PENGARUH PENGGUNAAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penilaian modul merupakan pendekatan baru yang diperkenalkan para ahli pendidikan untuk dilaksanakan di sekolah selain
pendekatan penilaian yang telah lama digunakan. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan oleh penulis di SMP Negeri 8
Kota Cirebon, bahwa dalam pembelajaran matematika dalam menggunakan modul terdapat banyak faktor yang
mempengaruhi belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya siswa yang kurang merespon ketika proses belajar mengajar
berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar
matematika, sehingga penggunaan modul yang sesuai dengan kriteria dalam suatu pembelajaran. Adapun kerangka
pemikiran dalam penelitian ini bahwa penggunaan modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Variabel dalam penelitian
ini adalah penggunaan modul sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket dan tes.
Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji independen dan kelinieran regresi, uji korelasi, uji hipotesis,
dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul dalam bidang studi matematika dengan menggunakan angket
kategori baik dengan rata-rata 72,46 dan hasil belajar matematika memiliki nilai rata-rata 72,36 .Persamaan regresi yaitu Ŷ
= 42 + 0,4 X artinya koefisien arah regresi (b) = 0,4 bertanda positif. Perhitungan korelasi diperoleh r
hitung
0,4, Korelasi
tersebut diperoleh indeks determinan sebesar 16%. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh t
hitung
1,684. Hal ini menunjukkan t
hitung >ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara
penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sebesar 16%.
Kata Kunci : modul, hasil belajar
2,75 dan t
tabel
Full Text:
PDFReferences
Adjie, Nahrowi dan Maulana.2006. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung : Upi Press
Arikunto, suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian syatu Pendekatan Praktik. Jakarta ; Rineka Cipta
Arini, Eni Aprilia. 2009. Pengembangan Modul Matematika sebagai Sarana Pencapaian
Kompetensi Pada Materi Pokok Faktorisasi Suku aljabar SMP Berdasarkan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan. Yogyakarta : Universitas Negeri Semarang
Daryanto.2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta :Rineka Cipta
Djamarah, Saiful Bachri, Aswan Zain. 1997. Strategi Belajar Mengajar : Bandung : Rineka Cipta
Fathoni , Abdurahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan Tehnik Penyusunan Skripsi, Jakarta :
Rineka Cipta
Fibriyanti, Rahma.2007. Implementasi modul siklus Belajar Untuk meningkatkan Kreatifitas dan
Prestasi Siswa Kelas VII SMP Laboratorium UM. Malang : Universitas Malang
Hamalik,Oemar.1994.Media Pendidikan. Bandung : PT Citra Aditiya bakti
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2000
Kartawijaya, Edi soewardi. 1987. Pengukuran dan Hasil Evaluasi belajar. Bandung : Sinar Baru
Lestari, Sri.2008. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Media
Audio Visual dan Modul Bergambar disertai LKS Terhadap Prestasi Belajar Fisika ditinjau dari
Kemampuan Awal dan Aktifitas Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Materi Tata surya ). Jatim :
Universitas Sebelas Maret
Mulyati .2005. Psikologi belajar. Yogyakarta : CV andi offset
Otong Karsdiputra. 2000. Teori-teori Belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Purwanto Ngalim. 2006. Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja
Karya
Riduan, 2008. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung :
Alfabeta
Riduan. 2008. Dasar-dasar statistic. Bandung : alfabeta
Rosyid, Muh. 2010. Dikllat Kabar baru Pendidikan STIE Putra Bangsa : UT http/www/.google.com
/ Wikipedia.posted by
Ruseffendi. 1988. Pengajaran CBSA. Bandung : Tarsito
Ruseffendi. 1991. Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran
Matematika. Bandung : tarsito
Sadiman, Arif.1986. Media Pendidikan, Pengertian dan pemanfaatannya. Jakarta : Raja Grafindo
Persada
Sandjaja, Herianto Albertus. 2006. Panduan Penelitian. Jakarta : Prestasi Publisher
Sardiman. 1996. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Bandung :Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Sudjana. 2005. Metoda statistika. Bandung ; Tarsito
Sudjiono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Bandung : PT Raja Grafindo persada
Sugijono, Adinawan Cholik, 2006. SeribuPena Matematika untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta :
Erlangga
Sugiono.1994. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Suherman, Erman dan Yaya Sukjaya. 1990. Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi
Pendidikan Matematika. Bandung : Wijaya Kusumah
Suherman, Erman.2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika . Bandung : UPI Bandung
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja
Rosda Karya
Syah Muhibin. 2005. Psikologi pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosda
karya
Syaodih, Nana. 1988. Azas-azas dan Teori belajar Mengajar. Bandung : Tarsito
UU Sistem Pendidikan Nasional UU RI N0 20.Th.2003. Jakarta : Asa mandiri
Widiasto, Sukma. 2010. Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa
Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Pelaku Kegiatan Ekonomi di SMPN 3 Ngadirejo Wonogiri Tahun
Ajaran 2009/2010. Surakarta : Universitas Muhamadiyah Surakarta
DOI: 10.24235/eduma.v2i1.63
Article Metrics
Abstract view : 712 timesPDF - 660 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching