APLIKASI TQM DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstraksi
Di era globalisasi dan modernitas saat ini peningkatan mutu pendidikan menjadi masalah yang urgen. Pendidikan yang baik dan bermutu menjadi dasar pengembangan dan kemajuan. Oleh karena itu pengelola dan penyelenggara pendidikan harus merespon berbagai kebijakan pemerintah dan harapan masyarakat.
Pendidikan yang dikelola lembaga pendidikan merupakan amanah. Bagaimanapun kepercayaan itu harus dibayar dengan layanan pendidikan yang memberikan kepuasan kepada pelanggan. Kepuasan tersebut hanya dapat dicapai melalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Mutu yang benar-benar mampu memuaskan pelanggan adalah mutu yang secara teoritis nyaris tanpa cacad.
Tulisan ini menyajikan pembahasan tentang TQM yang meliputi pengertian landasan pemikiran, hambatan, dan strategi aplikasinya ke dalam pendidikan.
Kata Kunci :Â Pendidikan, Manajemen, Mutu, Total, Kepuasan, Pelanggan
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adviso, B.F. 1998. Basic Ideas Behind Total Quality Management. Manila Colombo Plan Staff College for Technicion Education
Arcaro, Jorome S. 2006. Pendidikan Berbasis Mutu : Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bloom. BS. 1963. Taxonomi Of Educational Objectives The Clas/Icational Goal. Hand Books I. Cognitive Domain. (London: Longman Green & Co. Ltd., 1971).
David J. Fax, Research Proccess in Education, (New York: 1-bit, Rinehart and Winston, inc., 1969)
Edward, Sallis li., Total Quality Management in Educational. (London : Kogam Page Ltd., 1993).
Faangen. 1985. A Psychoeducational Curriculum Approach to Teaching Self Control Behavior Disorders, Prestice Hall Upper Saddle.
Gasperz, Vicent (Ed.) (2001) : Total Quality Management, Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Juran M. Juran. 1982. Leadership for Quality, (USA: Juran Institute Macmilan, Inc)
Linder, Jane C. 2004. Qutsourcing for Radical Change: A Blod Approarch to Enterprise Transformation. New York : American Management Assocation.
Tenner, Arthur R. and De’ Toro Irving, J., Total Quality Management: three Steps to Continous Improvement. (Maddison: Wesley Publishing Company, 1992).
Patki, SD. 1998. Process of Implementing TQM, Manila: Colombo Plan Staff College for Technicion Education.
DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.462
Article Metrics
Abstract view : 836 timesPDF - 1161 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AL IBTIDA Journal Indexed By:
Â
 Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â
Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com