Program Wadul Bae (Warga Peduli Bocah Lan Emboke) Sebagai Upaya Menekan Tingkat Kekerasan Seksual Pada Anak Di Kota Cirebon

Ilham Bustomi(1*), Akhmad Shodikin(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


AbstarctThis research seeks to focus on the strategies implemented by the Cirebon City Regional Government in the "Wadul Bae" program in reducing the level of sexual violence against children in Cirebon City. The research method used is descriptive qualitative research by applying an empirical approach to a phenomenon related to the protection of children's basic rights and social activities in the Cirebon City Regional Government through observation, interviews and documentation techniques. The results of the research are the strategies of the Cirebon City Regional Government in reducing the level of sexual violence through the Wadul Bae Program, divided into several classifications, namely planning, implementation and evaluation which will be explained as follows; 1). Carrying out Research for Two Years for Wadul Bae Program Planning, 2). Grouping Target Audiences for Program Promotion Wadul Bae, 3). Creating a Wadul Bae Cadre Team, 4). Implementing Socialization Strategy, 5). Implementation of Wadul Bae Socialization Activities, 6). Evaluation Activities of the Wadul Bae Program. In creating a social marketing strategy, Wadul Bae collaborated with several communities in each RT and RW in Cirebon City, as well as the PPT at Gunung Jati Regional Hospital, Cirebon Police, Schools, Community Health Centers, and several institutions such as Rumah Zakat, Zakat Center, and Baznas Cirebon City and also Media to work together in reducing the problem of violence against women and children in Cirebon City.Abstrak

Penelitian ini berupaya untuk berfokus kepada strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam program “Wadul Bae†dalam menekan tingkat kekerasan seksual terhadap anak di Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengaplikasikan pendekatan empiris terhadap suatu fenomena terkait perlindungan hak dasar anak dan aktivitas sosial di Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian adalah strategi Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam menekan tingkat kekerasan seksual melalui Program Wadul Bae, dibagi kebeberapa klasifikasi yaitu perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi yang akan dipaparkan sebagai berikut; 1). Melaksanakan Riset Selama DuaTahun Untuk Perencanaan Program Wadul Bae, 2). Mengelompokan Khalayak Sasaran Untuk Promosi ProgramWadul Bae, 3). Membuat Tim Kader Wadul Bae, 4). Mengimplementasikan Strategi Sosialisasi, 5). Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Wadul Bae, 6).Kegiatan Evaluasi Pada Program Wadul Bae. Dalam membuat strategi pemasaran sosial Wadul Bae menggandeng beberapa masyarakat di tiap tiap RT dan RW di Kota Cirebon, juga pihak PPT RSUD Gunung Jati, Polresta Cirebon, Sekolah, Puskesmas, dan beberapa lembaga seperti Rumah Zakat, Zakat Center, dan Baznas Kota Cirebon dan juga Media untuk bekerja sama dalam mengurangi permasalahan kekerasan baik pada perempuan dan anak di Kota Cirebon.

Kata Kunci: Kota Layak Anak, Kekerasan, Wadul Bae.


Keywords


Kata Kunci: Kota Layak Anak, Kekerasan, Wadul Bae.

Full Text:

PDF

References


Andreasen R. Alan. 2002. Marketing Social Marketing in the Social Change Marketplace, dalam Journal Public Policy and Marketing, Volume 2, No 1 Tahun 2002. United States : EBSCO.

Anissa Sari E. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sleman Terkait Pencegahan Narkoba Di Kalangan Remaja. Yogyakarta : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Asyari Yusuf. 2017, Maret 11. Dinas Pendidikan Galakan Program Maghrib

Mengaji. Diakses dari https://www.jawapos.com/pada tanggal 14 Maret 2018

Baehaqi Imam Ahmad. 2017,Desember 20. 85 Siswa SD dan SMP di Cirebon Raya Jadi Korban Kekerasan Seksual. Diakses dari http://www.tribunnews.com/regional pada tanggal 4 Januari 2018.

Bensley R dan Fisher J. 2009. Metode Pendidikan Kesehatan Masyarakat Edisi 2. Jakarta: EGC

Bessette, Guy.2004. Involving the Community : A Guide to Participatory Development Communication. Penang, Malaysia : Southbound and International Development Research Centre

Cahyono Sofyan. 2017, Desember, 27. 126 Daerah Raih Penghargaan Kota Layak

Anak. diakses dari www.jawapos.com, pada tanggal 15 Maret 2018

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia

David R. Fredd. 2011. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep Buku 1, Edisi 12. Jakarta : Salemba Empat

