PENGARUH PENGGUNAAN BILINGUAL MODULE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Kasus di MAN 2 Kota Cirebon)
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Mata pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan dan merupakan
bagian integral dari pendidikan nasional dan tidak kalah pentingnya bila dibandingkan dengan ilmu pengetahuan lainnyaRendahnya minat belajar matematika siswa, mengakibatkan aktivitas dalam kegiatan belajar siswa dalam mengikuti proses
pembelajaran di dalam kelas belum seperti yang kita harapkan. Kegiatan siswa yang memperhatikan pelajaran yang
diterangkan oleh guru masih sedikit, sehingga materi pelajaran yang disampaikan kurang dipahami siswa. Untuk mengatashal tersebut, penggunaan media adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan agar konsep-konsep matematika bisa lebih
dipahami oleh siswa. Salah satu bentuk media yang dapat digunakan adalah alat peraga kartu persamaan. Tujuan dari
penelitian ini adalah : pertama, ingin mengetahui seberapa besar respon siswa dalam penggunaan alat peraga kartu
persamaan dalam pembelajaran matematika. Kedua, ingin mengetahui seberapa besar prestasi belajar matematika siswa dkelas VII MTs Darul Falah Cijati Kabupaten Majalengka. Ketiga, ingin mengetahui adakah pengaruh penggunaan alaperaga kartu persamaan terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Alat peraga kartu persamaan adalah suatu bentuk alat peraga matematika yang berkonsep dasar pada Persamaan Linear Satu
Variabel. Alat peraga ini mudah didapatkan dan dibuat bersama-sama siswa, karena bahan dasarnya terbuat dari kertas lipat.
Alat peraga ini juga bermanfaat untuk membantu mempermudah menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
Dalam penelitian ini, terdapat 2 variabel yaitu penggunaan alat peraga kartu persamaan sebagai variabel bebas (X) dan
prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs DaruFalah Cijati Kabupaten Majalengka tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 142 siswa. Sampel yang dipilih adalah 1
kelas sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan
tes.
Pada umumnya siswa menyatakan setuju pembelajaran matematika menggunakan alat peraga kartu persamaan di kelas VIMTs Darul Falah Cijati Kab. Majalengka. Hal ini dapat dilihat dari respon siswa dilihat dari hasil angket bahwa sebanyak
77,1% siswa memberikan respon tinggi dan 22,9% siswa memberikan respon rendah. Berdasarkan uji statistik didapabahwa thitung > ttabel yaitu 6,704 > 2,035 yang berarti bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis a (Ha) diterima.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
Kata Kunci : kartu persamaan, PLSV
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.
Astrid, Triastari. Strategi Mengajar Bilingual. Jakarta : PT Cerdas Pustaka Publisher. 2011.
Berkson, Wiliam. Bilingual Education. CV Qalam : Yogyakarta. 2006.
Ernawati.PerbandinganHasilBelajarSiswa yang Menggunakan Macromedia Flash danPowerpoint
Mata PelajaranMatematika di SMPN 1 SusukanLebakKabupaten Cirebon.Skripsi Tidak
diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati. 2010.
Hartono, Sunarto Agung. Perkembangan Peserta Didik.Bandung: Rineka Cipta. 2006.
Http://skripritha.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated.29-05-2012.10:00
Http://www.google.com/Macam.macamMedia/
Belajar.html.Tanggalaksesdata.Diunduhpadatanggal 20 -07-2012.14:00
Http://www.google.com/modul/media/Motivasi Belajar.html.Tanggalakses data 20 -03- 2012.
:00
Http://marcopangngewa.blogspot.com/2011/12/bilingual-dan-diaglosa.html. 20-06-2012. 16:34
Http://marcopangngewa.blogspot.com/2011/12/bilingual-dan-diaglosa.html. 03-04-2012. 17:00
Http://Www.Apsihimpsi.Org/Artikel/Konsep-Bi-Lingual-DanPenanganannya.php.di unduh 13-022012.13:34
Irawan,
Etsa
Indra.
Matematika Bilingual. Bandung: Yrama Widya. 2009.
Kurniati, Rachmawati dan Euis. Strategi Pengmbangan Kreatifitas pada Anak. Jakarta: Aksara
Baru. 2010.
Ivor K,Dafis. Pengelolaan Belajar Matematika. Jakarta Utara: CV Rajawali. 1991.
Lestari, Siti. Modul Matematika program IPS untuk SMA /MA. Sukoharjo: CV William. 2011.
Nurrohman. 2008. Pengaruh Metode Latihan Terhadap Motivasi Belajar dalam Mata Pelajaran
Matematikai di MTS Negri 1 Losari. Skripsi Tidak diterbitkan. Cirebon: Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN).
Nasehuddien, Toto Syatori. Metodologi Penelitian: Sebuah Pengantar. Cirebon: Nurjati Press.
Priyatno, Dwi. Paham Analisis Statistik Data. 2010.
Riduwan. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta. 2011.
Riduwan dan Sunarto. Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi,
Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.2007.
Rivai, Ahmad dan Nana Sudjana. Media Pengajaran. Bandung: Algensindo. 2005.
Ruseffendi. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Potensinya Dalam Pengajaran
Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito. 2000.
Santrock , John W. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.2007.
Sardiman, A.M. Interaksi dan Motivasi Balajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo. 1996.
Sarwono, Jonathan. Statistik Itu Mudah, SPSS 16. Yogyakarta: Penerbit Andi.2009.
Shadily, Hassan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. 2001.
Siregar, Syofian. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo. 2011.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.
Subana dkk. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. 2000.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2008.
Suherman, Erman. Evaluasi Pembelajaran Matematika Individual. Bandung: JICA. 2003.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2007.
Syamsudin, Abin Makmun. Perangkat Sitem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya. 2005.
DOI: 10.24235/eduma.v2i1.68
Article Metrics
Abstract view : 601 timesPDF - 505 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching