PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR MATEMATIKA

Nurma Izzati(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh penerapan project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif calon guru matematika dalam mengembangkan bahan ajar matematika. Desain penelitian ini adalah one-shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada semester genap tahun akademik 2017/2018 dengan populasi terjangkau adalah mahasiswa jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang mengambil mata kuliah pengembangan bahan ajar matematika pada semester genap tahun akademik 2017/2018 yakni sebanyak empat kelas yang berjumlah 138 orang mahasiswa. Dari populasi terjangkau dipilih satu kelas sampel dengan teknik cluster random sampling, yaitu mahasiswa kelas C yang mengikuti mata kuliah pengembangan bahan ajar matematika sebanyak 35 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan angket respon mahasiswa terhadap penerapan project based learning.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan project based learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif guru matematika dalam mengembangkan bahan ajar matematika.

 

Keywords: berpikir kreatif, project based learning, bahan ajar, matematika

Full Text:

PDF

References


Amir, M Taufiq. (2012). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakrta. Prenada Media Group.

Anderson, O. W dan Krathwohl. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing. New York. Addison Wesley Longman, Inc.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Fisher, R. (1995). Teaching Children to Think. London: Stanley Thornes Ltd.

Fraenkel, J. R. dan Wallen, N. E. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. Singapore: Mc. Graw-Hill Book Co-Singapore.

Furchan, A. (2004). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Haris, R. (1995). Introduction to Creative Thinking. [online]. Tersedia: http://www.virtualsalt.com/itdt.htm.

Katz, V. J. (1994). “Ethno-Mathematics in the Classroom”. Journal for the Learning of Mathematics. 14 (2).

Lee, Jean S.dkk. (2014). Taking a Leap of Faith: Redefining Teaching and Learning in Higher Education through Project Based Learning. Interdiciplinary Journal of Problem Based Learning, Vol.8, No. 2, p:8-17

LTSIN (2004). Learning teaching. Scotland: Learning and Teaching Scotland.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.

Newman, Mark J. (2005). Problem Based Learning: an Introduction and Overview of the Key Features of the Approach. Journal of Veterinary. Vol.3, No.1, p:12-29.

Price, J. (1996). “President’s Report: Building Bridges of Mathematical Understanding for All Children”. Journal for Research in Mathematics Education. 27(5).

Ruseffendi, E.T. (1984). Pengajar Matematika Modern untuk Orang Tua, Murid, dan SPG. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sandjaja, B dan Albertus, H. (2006). Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sofyan, H. (2006). Implementasi project based learning Pada Bidang Kejuruan. Cakrawala Pendidikan. Yogyakarta: LPM UNY.

Sumarmo, U. (2005). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Tahun 2002 Sekolah Menengah. Makalah Seminar di FPMIPA Universitas Negeri Gorontalo. Tidak Diterbitkan.

Sumarmo, U. & Hendriana, H. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.




DOI: 10.24235/eduma.v7i2.3667

Article Metrics

Abstract view : 250 times
PDF - 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats