PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembelajaran  adalah  suatu  komponen  penting  yang  saling  berkaitan  satu  sama
lainnya. Di dalam pembelajaran, adanya interaksi antara pendidik dan peserta didik adalah peranan penting dalam mencapai tujuan suatu pembelajaran yang diinginkan. Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari tingkat pemahaman materi, penguasaan materi, serta hasil belajar peserta didik. Berdasarkan observasi, pembelajaran matematika di MTsN Karangkendal Kec. Kapetakan Cirebon ditemukan beberapa kelemahan,  diantaranya adalah hasil  belajar matematika siswa di MTsN Karangkendal rata-rata dibawah nilai KKM yang ditentukan oleh pihak sekolah.
Â
Penelitian ini bertujuan:1) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran snowball throwing.2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran snowball throwing.3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas VIII MTsN Karangkendal dalam pokok bahasan relasi dan fungsi.
Â
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian  ini  adalah  seluruh  siswa  kelas VIII  di  MTsN Karangkendal  Kapetakan dengan jumlah 283 siswa. Peneliti mengambil sampel pada kelas VIII dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, yaitu pengambilan anggota sampel dari jumlah populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Dari 8 kelas yang ada, peneliti mengambil 1 kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII F.
Â
Hasil penelitian diperoleh persamaan regresinya adalah Y = 41,252 + 0,142 X. Nilai thitung  sebesar 0,142 kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel  sebesar 2,045. Maka dapat dilihat bahwa  nilai ttabel>  thitung  atau 2,045 >  0,142,  dengan   demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Koefisien determinasi diperolah (R Square) = 0,005 artinya hasil  belajar  matematika  siswa  pada  pokok  bahasan  relasi  dan  fungsi  0,5% dipengaruhi atau ditentukan oleh model pembelajaran Snowball Throwing, karena pengaruhnya hanya 0,5%  maka dapat dikatakan tidak ada penagruhnya dan  yang
99,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
Â
Â
Kata Kunci : pembelajaran, snowball throwing, relasi fungsi
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahaman, Mulyono. 1999.
Pendidikan Bagi Anak
Berkesulitan Belajar. Jakarta
: Rineka Cipta
Ainurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 1996.
Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2002.
Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006.
Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan
(Edisi Revisi). Jakarta: Bumi
Aksara.
Dimyati, Mudjono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Model Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka
Cipta.
Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta:
Ghalia Indonesia.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta : Media Kom.
Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rooijakkers, Ad. 1991. Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: PT Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia).
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum
dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Shadiq, Fadjar. 2009. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika
Slameto. 1989. Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara.
Slameto. 2012. Belajar Dan Faktor- faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Bina Aksara.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar
Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar
Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Algensido Offset.
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono. 2001. Statistika untuk Penelitain. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D. Bandung: Alfabeta. Suprijono, Agus. 2009. Cooperative
Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Surapranata, Sumarna. 2004.
Panduan Penulisan Tes Tertulis Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutikno, M. Sobry. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
DOI: 10.24235/eduma.v3i2.62
Article Metrics
Abstract view : 579 timesPDF - 401 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching