PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD ISLAM TERPADU NUURUSSHIDDIIQ, CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Kurikulum 2013 atau ‘Kurtilas’ sudah mulai diterapkan di seluruh madrasah di Indonesia. Kurtilas meminta kepada para guru untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar lebih kreatif. Salah satunya adalah kreatif dalam menulis. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Islam Terpadu Nuurusshiddiiq. Adapun jenisnya adalah deskripstif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah seluruh karangan siswa dengan teknik cuplikan purposive sampling, yakni 25 siswa dan 25 siswi. Teknik pengumpulan data dengan 1) observasi, 2) wawancara, 3) angket, dan 4) tes. Validitas data menggunakan tiangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) para siswa belum memahami jenis atau bentuk karangan deskripsi; 2) sebagian besar siswa tidak menggunakan EYD; 3) siswa belum memahami proses pembentukan sebuah kata; 4) siswa belum dapat menulis kalimat dengan baik dan efektif; dan 5) siswa kurang memperhatikan makna kalimat.
Kata Kunci: deskripsi, Kurtilas, menulis, siswa
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Ed. 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Chaer, Abdul. 1995. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Gie, The Liang. 1995. Pengantar Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta Liberty.
Isaacson, Walter. 2014. Einstein: Kehidupan dan Pengaruhnya bagi Dunia. (Terjemahan). Yogyakarta: Bentang.
Nurgiantoro, Burhan. 1988. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta : BPFG.
Pateda, Mansoer. 2010. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta.
Pusat Bahasa. 2009. Pengindonesiaan Kata dan Ungkapan Asing. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rajinem. 2011. Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Constektual Teaching And Learning (CTL) Bagi Siswa Kelas V SDN 01 Karangsari Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tesis (tidak dipublikasikan).
Sugondo, Dendy. 2007. EYD Plus. Jakarta: Limas.
Suwandi, Sarwiji. 2007. Serbalinguistik. Salatiga: Widya Sari.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Waluyo, Herman. J. 2007. Pengantar Filsafat Ilmu, Salatiga: Widyasari Press.
DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v1i2.320
Article Metrics
Abstract view : 891 timesPDF - 620 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AL IBTIDA Journal Indexed By:
Â
 Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â
Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com