PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIK MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Evaluasi pembelajaran tidak lepas dari penggunaan instrumen. Instrumen ini mempunyai peranan yang penting dalam mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik dalam memahami materi. Instrumen yang sering diberikan dosen pada pembelajaran statistika berbentuk tes essay. Instrumen ini sesuai untuk mengukur kemampuan penalaran statistik, akan tetapi memiliki unsur subjektivitas yang tinggi. Sementara untuk bentuk pilihan ganda memiliki unsur objektivitas yang tinggi, tetapi unsur menebak jawaban peserta didik juga tinggi dan kurang dapat mengukur kemampuan peserta. Oleh karena itu perlu dikembangkan bentuk tes pilihan ganda yang memiliki kualitas baik dan dapat mengukur kemampuan penalaran statistik mahasiswa.
Penelitian ini  bertujuan:  (1)  Untuk  menemukan instrumen  yang  dapat  mengukur  kemampuan penalaran statistik mahasiswa ditinjau dari karakteristik instrumen yang baik. (2) Untuk mengetahui hasil analisis kemampuan penalaran statistik dengan menggunakan instrumen yang telah dikembangkan. Instrumen tes untuk mengukur kemampuan penalaran statistik adalah  instrumen tes  yang  meliputi  aspek  penalaran terhadap  ukuran  pemusatan, penalaran terhadap ketidakpastian, penalaran tehadap sampel, dan penalaran terhadap perkumpulan. Instrumen tes tersebut berupa pilihan ganda yang memiliki tingkatan soal analisis (C4), sintesis (C5), dan evaluasi (C6).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development). Adapun tahapannya meliputi studi pendahuluan dan pengembangan model. Pada tahap pengembangan model melalui tahap validasi isi, uji coba terbatas (dengan 30 mahasiswa dari semester II, IV dan VI), dan uji coba luas (dengan 171 mahasiswa dari semester II, IV dan VI). Semua mahasiwa dipilih secara random.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen yang dikembangkan memiliki karakteristik yang baik dari segi validitas dengan indeks validitas isi (CVI) sebesar 0,94 dan koefisisen reliabilitas sebesar 0,68. Adapun dari segi daya pembeda, butir yang berkategori sangat baik sebanyak 11 butir dan yang baik sebanyak 3 butir, dari segi tingkat kesukaran semua butir berkategori sedang, dari segi korelasi skor butir dengan skor total yang signifikan sebanyak 12 butir, dan dari kualitas distraktor yang efektif sebanyak 13 butir. (2) Hasil analisis kemampuan penalaran statistik dengan menggunakan instrumen yang telah dikembangkan menunjukkan bahwa 99% peserta tes memiliki nilai estimasi kemampuan/ability yang berkategori cukup yaitu antara -1,5 sampai dengan kurang dari 1,5, sementara hanya 1% peserta tes yang memiliki nilai estimasi kemampuan/ability dengan kategori baik yaitu antara 1,5 sampai dengan kurang dari 3.
Â
Kata Kunci : instrumen tes, research & developmendÂFull Text:
PDFReferences
Anggreyani, Arie. 2009. Penerapan Teori Uji Klasik dan Teori Respon Butir dalam Mengevaluasi Butir Soal. Skripsi pada Departemen Statistika IPB: tidak diterbitkan.
Arifin, Zaenal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Rosda Karya.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar , Saifuddin. 2010. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar , Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
DelMas, Robert C. 2002. Statistical Literacy, Reasonig and Learning. Journal of Statistics Education.
Dewi, Nisa. 2011. Pengaruh Pendekatan Problem Solving terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Skripsi pada jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon : tidak diterbitkan.
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.
Erawan, Lalang dan Stefanus Sentosa. 2009. Computer Adaptive Test dengan Pendekatan Item Respon Theory Satu Parameter. Jurnal Teknologi Informasi, Volume 5 Nomor 2, Oktober 2009, ISSN 1414-9999.
Gal dan Garfield. 1997. Curricular Goal and Assesment Challenges in Statistics Education.Voorburg : IOS Press.
Garfield, Joan B. 1999. Teaching and Assessing Statistical Reasoning. University of Minnesota.
Garfield, Joan B. 2002. The Challenge of Developing Statistical Reasoning. Journal of Statistics Education.
Garfield, Joan B. 2003. Assessing Statistical Reasoning. Statistics Education Research Journal.
Hadjar, Ibnu. 1996. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hambleton, R.K. (1993). Principles and selected applications of item response theory. Dalam R. L. Linn (Eds.), Educational Measurement (3rd ed., pp.147-200). Phoenix, AZ: American Council on Education and the Oryx Press.
Indrakusuma, Amier Daien. 1966. Evaluasi Pendidikan Penilaian Hasil Belajar, tidak diterbitkan.
Kerlingar, Fred N. 1990. Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Lawshe. 1975. A Quantitave Approach to Content Validity. Purdue University. Jurnal Personnel Psychology 28, 563-575.
Lubis, Mawardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Nilai. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Martadiputra, Bambang Aviv. 2010. Kajian tentang Kemampuan Melek Statistis (Statistical Literacy), Penalaran Statistis (Statistical Reasoning) dan Berpikir Statistis (Statistical Thinking) Guru SMP/SMA. Jurnal UPI.
Moore, Betsy dan Stanley Tood. 2010. Critical and Formative Thinking
Assesment. -----------
Mulyadi. 2010. Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama di Sekolah. Malang: UIN- MALIKI Press.
b. Nitko, J Anthony. 1996. Educational Assemenet of Student. Columbus : Pamela Bennet.
Putra, Nusa. 2011. Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Press.
Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta : Bandung.
Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : Kencana
Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana : Jakarta.
Sevilla, Consuello dkk. 2006. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta : UI-Press
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara.
Sukmadinta, Nana Syaodih. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosda Karya.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
-------------- 2003. Undang-Undang SISDIKNAS No 20 Tahun 2003. Departemen Pendidikan Nasional.
-------------- 2008. Panduan Analisis Butir Soal. Departemen Pendidikan Nasional.
DOI: 10.24235/eduma.v2i2.41
Article Metrics
Abstract view : 1036 timesPDF - 1588 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching