Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok

ianah ianah(1), hendri raharjo(2*),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahan ajar matematika sangat penting bagi siswa karena membantu proses belajar

mengajar dan dapat dilakukan secara mandiri oleh siswa. Kebanyakan bahan ajar menggunakan bahasa yang tinggi sehingga membuat siswa kurang menarik dan kurang motivasi untuk belajar.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik bahan ajar berbasis komputer  yang  dikembangkan  dan  bagaimana  efektivitas  bahan  berbasis  komputer yang dikembangkan.

 

Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D. Bahan ajar berbasis komputer diujicobakan pada siswa kelas VIII D di MTs N 2 Losari Cirebon. Hasil perhitungan yang di dapat bahwa  karakteristik  bahan  ajar  berbasis  komputer  yang  dinilai  oleh  ahli  media memiliki  rata-rata  sebesar  36,00  dengan  prosentase  keidealan  sebesar  90%  yang dinilai “Baik”. Sedangkan ahli materi menilai bahan ajar berbasis komputer “Sangat Baik” dengan rata-rata sebesar 47,50 dengan prosentase keidealan 79%. Untuk uji keefektivan menggunakan uji-t related dengan taraf keyakinan sebesar 95% dan a =

5%   diperoleh   thitung     sebesar   3.538   sedangkan   ttabel    sebesar   2,011.   Dan   hasil menunjukkan bahwa thitung > ttabel.

 

Dapat  disimpulkan  bahwa  terdapat  perbedaan  yang  signifikan  pada  bahan  ajar berbasis komputer dan bahan ajar lama, dimana bahan ajar berbasis komputer lebih efektif digunakan sebagai bahan ajar pada materi kubus dan balok dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: bahan ajar, komputer, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Agus, Nuniek Avianti. 2008. Mudah Belajar Matematika 2 Untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Ahmadi, Iif Khoiru, dkk. 2010.

Konstruksi Pengembangan

Pembelajaran Pengaruhnya

Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Anggoro, M. Toha dkk. 2008.

Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka

Arikunto, Suharsimi. 2000.

Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Arsyad, Azhar. 2003. Media

Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Asbani. Pengembangan Sumber

Belajar Matematika

Berbantuan Komputer untuk

Peserta Didik Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Teknologi Pembelajaran, Universitas Negeri Yogyakarta (dipublikasikan)

Fatimatun, Ningzul. 2012.

Pengembangan Penilaian Kinerja Siswa (performance assesment) pada lembar kerja siswa (LKS) mata pelajaran matematika kelas VIII SMP N

Ciwaringin. Skripsi. Cirebon: Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN

Syekh Nurjati Cirebon

Fauziah, Fitria. 2012.

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Menggunakan Exe (E-Learning XHTML Editor) Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas VIII SMPN 3

Kuningan. Skripsi. Cirebon:

Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah di IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Harsasi, Meirani. 2011.

Pengembangan Computer Assisted Instruction Sebagai Bahan Ajar Pada Universitas

Terbuka. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka (dipublikasikan)

Hernawan, Asep Herry, dkk.

Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal

Mulyono, Djaali. 2007. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Novijanti, Lilik dkk. 2008. Evaluasi Pembelajaran Edisi Pertama. Cirebon: Lapis Learning

Assistance Program For

Islamic Schools

Nuharini, Dewi, dkk. 2008.

Matematika Konsep dan

Aplikasinya 2 Untuk Kelas VIII SMP dan MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Prastowo, Andi. 2014.

Pengembangan Bahan Ajar

Tematik. Jakarta: Kencana

Priyatno. 2010. Paham Analisis Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom

Raharjo, Hendri. 2009. Suplemen Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer. Cirebon: CV Pangger

Riduwan. 2003. Dasar-Dasar

Statistik. Bandung: Alfabeta

Rohati. Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Ruang Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACH) di Sekolah Menengah Pertama. Skripsi.

Jambi: Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA FKIP Universitas Jambi (dipublikasikan)

Rusmono. 2012. Strategi

Pembelajaran dengan

Problem Based Learning itu

Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia

Siregar,Evelin, dkk. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Sopianti, Sopi. 2011. Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam. Bogor: Ghalia

Indonesia

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, hal

Sunarto, Sunaryo. Pembelajaran

Berbasis Komputer. Jurnal

Surapranata, Sumarna. 2004.

Analisis, Validitas, Reliabilitasdan Interpretasi

Hasil Tes. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembeajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi

Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Wati, Trisna Widya. 2010.

Perancangan (Computer Asisted Learning) Bahasa Perancis Berbasis Multimedia Sebagai Media Pembelajaran di SMA Negeri 6

Yogyakarta.Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIKOM) (dipublikasikan)




DOI: 10.24235/eduma.v3i2.59

Article Metrics

Abstract view : 544 times
PDF - 265 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 ianah ianah, hendri raharjo

View My Stats
 

 

Creative Commons License
EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching by https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.