Denzin K.N dan Lincoln S. Y. 2011. The Sage Handbook of Qualitative Research (Edisi Ketiga) [The Sage Handbook of Qualitative Research (Third Edition)], Cetakan I. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Djangkung, Vivick J. 2010. Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Kampung Bebas Narkoba Pada Badan Narkotika Nasional (Studi Kasus : Pemberdayaan Masyarakat di Komplek Permata Kampung Ambon Kelurahan Kedaung Kali Angke Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat), dalam Jurnal Komunikasi dan Realitas Sosial, Volume 1 Nomor 1 Tahun 2010. Jakarta : Neliti.com.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti

Fazri 2017, Maret, 26. Waspada, Sudah 1.249 Kasus Kekerasan Anak Terjadi di Jawa Barat. Diakses dari https://radarCirebon.compada tanggal 17 Desember 2017

Fazry 2016, Agustus, 31. RSUD GJ Deklarasi Stop Kekerasan Pada Anak dan Perempuan. Diakses dari https://radarCirebon.com pada tanggal 14 Maret 2018

Hadari Nawawi. 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Herimanto, Rumanti & Indrojiono. 2007. Public Relations Dalam Organisasi. Yogyakarta: Santusta

http://bp3akb.jabarprov.go.id/tag/three-ends/, diakses pada tanggal 14 Maret 2018

https://www.facebook.com/pg/ZCTeam/about/,http://www.zakatcenter.org/, diakses pada tanggal 12 Februari 2018

http://pusat.baznas.go.id/profil/, diakses pada tanggal 12 Februari 2018

https://www.rumahzakat.org/tentang-kami/, diakses pada tanggal 12 Februari 2018

Kotler, Philip & Nancy Lee. 2007. Marketing in The Public Sector a Roadmap to Improve Performance. New Jersey: Pearson Education Inc

Kotler, Philip dan L. Roberto, Equardo. 1989. Social Marketing : Strategis for Changing Behaviour. New York: The Free Press

Kotler, Philip dan Gary, Amstrong. 1991. Dasar-Dasar Pemasaran : Jilid 1.Jakarta: CV Intermedia

Lanning, B., & Massey-Stokes, M. 2006. Child sexual abuse prevention.

Programs in Texas accredited non-public schools. American Journal of Health Studies, 21, 36-43. Diakses dari www.biomedsearch.compada tanggal 11 Januari 2018

Mukhtar. 2013. Metode Peneliti n Deskriftif Kualitatif. Jakarta : GP Press Group

Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Nur Hastuti Tri. 2004. Komunikasi Pemasaran Sosial Non-Government Organization (NGO) untuk Isu-Isu Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Studi

Kasus Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Cut Nyak Dien Yogyakarta dan Solidaritas Perempuan untuk Hak Asasi Manusia Surakarta), dalam jurnal portugal Volume 1 Nomor 1 Tahun 2004. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Halaman 143-160

Nugroho Riant. 2003. Kebijakan Publik : Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta : Elex Media Komputindo

Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Reorientasi, Konsep, Perencanaan, Strategis Untuk Menghadapi Abad ke 21.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. 2009. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Rizal Bomantama (2017, Desember,27). Kekerasan Seksual Dominasi Kekerasan Terhadap Anak di Tahun2017.Tribunnews.com/nasional pada tanggal 9 Februari 2018

Robert E Slavin. 2009. Coorperative Learning : Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media

Ruslan Rosady. 1998. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : PT. Raja Gravindo Persada

Ruslan Rosady. 2003. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : PT. RajaGravindo Persada

Rulam Ahmadi. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Silalahi Ulber.2009. Metode Penelitian Sosial, Cetakan ke satu. Bandung : PT Refika Aditama

Smith A.W. 2006. Social Marketing : An overview of approach and effect. London, United Kingdom : BMJ Publishing Group

Tjiptono Fandy. 2000. Strategi Pemasaran Edisi ke 2 Cetakan ke 4. Yogyakarta : Andi

Unnas. Y. I. 2015, September,11. Stop Kekerasan Seksual!. Diakses dari https://radarCirebon.compada tanggal 17 Desember 2017Utama,Abraham. 2016, Mei, 11.

Cirebon Disebut Darurat Kejahatan Seksual Terhadap Anak. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com pada tanggal 9 Desember 2017

Venus, Antar.2012. Manajemen Kampanye : Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung : Simbisosa Rekatama Media

Wurtele, S.K & Kenny C. M (2010). Child Sexual Abuse Preventation : Choosing, Implementing and Evaluating a Personal Safety Program for Young Children. Diunduh dari www.researchgate.net pada tanggal 11 Januari 2018

Widodo, Joko. 2001. Good Governance : Telaah Dari Dimensi Akuntabilitas, Kontrol Birokrasi Pasa Era Desentralisasi dan Otonomi Daerah. Surabaya : Insan Cendekia

https://www.kla.id/, diakses pada tanggal 15 Maret 2018

Yusuf Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group




DOI: 10.24235/mahkamah.v9i1.16827

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.