Tathbīq At-Ṭarīqah At-Tawāṣuliyyah Li Tarqiyah Mahārah Al-Kalām Ladā Ṭhullāb Ash-Ṣaff Ats-Tsāmin Bi Al-Madrasah Ats-Tsānawiyyah Al-Ahliyyah Al-Jam‘Iyyah Al-Waṣliyyah Tembung

Beby Khairani(1*),


(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode komunikatif dalam meningkatkan kemampuan maharah kalam siswa kelas 8 Mts Al-Jam’iyatul Al-Wasliyah Tembung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode komunikatif mampu meningkatkan maharah kalam siswa kelas 8 Mts Al-Jam’iyatul Al-Wasliyah Tembung, hal ini dibuktikan dengan aspek-aspek yang mendukung seperti kefasihan berbicara, pengucapan, struktur kalimat, kesesuaian, penguasaan kosakata, percaya diri dan tanya jawab. Penerapan metode komunikatif mengalami kesulitan yang dirasakan oleh guru bahasa Arab yaitu kemampuan dasar bahasa Arab siswa rendah, minat dan motivasi belajar rendah, kesulitan mencapai target kurikulum dan kemampuan siswa berbeda-beda. Adapun faktor pendukung dalam penerapan metode komunikatif ini adalah fasilitas yang lengkap, beberapa siswa yang memiliki minat dan motivasi belajar tinggi, dan materi pelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci : Metode Komunikatif, pembelajaran bahasa Arab, maharah kalam


Full Text:

PDF

References


’Izza, H. K., Sumiarni, N., & Mulyawan, S. (2021). Efektivitas Pembiasaan Berbicara Bahasa Arab dan Lingkungan Bahasa Arab yang Kondusif Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 153. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v9i2.7232

Amin, B. (2023). Konsep Pengajaran Maharah Al Kalam Pada Tingkat Pemula. Jurnal Seumubeuet : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Arsyad, M. H. (2019). Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 13. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.8269

Asep Mulyana, D. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Widina Media Utama.

Budiman, B., Sari, Y., Dalimunthe, F. A., & Putri, P. (2023). Implikasi Teori Behaviorisme Dalam Pembelajaran Bahasa. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(2), 177. https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8772

Darman, I. H. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Munazharah (Debat) Dalam Pembelajaran Muhadatsah III Di PBA STAIN Madina. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1422. https://doi.org/10.35931/aq.v16i4.1126

Fatma Yulia, D. (2024). Effectiveness Of Instructional Communication Of Mahārah Al-Kalām At Sultan Idris Education University. Ta’lim Al-’Arabiyyah : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 8(2), 216–233.

Hardani et al. (2022). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March). CV. Pustaka Ilmu Group.

Hasanah, H., & Triastuti, L. (2024). Urgensi Maharah Kitabah (Keterampilan Menulis) dalam Pembelajaran Kaligrafi Al-Qur’an. Jurnal Sathar, 2(1), 48. https://doi.org/10.59548/js.v2i1.143

Kamil Ramma, D. (2015). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Telaah Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. IAIN Antasari Press.

KBBI. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Kumara, A. R. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. PENERBIT DEEPUBLISH.

Mufidah, N., & Attaqi, K. F. (2022). Peran Pemahaman Maharah Kalam Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Keagamaan (Mak). Lisaniyah, 7(1), 700–708.

Muradi, A. (2014). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat, 1(1).

Najmi Hayati, I. M. (2021). Urgensi Belajar Bahasa Arab Melalui Metode Komunikatif Pada Siswa Mts Muhammadiyah Lubuk Jambi-Kuantan Singingi. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada …, 1, 90–94. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/bhakti_nagori/article/view/1825%0Ahttps://ejournal.uniks.ac.id/index.php/bhakti_nagori/article/download/1825/1360

Nasution, S. (2015). Tadris maharah al-kalam fi madrasah tsunaiyyah al-lughah al- stanawiyah. LINGUA, 10(2), 98.

Rahmaini. (2015). Strategi Pembelajaran Maharah Kalam Bagi Non Arab. Ihya Al Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(2), 227–233.

