RELEVANSI KONSEP ADAB IMAM AL-GHAZALI DAN KONSEP WARA’ SYEKH AZ-ZARNUJI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA

Asmaul Khusna(1*),


(1) Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


The Ministry of Education and Culture makes policies regarding the education of character building. This character building education policy was asserted in the implementation of the 2013 curriculum at various levels of education from elementary school to university. Imam Al-Ghazali and Sheikh Az-Zarnuji are among the figures of Islamic education thinkers who give a lot of attention to the ethics and spiritual dimensions of Islamic education. Thoughts related to the ethics of the two figures are contained in his monumental works, namely the Book of Ta'lim Muta'allim (Syekh Az-Zarnuji) and the Book of Bidayatul Hidayah (Imam Al-Ghazali). For the both of the figures, the main thing in the educational process is educating the heart as the central of education. This study aims to analyze the relevance of Imam Al-Ghazali's concept of adab and Sheikh Az-Zarnuji's wara' concept with character education in Indonesia. The methodology used in this research is qualitative research with library research and a content analysis approach. The results show that there is a relevance between Imam Al-Ghazali's concept of adab and Sheikh Az-Zarnuji's wara concept with 18 values of character education in Indonesia,  namely, honesty, tolerance, discipline, democracy, respect, friendly/communicative, peace-loving, environmental awareness, social awareness, responsibility.

Keywords: Adab, Wara’, Character Education

 

Abstrak

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan membuat kebijakan mengenai pendidikan pembangunan karakter. Kebijakan pendidikan karakter ini dicanangkan dalam penerapan kurikulum 2013 pada jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Imam Al-Ghazali dan Syekh Az-Zarnuji adalah sosok pemikir pendidikan Islam yang banyak memberikan perhatian utama pada etika dan dimensi spiritual dalam pendidikan Islam. Pemikiran terkait etika kedua tokoh tersebut tertuang dalam karya monumentalnya yaitu Kitab Ta’lim Muta’allim (Syekh Az-Zarnuji) dan Kitab Bidayatul Hidayah (Imam Al-Ghazali). Bagi kedua tokoh tersebut,  hal yang utama dalam proses pendidikan adalah mengolah hati sebagai sentral pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi konsep adab Imam Al-Ghazali dan konsep wara’ Syekh Az-Zarnuji dengan pendidikan karakter di Indonesia. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) serta menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat relevansi antara relevansi konsep adab Imam Al-Ghazali dan konsep wara’ Syekh Az-Zarnuji dengan 18 nilai pendidikan karakter di Indonesia, khususnya pada nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, demokratis, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab.

Kata Kunci : Adab, Wara’, Pendidikan  Karakter


Keywords


Adab, Wara’, Imam al-Ghazali, Syekh Az-Zarnuji, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Abdillah al-Bukhari, Abu. (2012). Shahih Al-Bukhari, Beirut : Dar At-Tahsil,

A, Doni Koesoema. (2007). Pendidikan Karakter: Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Akh. Muwafik Saleh. (2012). Membangun Karakter dengan Hati Nurani: Pendidikan Karakter untuk Generasi Bangsa. Jakarta: Erlangga.

Asy’ari, Hasyim. (1994). Adab al-Alim wa al-Muta’allim, Jombang: Turats al-Islami.

Bin Isa Bin Surah At-Tirmidzi, Muhammad. (2008). Sunan at-Tirmidzi, Riyadh:Maktabah al-Ma’aarif.

Departemen Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan Terjemahan, Bandung: Diponegoro.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

al-Ghazali, Imam.(1998). Ihya ‘Ulum al-Din, terj. Ismail Yakub, (Mengembangkan Ilmu-ilmu Agama), Singapura: Pustaka Nasional Pte Ltd.

al-Ghazali, Imam. (2005). Ihya Ulumuddin, Bairut, Libanon.

Hamid al-Ghazali, Abu. (2012). Tuntunan Mencapai Hidayah Ilahi, terj. M. Fadlil Sa`d anNadwi, Surabaya: al-Hidayah.

Hamid Al-Ghazali, Abu. (2015). Bidayatul Hidayah, terj. Ahmad Fahmi bin Zamzam Al-Banjari, Banjarbaru: Toko Buku Darul Yasin.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional).

M. Ali, Aisyah. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi, Jakarta : Kencana.

M. Nuh. 2010. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Desain Induk Pendidikan Karakter 2010-2025 Kementrian Pendidikan Nasional.Jakarta

Muhadjir, Noeng. (1996). Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rakesarasin.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta

Sahri. (2017). Konstruk Pemikiran Tasawuf: Akar Filosofis Upaya Hamba Merah Derajat Sedekat-Dekatnya Dengan Tuhan, Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Sukiyat. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakater, Surabaya: Jakad Media Publishing.

Surayitno, Adi, dkk. (2020). Pendidikan karakter di Era Milenial, Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Az-Zarnuji. (2012). Pedoman Belajar Pelajar dan Santri Ta’limul Muta’allim, Surabaya: Nurul Huda, 2012.

Az-Zarnuji. (2007). Ta’limul Muta’allim, Kudus: Menara Kudus.

Zuhairini. (1992). Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: 10.24235/oasis.v7i1.11109

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saat ini e-journal OASIS telah terindeks pada :

                               

                                                                                                                            
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
OASIS by http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)

Â