PEMANFAATAN MEDIA AKTUAL LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK LOWER CLASS DI MI/SD (Sebuah Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Alat Peraga Sederhana)

atikah Syamsi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Mengapa siswa perlu belajar matematika dapat dijawab dengan penjelasan bahwa matematika merupakan pelajaran yang penting. Matematika merupakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan secara umum. Jelas untuk memahami dunia kita dan kualitas keterlibatan kita dalam masyarakat diperlukan pemahaman matematika secara baik. Matematika merupakan suatu ilmu yang berhubungan dengan penelaahan bentuk –bentuk suatu struktur yang abstrak dan hubungan antara bentuk tersebut. Untuk dapat memahaminya, diperlukan pemahaman tentang konsep-konsep yang terdapat dalam Matematika. Karena sifatnya yang abstrak, maka dalam pembelajaran matematika masih diperlukan benda -benda yang menjadi perantara atau alat peraga yang berfungsi untuk mengkonkritkan sehingga fakta -faktanya lebih jelas dan lebih mudah diterima oleh siswa. Karenanya pula menjadi wajar jika anak-anak usia Dasar tidak mudah dalam memahami matematika. Pilihan media yang tepat bisa menjadi jembatan terhadap kesulitan siswa sekolah dasar dalam memahami pelajaran ini. maka dalam kegiatan pembelajaran hendaknya dapat memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Siswa aktif melakukan eksplorasi, percobaan, pengujian, diskusi atau kegiatan lain yang menekankan siswa aktif dalam belajar dengan memanfaatkan lingkungan sekitar.
Keywords : Media, aktual, lingkungan, eksplorasi, pembelajaran matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Azhar, A.(2008). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada

Darhim. Media dan Sumber Belajar Matematika.Jakarta: Universitas Terbuka.

Hamidi. (2005). Metode Penelitian Kualitatif (Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian), Malang: UMM Press

Hudoyo, H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: DEPDIKBUD.

Isjoni, H. (2011). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar PesertaDidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Moleong, Lexy J. (2009).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdaKarya.

Munadi, Y. (2008).Media Pembelajaran,Jakarta: Gaung Persada Press

Noeng Muhadjir, N. (1990)Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin

Sadiman, dkk. (2003) Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Sudjana, Nana. (2002). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Algesindo.

Susilana, R. (2007). Media Pembelajaran.Bandung: CV. Wacana Prima

Syamsu, Y. ( 2011). Perkembangan peserta didik. Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA

Turmudi (2008). Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika berparadigma Exploratif dan Investigatif. Leuser, Jakarta.

Turmudi (2009). Panduan Pendidik Matematika. Pusat Perbukuan, Depdiknas Jakarta.




DOI: 10.24235/eduma.v3i1.4

Article Metrics

Abstract view : 610 times
PDF - 732 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats

Â