PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PELUANG (Studi Eksperimen Di Kelas XI SMK Pariwisata Kota Cirebon)
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini sangatlah pesat salah satunya adalah internet, Ada beberapa fungsi dari internet yang
didalamnya sarat dengan berbagai manfaat. Salah satu yang akan diungkap disini, yaitu fungsi pendidikan. Pendidikan jarak
jauh yang didalamnya terdapat pembelajaran online, diskusi online sampai evaluasi atau tes online juga dapat dilakukan
melalui internet. Komunikasi atau diskusi dengan para pakar diseluruh dunia juga dapat dilakukan melalui internet. Dari
aktivitas-aktivtias yang dilakukan ini, akhirnya muncul istilah baru yang kemudian dikenal dengan sebutan “e-learningâ€,
salah satu aplikasi model eleraning yaitu pembelajaran berbasis web yang populer dengan sebutan Web Based Training
(WBT).
Pembelajaran berbasis web dapat didefinisikan sebagai aplikasi teknologi web dalam dunia pembelajaran untuk sebuah
proses pendidikan. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa semua pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi internet
dan selama proses belajar dirasakan terjadi oleh yang mengikutinya maka kegiatan itu dapat disebut sebagai pembelajaran
berbasis web. Dalam penelitian ini menggunakan model Web course, yaitu penggunaan internet untuk keperluan
pendidikan, yang mana siswa dan guru sepenuhnya terpisah dan tidak diperlukan adanya tatap muka. Seluruh bahan ajar,
diskusi, konsultasi, penugasan, latihan, ujian, dan kegiatan pembelajaran lainnya sepenuhnya disampaikan melalui internet.
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas (X), pembelajaran berbasis web dan variabel terikat (Y), hasil
belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui
angket dan tes. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi dan Tataboga SMK
Pariwisata Cirebon. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposif sampling, yang terambil kelas XI Akuntansi
yang berjumlah 30 Siswa sebagai kelas eksperimen. Setelah data diperoleh, data kemudian dianalisis dengan pendekatan
kuantitatif, untuk uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan Chi-Kuadrat, uji homogenitas dengan uji F, dan
uji analisis data dengan uji t test.
Dari hasil penelitian didapat bahwa penggunaan Pembelajaran berbasis web dapat meningkatkan hasil belajar siswa ,
penggunaan pembelajaran berbasis web ini mempunyai pengaruh yang signifikan untuk kelompok siswa kelas tengah, hal
ini dapat dibuktikan dari uji gain untuk kelompok siswa tengah ini dapat dibuktikan dari uji gain kelas eksperimen untuk
kelompok siswa tengah diperoleh t
hitung
sebesar 4,69 . Karena t
hitung
> t
tabel
, maka Ha diterima.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan pembelajaran pembelajaran
berbasis web terhadap hasil belajar siswa untuk kelompok siswa tengah kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Pariwisata
Cirebon.
Kata Kunci : WBT, peluang
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT.Rineka
Cipta.
Aunurrahman.1999.Belajar dan Pembelajaran. Penerbit : Alfabeta
Artikel Mobele Learning. Tersedia online di situs alamat http ://m-edukasi.net/ Diakses pada
tanggal 10 Januari 2011 pukul 22.00 WIB
Course Management System Moodle :Pengisian conten CMS Moodle.
Diposting Oleh Maya. Elearning Sebagai Media Pembelajaran. Tersedia Online di situs alamat :
Http ://mayaaya95.blogspot.com/ . Diakses pada tanggal 8 Januari 2011 pukul 20.50 WIB.
Faculty Moodle Tutorial Bakery University School of professional & graduate studies 2010.
Hamalik, Oemar.1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT.Rineka Cipta.
Http ://www.psb-psma.org/
Installasi Paket Moodle 2.0+ tersedia secara online di situs alamat Http ://www.moodle.org/.
Diakses pada tanggal 5 Oktober 2010 pukul 22.00 WIB
Jennifer Niederst Robins. Learning Web Design Thir Edition A beginner’s Guide To (x)HTML,Style sheets and Web graphics. Printed : United States of America.
Manfaat elearning dalam pengajaran. Tersedia online di situs alamat http ://www.ubb.ac.id/.
Diakses pada tanggal 10 Januari 2011 pukul 21.00 WIB.
Munir (2009:170), Suyanto (2005:2).karakteristik elearning. Tersedia online di situs alamat htttp
://fatamorgana.wordpress.com/. Diakses pada tanggal 12 Januari 2011 pukul 13.37 WIB.
Muhibbin Syah.2003.Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada : Jakarta
Pengertian Hasil Belajar. tersedia online di situs Http:// sunartombs.wordpress.com/. Diakses Pada
Tanggal 11 Januari 2011 pukul 21.15 WIB
Pengertian E-learning.tersedia online di situs alamat Http ://www.elearning.gunadarma.ac.id/.
Diakses pada tanggal 8 Januari 2011 pukul 21.25 WIB.
Pengertian hasil belajar. tersedia online di situs Http:// sobatbaru.blogspot.com/ Diakses Pada
Tanggal 11 Januari 2011 pukul 21.25 WIB
Rusman dan toto ruhimat.2010.Pembelajaran Berbasis Web.Tersedia Online di situs alamat : Http
://www.ideguru.wordpress.com/. Diakses pada tanggal 8 Januari 2011 pukul 20.40 WIB.
Riduwan.2005. Belajara Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung
: Alfabeta.
Ruseffendi, E.T.1991. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam
Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.
Rozie.2006.Penggunaan Aplikasi e-learning (MOODLE).tersedia online di situs alamat
http://IlmuKomputer.com/. Diakses pada tanggal 10 Novemver 2010 pukul 12.45 WIB.
DOI: 10.24235/eduma.v2i1.67
Article Metrics
Abstract view : 469 timesPDF - 567 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching