The Implementation of School Based Management in Madrasah Ibtidaiyah
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract
This study aims to determine the implementation of School Based Management (SBM) on student learning outcomes at Madrasah Ibtidaiyyah (MI) in Harjamukti District, Cirebon City. The research method adopted in this study was field research. Data collection is done through interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques used in this qualitative research was inductive in nature, namely an analysis based on the obtained data. The steps taken were analyzing the data which has been collected; interpreting the data; drawing conclusions through way of thinking based on specific facts, where then directed to general conclusions. The results show that the implementation of SBM at MI in Harjamukti Cirebon District has been running quite effectively and efficiently. This can be seen from the support of all staff, SBM phasing, staff training, budget support and delegation of authority, high academic achievement of students, teachers mastery on materials and appropriate teaching procedures, efficient and effective use of facilities, teacher understanding of the characteristics of groups and individuals, a fun and interactive learning environment and the personality of teachers who can act as role models. Based on various aspects which have been arranged in school-based management, this has implications on improving student learning outcomes at Madrasah Ibtidaiyah in Harjamukti District, Cirebon City. Furthermore, this is evidenced in the school exam results.
Keywords: school based management, learning outcomes, madrasah ibtidaiyah
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh. Langkah yang dilakukan adalah Menelaah data yang berhasil dikumpulkan, menafsirkan data, kemudian mengambil kesimpulan secara induktif, yaitu penarikan kesimpulan dengan cara berfikir berdasarkan fakta- fakta khusus, kemudian diarahkan kepada penarikan kesimpulan umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MBS di MI se Kecamatan Harjamukti Cirebon sudah berjalan cukup efektif dan efesien, hal ini tercermin dari dukungan seluruh staf & pelatihan staf, pentahapan MBS, dukungan anggaran dan pendelegasian wewenang, prestasi akademik siswa yang tinggi, penguasaan guru terhadap bahan dan prosedur mengajar yang tepat, pemanfaatan fasilitas secara efisien dan efektif, pemahaman guru tentang karakteristik kelompok dan perorangan, lingkungan belajar yang menyenangkan dan interaktif serta kepribadian guru yang bisa menjadi teladan. Berdasarkan berbagai aspek yang telah tersusun dalam manajemen berbasis sekolah, hal tersebut berimplikasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Hal ini dibuktikan dalam hasil ujian sekolah.
Kata kunci: manajemen berbasis sekolah, hasil belajar, madrasah ibtidaiyah.
Full Text:
PDFReferences
Andriantoni, & Fitrianis. (2018). Problematika Dan Solusi Implementasi Kurikulum 2013 (Studi Kasus Implementasi Kurikulum 2013 Di SMPN 31 Padang). Jurnal Tarbawiy, 5(1), 111-112.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayeni, A. J., & Ibukun, W. O. (2013). A Conceptual Model for School-Based Management Operation and Quality Assurance in Nigerian Secondary Schools. Journal of Education and Learning, 2(2), 36-43.
Bachri, B. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62.
Budimansyah. (2008). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penguatan Partisipasi Masyarakat. Jurnal Educationist, 2(1), 46-62.
Hakim, M. N. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan. Nidhomul Haq, 1(2), 104-114.
Hamid. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khawarizmi, 1(1), 87-96.
Haryanto, L. d. (2014). Peran Kepala Sekolah dalam Penerapan Manajemen Berbasis. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(2), 174-187.
Ikhsan. (2010). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah SMK Negeri dan SMK Swasta SeKarasidenan Semarang. Jurnal Dinamika Pendidikan, 5(1), 1-19.
Lutfi, A. (2013). Metode Tahfidz Al-Qur’an (Studi Komparatif Metode Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Madrasah al-Hufadzh II Gedongan Ender, Pangenan Cirebon dengan Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Terpadu AlHikmah Bobos, Dukupuntang Cirebon). Holistik, 2(2), 159-173.
Margono, S. (2007). Metologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta : Pt. Rineka Cipta.
Moradi, S., Beidokhti, A. A., & Fathi, K. (2016). Comparative Comparison of Implementing School-Based Management in Developed Countries in the Historical Context: From Theory to Practice. International Education Studies, 9(9), 191-198.
Raharjo. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 229-238.
Sabil, H. (2014). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Jurnal Sainmatika, 8(1), 1-12.
Suditha. (2011). Studi Evaluasi Efektivitas Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Pada SMP Saraswati 1 Tabanan. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 2(2), 1-13.
Sulaiman, Hasmiana, & Asmaini. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 31-39.
Susilawaty, Harun, C. Z., & Khairuddin. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pengelolaan Pembiayaan Sekolah di SD Negeri 4 Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(2), 34-37.
Sutarto, M., Darmansyah, & Warsono, S. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah . The manager Review, 13(3), 343-355.
Sutopo, H. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
Syahruddin, Ernawati, E., & Ede, M. N. (2013). Teachers’ Pedagogical Competence in School-Based Management. Journal of Education and Learning, 7(4), 213-218.
Tabrani, Z. (2013). Kebijakan Pemerintah dalam Pengelolaan Satuan Pendidikan Keagamaan Islam (Tantangan Terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah). Serambi Tarbawi, 1(2), 245-264.
Thoha. (2012). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Okara, 6(1), 79-90.
Triwiyanto, T. (2013). Pemetaan Mutu Manajemen Berbasis Sekolah melalui Audit Manajemen Pendidikan. Manajemen Pendidikan, 24(2), 125-134.
Usman, A. (2014). Meningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(1), 13-31.
Wijaya, D. (2014). Model Balanced Scorecard Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 14(1), 45-58.
DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.3793
Article Metrics
Abstract view : 191 timesPDF - 44 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AL IBTIDA Journal Indexed By:
Â
 Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â
Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com