Rahman, F. (2022). Optimalisasi Kemampuan Maharah- Al Kalam Melalui Penerapan Authentic Assessment Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di SD Al-Qodiri Jember. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 18–33. https://doi.org/10.53515/lan.v4i1.4861

Rohkmatulloh, N. (2020). Metode Pembelajaran Bahasa Arab. STUDI ARAB: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 206–220. https://doi.org/10.36701/nukhbah.v2i1.16

Sahir, S. H. (2022). Metodologi penelitian. KBM Indonesia.

Shofwatul Fu’adah, N. M. (2023). الطريقة الاتصالية (Communicative Method) وتطبيقها في تعليم اللغة العربية. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 44–57. https://doi.org/10.35316/lahjah.v4i1.44-57

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). In Metode Penelitian Pendidikan.

Utami, R. L. (2020). Konsep Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Depok. Shaut Al Arabiyyah, 8(1), 64. https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.12270

Yunita, Y., & Pebrian, R. (2020). Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Kalam di Kelas Bahasa Center for Languages and Academic Development. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 56–63. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5838

Zulheddi, M. I. (2022). Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Kitab Durus Al-Lughoh Al-’Arobiyah Juz 1 Di Mts Swasta Al-Kautsar Al-Akbar. TADRIB : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 1–12.

الابراشي محمد، (1948). أحدث الطرق في التربية لتدريس اللغة العربية. مطبعه نهضت معشر بالفجالة.

العارفين زين، (2008). اللغة العربية طرائق وأساليب تدريسها. مطبعة حيفا.

المستريحي حسين، (2019). أثر استراتيجية (فكر- زاوج- شارك) في تحسين مهارات التحدث في اللغة العربية. المجلة الأردنية في العلوم التربوية، مجلد, 15(2)

النجار علي، (2019). الطريق نحو ثورة لغوية. دارموزاييكللدراساتوالنشر.

ساجد محمد، (2022). طرق تعلم اللغة العربية على أساس المنهج التواصلي. االانتسار. ٢(٢). 2828–5603.

فايد الرحمن ، (2018). تدريس التعبير الشفي بالطريقة الاتصالية لطلاب قسم تعليم اللغة العربية بجامعة محمدية تانجرانج. مجلة البيان: مجلة قسم تعليم اللغة العربي. ١٠(٢). ١٧٣-١٨٦.

الفؤاد صفوة، نازلة المغفرة، (2023). الطريقة الاتصالية وتطبيقها في تعليم اللغة العربية. اللحجه العربية, ٤(١), ٤٤-٥٧

فوتري زوليان ، (2024). استخدام طريقة المفردات لتحسين مهارة كلام التلميذات في معهد المحسنين ريمبا ميلينتانخ. التدريس. ١٢(٢). ٧٩٧.

القبطية لطفة، (2019). دافعية تعلم اللغة العربية لدى تلاميذ المدرسة الثانوية الحكومية سومنب والمدرسة الثانوية نور الإسلام بسومنب. مجلة التعليم, 26(3), 87–96

كورنياوان دوي، (2023). استخدام فيديو لتنمية مهارة كلام لطلاب المستوى المتوسط بالمدرسة مسكومامبان. مجلة العلوم التربوية واللغة العربية. ١١(٢). ٢٠٦-٢٦٣.

ناجح عبد، (2021) المقاربة التواصلية و تعليم اللغة العربية : المبادئ وآليات التفعيل. النداء التربوي. 27(1)

نصوحة علي، (2023) نصحة علي ،التحليل الوصفي عن موادمهارة الكلام في كتاب دروس اللغة العربية لمنهج 2013. مجلة حروف: المجلة الدولية للغويات التطبيقية العربية. ٣(١). ١٠١-١٠٩.

مخلصين محمد ، ( 2015) طرق تدريس اللغة العربية للناطقين بغيرها. السنتنا السنة. ٤(١). ٨٤-٩٠.




DOI: 10.24235/ibtikar.v14i1.20355

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Beby Khairani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Daftar Indeks: