PEMANFAATAN MEDIA AKTUAL LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK LOWER CLASS DI MI/SD (Sebuah Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Alat Peraga Sederhana)
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Mengapa siswa perlu belajar matematika dapat dijawab dengan penjelasan bahwa matematika merupakan pelajaran yang penting. Matematika merupakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan secara umum. Jelas untuk memahami dunia kita dan kualitas keterlibatan kita dalam masyarakat diperlukan pemahaman matematika secara baik. Matematika merupakan suatu ilmu yang berhubungan dengan penelaahan bentuk –bentuk suatu struktur yang abstrak dan hubungan antara bentuk tersebut. Untuk dapat memahaminya, diperlukan pemahaman tentang konsep-konsep yang terdapat dalam Matematika. Karena sifatnya yang abstrak, maka dalam pembelajaran matematika masih diperlukan benda -benda yang menjadi perantara atau alat peraga yang berfungsi untuk mengkonkritkan sehingga fakta -faktanya lebih jelas dan lebih mudah diterima oleh siswa. Karenanya pula menjadi wajar jika anak-anak usia Dasar tidak mudah dalam memahami matematika. Pilihan media yang tepat bisa menjadi jembatan terhadap kesulitan siswa sekolah dasar dalam memahami pelajaran ini. maka dalam kegiatan pembelajaran hendaknya dapat memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Siswa aktif melakukan eksplorasi, percobaan, pengujian, diskusi atau kegiatan lain yang menekankan siswa aktif dalam belajar dengan memanfaatkan lingkungan sekitar.
Keywords : Media, aktual, lingkungan, eksplorasi, pembelajaran matematika
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Azhar, A.(2008). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Darhim. Media dan Sumber Belajar Matematika.Jakarta: Universitas Terbuka.
Hamidi. (2005). Metode Penelitian Kualitatif (Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian), Malang: UMM Press
Hudoyo, H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: DEPDIKBUD.
Isjoni, H. (2011). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar PesertaDidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Moleong, Lexy J. (2009).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdaKarya.
Munadi, Y. (2008).Media Pembelajaran,Jakarta: Gaung Persada Press
Noeng Muhadjir, N. (1990)Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin
Sadiman, dkk. (2003) Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Sudjana, Nana. (2002). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Algesindo.
Susilana, R. (2007). Media Pembelajaran.Bandung: CV. Wacana Prima
Syamsu, Y. ( 2011). Perkembangan peserta didik. Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA
Turmudi (2008). Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika berparadigma Exploratif dan Investigatif. Leuser, Jakarta.
Turmudi (2009). Panduan Pendidik Matematika. Pusat Perbukuan, Depdiknas Jakarta.
DOI: 10.24235/eduma.v3i1.4
Article Metrics
Abstract view : 610 timesPDF - 732 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching