JEJAK ALUMNI JURUSAN PGMI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON DAN RESPON PENGGUNA (STAKEHOLDER) TERHADAP KOMPETENSI DAN KINERJANYA

Tamsik Udin(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Strata Satu (S1)  di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri  (IAIN) Syekh Nurjati  Cirebon berdiri sejak tahun 2007. Ijin pendirian dari Kementerian Agama RI dalam bentuk SK Dirjen Pendidikan Tinggi Islam nomor: Dj.I/257/2007 tanggal 10 Juli 2007 tentang Ijin Operasional. Alumni Jurusan PGMI yang ada  selama ini belum dapat mengisi formasi guru MI yang berada di wilayah III Cirebon dan bahkan belum merata, apalagi untuk di luar wilayah Cirebon.

Tujuan  Tracer Study ini adalah untuk :1.mengetahui keberadaan alumni PGMI serta menjalin komunitas seara kontinue.2. Mengidentifikasi profil kompetensi dan keterampilan lulusan. 3. Mengetahui relevansi pelaksanaan kurikulum dan kebutuhan pasar kerja. 4.  Memenuhi Kriteria Akreditasi/sertifikasi Jurusan PGMI.5. Memenuhi persyaratan bantuan penelitian tahun 2014.

Millington (2006), “tracer study is an impact  assessment toll where the impact on target groups is traced back to specific elements of programme so that effective and ineffective project components may be identified” (sebuah metode untuk menelusuri informasi mengenai Alumni).

Metode dalam penelitian inia dalah deskriptif.  Dengan metode deskriptif ini juga diselidiki kedudukan (status) fenomena atau factor dan melihat hubungan antara satu factor dengan factor  yang lain. Karenanya, metode deskriptif juga dinamakan studi status atau disebut juga survey normative. Prespektif waktu yang dijangkau dalam  penelitian deskriptif , adalah waktu sekarang, atau sekurang-kurangnya jangka waktu yang masih terjangkau dalam ingatan responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Keberadaan alumni Jurusan PGMI tahun sejak tahun 2012 dan tahun 2013 belum merata di daerah wilayah III Cirebon. Pkeberadaan rofil kompetensi alumni Jurusan PGMI Pekerjaan Hampir setengahnya (40%) responden sudah bekerja di sekolah swasta, Penyelenggaraan Pengajaran di PGMI direspon oleh Hampir setengahnya (44,4%), Profil Stakeholder Lebih dari setengahnya  (65.0%) stakeholder sebagai tempat bekerja alumni PGMI adalah swasta.

 

Kata Kunci : Alumni, Tracer Study, Stakeholder


Full Text:

PDF

References


BAN –PT,”Naskah Akademik, Akreditasi institusi Perguruan Tinggi”

Borang Akreditasi Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon,2011

Dikti, 2008, “Wardiman Kembali Ingatkan Link and Match” Millington,Claire.,2006 “The Use of Tracer studies for Enhancing Relevance and Marketability in Online and Distance Education.”BarbadosCommunity College.

Nana Sudjana dkk, 1989:57 Metodologi Penelitian, Rosda Karya Bandung.

Setneg, 2010 ; Mengharmonisasikan Tenaga kerja dan pendidikan di Indonesia.

Undang-undang RI Nomor 14 tentang Guru dan Dosen

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.

http://blog.uin-malang.ac.id/muttaqin/2010/11/28/10/




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.121

Article Metrics

Abstract view : 1482 times
PDF - 1049 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com