PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NUR KOTA CIREBON

Bunyamin Bunyamin(1*), Amanah Amanah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Media merupakan salah satu alat yang sangat penting bagi kegiatan pembelajaran. Media yang tepat akan menunjang kegiatan belajar-mengajar yang yang berlangsung di kelas. Media adalah perantara/ penghubung antara guru dengan murid. Gambar dapat dipergunakan sebagai media pendidikan dan mempunyai nilai-nilai pendidikan bagi peserta didik yang memungkinkan belajar secara efisien peserta didik yang berkaitan dengan pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran IPA di MI. Namun kenyataannya terkadang guru belum mampu menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Prestasi belajar merupakan ukuran tingkat keberhasilan seseorang dalam mempelajari sesuatu. Presetasi belajar seorang dapat dilihat berdasarkan skor yang diperolehnya dalam menyelesaikan soal-soal ujian terkait dengan bahan yang sedang dipelajarinya. Setiap pembelajaran tentunya mengharapkan hasil belajar yang maksimal, namun pada kenyataanya masih terdapat siswa yang memperoleh nilai IPA dibawah KKM.

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa dengan penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPA di kelas I MI An-Nur Kota Cirebon, meningkatkan prestasi hasil belajar IPA di kelas I dan pengaruh media gambar sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas I MI An-Nur Kota Cirebon.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan teknik pengumpulan data berupa observasi, soal tes, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian  ini adalah semua siswa MI An-Nur Kota Cirebon sebanyak 375 siswa dan menggunakan Cluster sample yaitu kelas I.1 sebanyak 23 siswa.

Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan Microsoft Excel 2010. Dari hasil pengolahan data tersebut didapat kesimpulan bahwa Berdasarkan hasil keseluruhan dari mulai pra siklus, siklus I sampai siklus II, hasil belajar yang diperoleh siswa kelas I dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan hasil belajar setiap siklusnya. Pada pra siklus diperoleh rata-rata 60,04, siklus I diperoleh rata-rata 72,17. Nilai tersebut mengalami peningkatan 12,13%, siklus II diperoleh nilai rata-rata 86,52 nilai tersebut mengalami peningkatan sebesar 14,35

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta : PT Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rhineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajawali Pers

Gintings, Abdurrakhman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Humaniora

Helmiati. 2013. Micro Teaching (Melatih Keterampilan Dasar Mengajar). Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Khairani, Makmum. 2014. Psikologi belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Khalifah, Mahmud dkk. 2015. Menjadi Guru yang Dirindu. Surakarta : Ziyad

Ma’mur, Jamal. 2014. Tips Membangun Komunitas Belajar di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran(Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2012. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada

Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta : Bumi Aksara

Ruswandi Uus, dkk. 2008. Landasan Pendidikan. Bandung : Insan Mandiri

Salahudin, Anas. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Pustaka Setia

Silberman, Mel. 2013. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nuansa Cendekia

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2009. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sudjiono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sulaeman, Momon. 2004. Lebih Dekat dengan Alam (Sains untuk SD/MI kelas I jilid I). Jakarta Pusat : PT. Setia Purnama Inves

Sulistyanto, Heri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan , Departemen Pendidikan

Syaodih, Nana. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal hal 3. Jakarta : Cemerlang.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal hal 3. Jakarta : Cemerlang.

Wahidin. 2006. Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung : Sangga Buana

Wisudawati, Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Aksara




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.128

Article Metrics

Abstract view : 835 times
PDF - 3439 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com

Â