Hubungan Antara Metode Outbound Training dengan Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Kelas V di SD Sekolah Alam Bintaro

Fauzan Fauzan(1*), Agnes Anggraini Al Millah(2),


(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Asosiasi Dosen PGMI se-Indonesia)
(2) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Karakter kepemimpinan yang dimiliki oleh siswa SD Sekolah Alam Bintaro masih rendah. Rendahnya karakter kepemimpinan ini salah satunya dikarenakan minimnya rasa percaya diri atau dorongan pribadi siswa untuk menjadi seorang pemimpin, baik pemimpin di kelas maupun pemimpin dalam diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metode pelatihan outbound dengan pembentukan karakter kepemimpinan siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Sekolah Alam Bintaro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, sedangkan observasi dan wawancara digunakan untuk memperkuat hasil angket. Sementara itu, data hasil penelitian dianalis menggunakan uji korelasi berbantuan SPSS. Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi antara variabel metode outbound training dan variabel karakter kepemimpinan menunjukkan bahwa nilai signifikansinya adalah sebesar 0,015 < 0,05. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi metode outbound training memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap karakter kepemimpinan siswa dengan tingkat keeratan sedang atau cukup baik, yaitu sebesar 0,403.

Kata kunci: karakter kepemimpinan, metode pelatihan outbound

Abstract

The character of leadership which are owned by bintaro's natural elementary school students is still low. This lack of leadership character is due to the lack of self-confidence or personal encouragement of students to become leaders, both class leaders and leaders in group discussions. This study aims to determine the relationship between outbound training method with the leadership character building of students of class V. The research method used a quantitative approach with correlation techniques. The sample in this research is all students of class V in SD Sekolah Alam Bintaro (elementary school). Data collection techniques used questionnaires, while observations and interviews were used to strengthen the questionnaire results. Meanwhile, the research data was analyzed using SPSS-assisted correlation test. Based on the results of calculation of correlation test between outbound training method variables and leadership character variables indicate that the significance value is of 0.015 <0.05. This means that Ho is rejected and Ha accepted. Therefore, the method of outbound training has a positive and significant relationship to the leadership character of students with a moderate level of moderate or good enough, that is equal to 0.403.

Keywords: leadership character, outbound training method


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Beningga, J. S., & et all. (2003). The Relationship of Character Education Implementation and Academic Achievement in Elementary Schools. Journal of Research in Character Education, 01(01), 20.

Departemen Agama RI. (2005). Al Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: PT. Syaamil Cipta Media.

Depdikbud. (2003). UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Djamaludin, A. (2002). Outbond Manajemen Training. Yogyakarta: UII Press.

Hakim, A. R., & Kumala, F. N. (2016). Pengembangan Karakter Melalui Kegiatan Outbond. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(2), 173-182.

Mu'in, F. (2011). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Nawawi, H., & Hadari, M. M. (2012). Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Oktarina, N., & et all. (2015). Character Education Evaluation Model Based on School Culture for Elementary School. Journal of Research and Method Education, 05(05), 11.

Rizkiani, A. (2012). Pengaruh Sistem Boarding School Terhadap Pembentukkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 06(01), 11.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susari, H. D. (2009). Implementasi Kegiatan Outbound Dalam Upaya Pembentukan Perilaku Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 15(1).

Tasmara, T. (2006). Spiritual Centered Leadership (Kepemimpinan Berbasis Spiritual). Jakarta: Gema Insani.

Umar, T. (2011). Pengaruh Outbond Training Rasa Percaya Diri, Kepemimpinan dan Kerjasama Tim. Jurnal Ilmiah Spirit, 11(3), 1-10.

Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarata: Bumi Aksara.

Wafiqni, N., & Latip, A. E. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia MI/SD: Teori dan Grand Design Pendidikan Berbasis Perkembangan. Jakarta: UIN Press.

Wahyu. (2011). Masalah dan Usaha Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Komunitas, 03(02), 138-149.

Widarnandana , I. D., & Simarmata , N. (2015). Pengaruh Outbond Terhadap Efikasi Diri pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 151-162.

Wijanarko, W. (2011). Pengaruh Metode Outbond terhadap Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Sekolah Alam Indonesia. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.2497

Article Metrics

Abstract view : 210 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com