The Effect of Application of The Brain-Based Learning (BBL) Approach on The Connection Ability of Students
(1) SMK Budi Tresna Muhammadiyah Cirebon
(2) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al’Azzy, U. L., & Budiono, E. (2008). Penerapan Strategi Brain Based Learning yang dapat Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=59192
Anthony, G., & Walshaw, M. (2009). Characteristics of effective teaching of mathematics: A view from the West. Journal of Mathematics Education, 2(2), 147-164.
Anandita, G. P. (2015). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Kubus dan Balok (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). http://lib.unnes.ac.id/21529/
Baskoro, E. P., & Wihaskoro, A. M. (2014). Evaluasi Pembelajaran.Cirebon: Nurjati Press
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. PT. Refika Aditama.
Hidayah, L. (2015). Efektivitas model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dengan pendekatan saintifik berbantu alat peraga sederhana terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas VIII pada materi garis singgung lingkaran di MTs Darul Ulum tahun pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, UIN Walisongo). http://eprints.walisongo.ac.id/5104/
House, P. A., & Coxford, A. F. (1995). Connecting Mathematics across the Curriculum. 1995 Yearbook. National Council of Teachers of Mathematics, 1906 Association Drive, Reston, VA 22091-1593. https://eric.ed.gov/?id=ED384524
Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 2(1), 51-62. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.p43-54
Jamal, F. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 18-36 https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/232
Jensen, E. (2008). Brain Based Learning (Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak : Cara baru dalam Pengajaran dan Pelatihan). Pustaka Pelajar.
Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa SMP. Judika (Jurnal pendidikan UNSIKA), 2(1), 36–46. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/120
Linto, R. L., Elniati, S., & Rizal, Y. (2012). Kemampuan koneksi matematis dan metode pembelajaran quantum teaching dengan peta pikiran. 1(1), 83–87. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm
Nasehuddien, T. S., & Manfaat, B. (2015). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Cirebon: Nurjati Press.
Nuraeni, F. (2019). Penggunaan Media Still Picture Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Berorientasi Pada Unsur Batin Dan Unsur Fisik Kelas X Sma Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS). http://repository.unpas.ac.id/43219/
Rizka, S., & Mastur, Z. (2014). Model Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2).72-78. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/4621
Romberg, T. A. (2016). Fosters Mathematical Thinking and Problem Solving: Connections Between Theory. Mathematical Thinking and Problem Solving.
Saragih, A. H. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa, 5(1), 23–34. https://doi.org/http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/715
Siregar, S. (2010). Statistika deskriptif untuk penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Supriadie, D., & Darmawan, D. (2012). Komunikasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Yulvinamaesari, Y. (2014). Implementasi Brain Based Learning dalam Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding, 1(1), 99-106. http://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/229
DOI: 10.24235/eduma.v9i2.7373
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020