MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) FORMAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PADA MASA PENDEMI COVID-19

Egar Siti Fatmala(1*),


(1) The State Institute Of Islamic Studies Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Early childhood education is the foundation for character building. The success of education is supported by education management which includes curriculum management, student management, management of teaching staff, management of facilities and infrastructure, and financial management. This research is a study conducted to compare education management in order to improve the quality of learning during the Covid-19 pandemic between early childhood education at TKIT Bina Ummah and RA Wadi Fatimah. The method in this study was qualitative research, collecting data using interviews, observation, and documentation techniques, while data analysis used data reduction techniques, data display, and data verification/conclusions. The results of this study show that education management at TKIT Bina Ummah and RA Wadi Fatimah has similarities and differences in several aspects to improve the quality of learning during the pandemic Covid-19. The results of the study show that PAUD management has been carried out by the heads of TKIT Bina Ummah and RA Wadi Fatimah Cirebon. It has had a good impact on the development of the institutions, especially in terms of the quality of learning as it can be seen by the increasing number of students in the two schools. It shows the increasing of public trust.

Keywords: Early Childhood Education (PAUD), School Management, Education during Covid-19 Pandemic

 

 

Abstrak

Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi dalam pembentukan karakter seseorang. Kesuksesan sebuah pendidikan didukung oleh manajemen pendidikan yang mencakup manajemen kurikulum, manajemen siswa, manajemen tenaga pendidik, manajemen sarana dan prasarana, dan manajemen keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan membandingkan manajemen pendidikan  dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa pandemik Covid-19 antara pendidikan anak usia dini TKIT Bina Ummah dan RA Wadi Fatimah. Metode pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data ini menggunakan teknis reduksi data, display data dan verifikasi data / kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan manajemen pendidikan pada TKIT Bina Ummah dan RA Wadi Fatimah memiliki banyak persamaan dan perbedaan di beberapa aspek wajib untuk meningkatkan mutu pembelajaran meskipun pada suasana pandemik Covid-19.  Hasil penelitian menujukkan bahwa manajemen PAUD sudah dilakukan oleh kepala TKIT Bina Ummah dan RA Wadi Fatimah sudah berdampak bagus bagi perkembangan lembaga dan hal tersebut ditandai dengan adanya peningkatan jumlah murid di kedua sekolah tersebut. Itu menunjukkan meningkatnya kepercayaan masyarakat.

Kata Kunci :Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Manajemen Sekolah, Pembelajaran Pandemi Covid-19.


Keywords


Manajamen PAUD Covid 19

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Asiah, Siti Nor. (2018). “Analisis Manajemen Paud Berbasis Standar Akreditasi Paud Dan Pnf Di Kutai Kartanegara.” Syamil 6, no. 1: 51–64. DOI: https://doi.org/10.21093/sy.v6i1.1325

Emzir. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hadi, Sutrisno. (2013). Metodologi Research Jilid 1. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Hamidi. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.

Hasyim, Sukarno L. (2018). “Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam Oleh : Sukarno L. Hasyim 1.” Journal Lentera : Kajian Keagaman, Keilmuan dan Teknologi Vol 13 No.1: 69–77. DOI: https://doi.org/10.29062/seling.v1i2.248

Hidayat, Sedarmayanti Syarifudin. (2002). Metodologi Penelitian Mandar Maju. Bandung.

Moleong, Lexy J. (1995). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.

Pratiwi Wiwik. (2017). “Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini.” Manajemen Pendidikan Islam 5: 106–117. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395

S.Margono. (1997). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemitro, Ronny Hanitijo. (1990). Metodologi Penelitian Hukum Dan Yurimetri. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sedarmayanti Syarifudin Hidayat. (2002). Metodologi Penelitian Mandar Maju (Bandung, 2002) hlm 27

Siti Nor Asiah. (2018). “Analisis Manajemen Paud Berbasis Standar Akreditasi PAUD Dan PNF Di Kutai Kartanegara,” Syamil 6, no. 1: 51–64,

Sukarno L Hasyim. (2018). “Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam Oleh : Sukarno L. Hasyim 1,” Journal Lentera : Kajian Keagaman, Keilmuan dan Teknologi Vol 13.

Sujiono N.Y. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta:PT Indeks




DOI: 10.24235/oasis.v7i1.11582

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :

                                        

                                                                                                                            
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)