MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH KAJIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODERN MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORATIF MURDER (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

nurma izzati(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan analisis matematis antara mahasiswa yang memperoleh pembelajaran kolaboratif MURDER dengan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada mata kuliah Kajian Pembelajaran Matematika Modern, serta untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran kolaboratif MURDER. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan disain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran kolaboratif MURDER dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan analisis matematis dan angket respon mahasiswa. Penelitian dilakukan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada semester ganjil tahun akademik 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan Tadris Matematika yang mengambil mata kuliah Kajian Pembelajaran Matematika Modern, dengan kelas A sebagai kelas  kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 38 orang mahasiswa. Analisis data dilakukan terhadap rerata gain ternormalisasi kedua kelompok sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan analisis matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran kolaboratif MURDER lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan analisis matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Analisis data angket respon mahasiswa menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran kolaboratif MURDER.

 

Keywords: Analisis, Matematis, Kolaboratif, MURDER

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1986. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: CV. Rajawali.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gerlach, J. M. 1994. Is this collaboration? In Bosworth, K. & Hamilton, S. J. (Eds.), Collaborative Learning: Underlying Processes and Effective Techniques, New Directions for Teaching and Learning, No. 59. San Francisco; USA, Jossey-Bass Publishing.

Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. [ONLINE]. Tersedia: http://www.physics. indiana.edu/∼sdi/Analyzingchange-Gain.pdf. [20-12-2014].

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Myers, John. 1991. Collaborative Learning: What is Collaborative Learning [ONLINE]. Tersedia: http://www.londonmet.ac.uk/deliberations/ collaborative-learning/panitz-paper.cfm. [08-12-2014].

Reid. 2004. Enhancing Student thinking through Collaboration Learning. [[ONLINE]. Tersedia: http//www.ed.gov/database/ERIC_Digest. [08-12-2014].

Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suherman, E. dan Sukjaya, Y. 1990. Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah 157.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Matematika, FMIPA, UPI.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wiersema, N. 2000. How Does Collaborative Learning Actually Work in Classroom and How Do Students React to It? [ONLINE]. Tersedia: http://www.city.londonmet.ac.uk/deliberations/collab.learning/wiersema.html. [08-12-2014].




DOI: 10.24235/eduma.v5i1.597

Article Metrics

Abstract view : 789 times
PDF - 405 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats