PEMBELAJARAN KOOPERATIF, SEBAGAI SALAH SATU MODEL PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYYA (MI)

Aceng Jaelani(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Salah satu strategi dan model pembelajaran adalah strategi pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran yang akhir-akhir ini  menjadi perhatian dan dianjurkan para ahli pendidikan untuk digunakan. Ada dua alasan mengapa kooperatif learning menjadi pilihan, pertama, beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sekaligus dapat meningkatkan kemampuan hubungan sosial, menumbuhkan sikap menerima kekurangan diri dan orang lain, serta dapat meningkatkan harga diri. Kedua, pembelajaran kooperatif dapat merealisasikan kebutuhan siswa dalam belajar berpikir, memecahkan masalah, dan mengintegrasikan pengetahuan dengan keterampilan. Dan dua alasan tersebut, maka pembelajaran kooperatif merupakan bentuk pembelajaran yang dapat memperbaiki sistem pembelajaran yang selama ini  memiliki kelemahan.

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif


Full Text:

PDF

References


Dahlan. 1990. Model-model Mengajar (Beberapa Alternatif Interaksi. Belajar Mengajar). Bandung : CV. Dipenogoro.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Rineka Cipta.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung : Alfabeta.

Kasdi S. dan Nur. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya : University Press.

Kurniawati. 1996. Pengertiankonsep.blogspot.com/ diakases tanggal 22 desember 2009

Lie, A. 2007. Cooperative Learning, Mempraktekan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : Grasindo.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kecana Prenada Media Group.

Slavin R. E. 2008. Coopertative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Fengajaran. Bandung : Pusta Bani Quraisy.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovaif Berorientasi Konstruktivitistik, Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implernentasinya. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Uno, Masri Kuadrat. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.189

Article Metrics

Abstract view : 1584 times
PDF - 6767 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com