PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI

ali alamuddin(1), mumun munawaroh(2*),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran  adalah  suatu  komponen  penting  yang  saling  berkaitan  satu  sama

lainnya. Di dalam pembelajaran, adanya interaksi antara pendidik dan peserta didik adalah peranan penting dalam mencapai tujuan suatu pembelajaran yang diinginkan. Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari tingkat pemahaman materi, penguasaan materi, serta hasil belajar peserta didik. Berdasarkan observasi, pembelajaran matematika di MTsN Karangkendal Kec. Kapetakan Cirebon ditemukan beberapa  kelemahan,  diantaranya  adalah  hasil  belajar matematika siswa  di  MTsN Karangkendal rata-rata dibawah nilai KKM yang ditentukan oleh pihak sekolah.

 

Penelitian ini bertujuan:1) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran snowball throwing.2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran snowball throwing.3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas VIII MTsN Karangkendal dalam pokok bahasan relasi dan fungsi.

 

Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian  ini  adalah  seluruh  siswa  kelas  VIII  di  MTsN  Karangkendal  Kapetakan dengan jumlah 283 siswa. Peneliti mengambil sampel pada kelas VIII dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, yaitu pengambilan anggota sampel dari jumlah populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Dari 8 kelas yang ada, peneliti mengambil 1 kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII F.

 

Hasil penelitian diperoleh persamaan regresinya adalah Y = 41,252 + 0,142 X. Nilai thitung   sebesar 0,142 kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel  sebesar 2,045. Maka dapat  dilihat  bahwa  nilai  ttabel>  thitung   atau  2,045  >  0,142,  dengan    demikian  Ho diterima dan Ha ditolak. Koefisien determinasi diperolah (R Square) = 0,005 artinya hasil   belajar   matematika   siswa   pada   pokok   bahasan   relasi   dan   fungsi   0,5% dipengaruhi atau ditentukan oleh model pembelajaran Snowball Throwing, karena pengaruhnya  hanya  0,5%  maka  dapat  dikatakan  tidak ada  penagruhnya  dan  yang

99,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

 

Kata Kunci : pembelajaran, snowball throwing, relasi fungsi


Full Text:

PDF

References


Abdurrahaman, Mulyono. 1999.

Pendidikan Bagi Anak

Berkesulitan Belajar. Jakarta

: Rineka Cipta

Ainurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 1996.

Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002.

Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006.

Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan

(Edisi Revisi). Jakarta: Bumi

Aksara.

Dimyati, Mudjono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Model Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka

Cipta.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta:

Ghalia Indonesia.

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta : Media Kom.

Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rooijakkers, Ad. 1991. Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: PT Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia).

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum

dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Shadiq, Fadjar. 2009. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika

Slameto. 1989. Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara.

Slameto. 2012. Belajar Dan Faktor- faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Bina Aksara.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar

Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar

Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru

Algensido Offset.

Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono. 2001. Statistika untuk Penelitain. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta. Suprijono, Agus. 2009. Cooperative

Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surapranata, Sumarna. 2004.

Panduan Penulisan Tes Tertulis Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutikno, M. Sobry. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: 10.24235/eduma.v3i2.62

Article Metrics

Abstract view : 579 times
PDF - 401 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats

Â