PENGARUH METODE MIND MAPPING DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA(Studi Eksperimen Di Kelas X MAN Cirebon 1)
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Salah satu standar proses dalam pembelajaran matematika yang dirumuskan oleh National Council of Teachers of Mathematics (NCTM ) adalah belajar untuk berkomunikasi (mathematical communication). Kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa dikarenakan belum maksimalnya penggunaan metode mencatat kreatif dan model pembelajaran yang tepat. Metode mencatat kreatif yang dimaksud adalah metode mind mapping, sedangkan model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui apakah metode mind mapping dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis, baik secara parsial maupun simultan, serta seberapa besar pengaruh metode mind mapping dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Penelitian ini mengambil populasi kelas X MAN Cirebon 1 tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 469 siswa. Sementara sampel diperoleh dengan metode cluster random sampling, kelas yang menjadi sampel yaitu kelas X2 yang terdiri dari 47 siswa. Setelah dilakukan penelitian dan pengolahan data, maka berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung (1,675) < ttabel (1,679), hal ini berarti metode mind mapping secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Demikian juga dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis, karena thitung (1,349) < ttabel (1,679). Namun, Fhitung (3,236) > Ftabel (3,204) hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara metode mind mapping dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share secara simultan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Koefisien korelasi (R) sebesar 0,353 yang artinya antara variabel bebas (X1 dan X2) dan terikat (Y) memiliki hubungan yang lemah, koefisien determinasi (R square) sebesar 0,125 atau 12,5% artinya besarnya pengaruh metode mind mapping dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa adalah sebesar 12,5%. Sisanya 87,5% dipengaruhi oleh faktor lain dalam kemampuan komunikasi matematis.
Kata Kunci: Mind Mapping, Think Pair Share, Komunikasi MatematisFull Text:
PDFReferences
Azwar, Saifuddin. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Buzan, Tony. 2011. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Duta Prima
Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Elizabert. 2012. Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif. Bandung: Nusa Media
Lie, Anita. 2008. Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo
Mahmudi. 2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan. Jurnal MIPMIPA UNHALU Volume 8 Nomor 1
Mustafa, Zainal. 2009. Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
National Council of Teachers of Mathematics. 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston: NCTM National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for
School Mathematics. Restorn: NCTM
Riduwan. 2007. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta
Rostikawati, Teti. 2006. Mind Mapping dalam Quantum Learning dan Hubungannya dengan Prestasi dan Kreatifitas Siswa. UNPAK: Tidak di terbitkan
Sudijono, Anas. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo
Sugiarto, Iwan. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berpikir. Bandung: Kaifa
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Widya, Febrian. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 2, Tahun 2012. Tidak diterbitkan. Jogjakarta: UNY
Wijaya, Rahman Nata. 2008. Rujukan Filsafat, Teori dan Praktis Ilmu Pendidikan. Bandung: UPI Press
Winengsih, Ida. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok. Skripsi. Tidak ditebitkan. Cirebon: IAIN SNJ Cirebon
Yoga, Djohan. http://www.paxhigh.com/doc/applied_rt-mm.pdf
DOI: 10.24235/eduma.v5i1.681
Article Metrics
Abstract view : 875 timesPDF - 1081 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching