi muslim yang berilmu dan berakhlak, dan pondok pesantren terpadu Almultazam adalah salah satu dari banyak lembaga yang mempunyai fungsi seperti hal diatas. Akan tetapi dalam kenyataannya dipondok Pesantren Terpadu Almultazam masih banyak masalah yang menurut hemat penulis memerlukan tindakan pemecahan dan penyelesaian masalah dengan segera. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui paradigma pesantren dalam pembentukan karakter keagamaan santri, dan (2) mengetahu hal-hal yang menghalangi dan menjadi solusi dalam pembentukan karakter keagamaan santri serta (3) untuk mengetahui karakter keagamaan santri pondok pesantren terpadu Almultazam Kuningan. Jenis penelitian yang dilakukan penulis bersifat penelitian lapangan ( field research) sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus,  teknik pengumpulan data dilakukan secara padu antar berbagai teknik diantaranya wawanca, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti dalam beberapa tahap, yaitu:analisis data di lapangan dan tahap analisis setelah data terkumpul yang meliputi: kategorisasi, reduksi data, klasifikasi data, interpretasi dan verifikasi sehingga diperoleh keabsahan data.
Pesantren is the best institutions that serves to guide the Muslims whom have knowledge and character, and integrated school cottage Almultazam is one of many institutions that have functions like the above. On the contrary, in Almultazam islamic boarding schooll. Â This study aims to (1) find out the paradigm of pesantren in the formation of religious character of santri, and (2) to know the ordinary things and to solve the religious character of the islamic boarding school student of Almultazam islamic boarding Kuningan.
Type of research conducted by the author is field research (field research) while the approach used in this study is a qualitative approach with case study methods, data collection techniques are conducted in unified among various techniques such as interview, observation, and documentation study. The data analysis technique conducted in this research is carried out by researchers in several stages, namely: analysis of data in the field and the analysis phase after the data collected which include: categorization, data reduction, data classification, interpretation and verification so obtained the validity of data.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Muhsin. (2013). Sosiologi Pendidikan Islam, Kontemplasi, Filosofis Dan Kultur Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Cirebon: Pangger Pers.
Wahidin, Khaerul. (2016). Perjalanan Cultural seri Local Wisdem.Cirebon: UMC PRESS
Yakan, Fathi. (2012). Komitmen Muslim Sejati. Jakarta : Al-I’tishom Cahaya Umat
Alquran dan Terjemah ( 1990) DEPAG RI
Nawawi. (2009). Syarah Dan Terjemah Riyadhus Shalihin, Jakarta : Al I’thishom
Mastuhu. ( 1994). Dinamika Sistem pendidikan Pesantren, Jakarta : INIS
S. Margono. ( 2007) Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Lexy J. Moleong. ( 2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
Sukmadinata. (2006) Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Rosdakarya
DOI: 10.24235/oasis.v2i1.1732
Article Metrics
Abstract view : 772 timesPDF - 2956 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :
                   Â
                                                                                                     Â
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 Â
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Â