PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN KALKULATOR DENGAN SISWA YANG MENGGUNAKAN TABEL TRIGONOMETRI PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru. Alat bantu hitung kalkulator dan tabel trigonometri merupakan jenis media yang sederhana namun hasil yang ditampilkan sangat akurat. Alat bantu kalkulator ataupun tabel trigonometri pada pembelajaran matematika menjadi salah satu alternatif yang dapat memotivasi pembelajaran secara aktif. Penelitian ini, akan membandingkan hasil belajar matematika dari penggunaan kedua alat bantu tersebut dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan trigonometri. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen I pada tes awal (pretest) diperoleh rata-rata sebesar 47,75; sedangkan pada tes akhir (post-test) diperoleh rata-rata sebesar 77,75 dengan n-gain0,57. Sedangkan hasil belajar siswa dalam pada kelas eksperimen II pada tes awal (pretest) diperoleh rata-rata sebesar 43,59, sedangkan pada tes akhir (post-test) diperoleh rata-rata sebesar 76,538 dengan n-gain 0,58. N-gain dari hasil belajar pada kelas eksperimen I dan eksperimen II dikategorikan sedang. Adapun hasil uji hipotesis dari kedua kelas diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,548 dengan taraf kesalahan 5% dan taraf kepercayaan 95%, maka berdasarkan krteria uji hipotesis tersebut H0 diterima dan Ha ditolak, artinya tidak ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan kalkulator dengan siswa yang menggunakan tabel trigonometri pada pokok bahasan trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Cilimus, Kabupaten Kuningan tahun ajaran 2010/2011.
Â
KeyWords : Media pembelajaran, Kalkulator, Trigonometri, N-gain.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
____________. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Ernawati. 2010. Skripsi : Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Macromedia Flash dan Powerpoint pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP N 1 Susukanlebak, Kecamatan Susukan Lebak, Kabupaten Cirebon. Cirebon : IAIN Syekh Nurjati. (tidak diterbitkan)
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hernawati, Rina. 2008. Skripsi : Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Siswa yang Menggunakan Alat Bantu Kalkulator denganyang Tidak Menggunakan pada Pokok Bahasan Statistika di Kelas XII SMK Negeri 1 Cirebon. Cirebon : IAIN Syekh Nurjati. (tidak diterbitkan)
Ikhsanuddin dan Tuszie Widhyanti. 2007. Artikel: Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Keterampilan Generik Sains dan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Hidrolisis Garam dan Sifat Koligatif Larutan. Bandung: Pascasarjana UPI. (tidak diterbitkan)
Karno, dkk. 1996. Tabel untuk Matematika SMP. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Nasehuddien, Toto Syatori. 2008. Metodologi Penelitian (Sebuah Pengantar). Cirebon: STAIN Cirebon.
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Riduwan. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Ruseffendi, E.T. 1989. Dasar-dasar Matematika Modern dan Komputer untuk Guru. Bandung: Tarsito
Sabur. 2011. Skripsi: Studi Komparasi tentang Motivasi dan Prestasi Belajar antara Siswa yang Ikut Bimbingan Belajar dengan Siswa yang Tidak Ikut Bimbingan Belajar pada Pelajaran Matematika diKelas VIII SMP Negeri 2 Kuningan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati. (tidak diterbitkan)
S. Nasution. 1982. Didaktika Azas-azas Mengajar.Bandung: Jemmars Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudijono, Anas. 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana dan Rival, A. 2002. Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Susilana, Rudi., dkk. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tati Komalasari. 2006. Skripsi: Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Antara yang Mendapat Pembelajaran dengan Media Model dan Media Chart (Studi Eksperimen Pada Kelas Viii SMP Negeri 11 Kota Cirebon). Cirebon : UNSWAGATI (tidak diterbitkan)
Tim Penyusun. 2007. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Cirebon : STAIN Cirebon.
Wahidin dan Toheri. 2008. Modul Pendidikan dan Pelatihan Komputer. Cirebon : STAIN Cirebon.
http://id.wikipedia.org/wiki/kalkulator diunduh tanggal 11 Oktober 2011, Pukul 05:46 WIB
http://karmawati-yusuf.blogspot.com/2009/01/kalkulator-dalam-pembelajaran_08.html., diunduh 16 Oktober 2010, Pukul 05:11 WIB
http://rahmatkusnadi6.blogspot.com/2010/08/pengertian-tabel-grafik-dan-agan.html., diunduh 14 Nopember 2011, Pukul 23:17 WIB
http://www.scribd.com/doc/16862089/Segitiga, diunduh tanggal 20 Januari 2011, Pukul 22:24 WIB
http://www.sisilain.net/2011/01/jenis-jenis-kalkulator.html, diunduh tanggal 20 Nopember 2011, Pukul 8:37
DOI: 10.24235/eduma.v3i2.55
Article Metrics
Abstract view : 579 timesPDF - 424 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching