PENERAPAN METODE PQR4 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SDN PENGAMPON II KEC. LEMAHWUNGKUK KOTA CIREBON

Syibli Maufur(1*), Abdul Sholeh(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib di SD / MI yang didalamnya terdapat asfek keterampilan membaca yang memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional dan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi namun ditemukan permasalahan yaitu rendahnya kemampuan pemahaman membaca yakni siswa kesulitan menentukan kalimat utama, siswa kesulitan dalam membuat teks ringkasan dengan kalimat yang runtut, dan siswa kesulitan dalam menjelaskan  isi teks secara tertulis dengan kalimat sendiri secara runtut. Sebagai solusi atas kondisi tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman diantaranya melalui metode PQR4 yaitu Preview, Question Read, Reflect  Recite dan Review. Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)  ini dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran dengan desain siklus spiral model Kemmis. Hasil temuan penelitian diperoleh nilai rata-rata siklus I yaitu 73,80, Siklus II yaitu 77,60, dan siklus III yaitu 83,40. Dengan demikian metode PQR4 dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

 

Kata kunci: Metode PQR4, membaca pemahaman


Full Text:

PDF

References


Abidin,Yunus.2010. Membaca! Bandung:Rizki Press

Akhadiah. 1992/1993. Bahasa Indonesia I. Jakarta: Depdikbud.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

BNSP. 2007. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas IV. Jakarta.Depdiknas

Dahar, Retno Willis. (1996) Teori – teori Belajar. Jakarta : Erlangga

Depdiknas. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas V. Jakarta: Balai Pustaka

Djuanda, Dadan. 2008. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: Pustaka Latifah.

Haryadi. 1996/1997. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Depdikbud.

Muchlisoh, dkk 1992. Pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta : Depdikbud

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologgi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Soedarso,. 2006. Speed Reading system Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumaryo. 2004. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA kelas X. Semarang: Aneka

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Subagyo. 2006. Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Tarigan, Djago. 1990. Pendidikan Bahasa Indonesia I. Jakarta: Depdikbud

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas

UU sisdiknas 2003. Jakarta: Depdiknas.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Rodakarya

Tim Penyusun Kamus. Pusat Bahasa 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pusaka




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.122

Article Metrics

Abstract view : 834 times
PDF - 1038 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com