PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR MATEMATIKA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh penerapan project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif calon guru matematika dalam mengembangkan bahan ajar matematika. Desain penelitian ini adalah one-shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada semester genap tahun akademik 2017/2018 dengan populasi terjangkau adalah mahasiswa jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang mengambil mata kuliah pengembangan bahan ajar matematika pada semester genap tahun akademik 2017/2018 yakni sebanyak empat kelas yang berjumlah 138 orang mahasiswa. Dari populasi terjangkau dipilih satu kelas sampel dengan teknik cluster random sampling, yaitu mahasiswa kelas C yang mengikuti mata kuliah pengembangan bahan ajar matematika sebanyak 35 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan angket respon mahasiswa terhadap penerapan project based learning. Â Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan project based learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif guru matematika dalam mengembangkan bahan ajar matematika.
Â
Keywords: berpikir kreatif, project based learning, bahan ajar, matematikaFull Text:
PDFReferences
Amir, M Taufiq. (2012). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakrta. Prenada Media Group.
Anderson, O. W dan Krathwohl. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing. New York. Addison Wesley Longman, Inc.
Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Fisher, R. (1995). Teaching Children to Think. London: Stanley Thornes Ltd.
Fraenkel, J. R. dan Wallen, N. E. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. Singapore: Mc. Graw-Hill Book Co-Singapore.
Furchan, A. (2004). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Haris, R. (1995). Introduction to Creative Thinking. [online]. Tersedia: http://www.virtualsalt.com/itdt.htm.
Katz, V. J. (1994). “Ethno-Mathematics in the Classroomâ€. Journal for the Learning of Mathematics. 14 (2).
Lee, Jean S.dkk. (2014). Taking a Leap of Faith: Redefining Teaching and Learning in Higher Education through Project Based Learning. Interdiciplinary Journal of Problem Based Learning, Vol.8, No. 2, p:8-17
LTSIN (2004). Learning teaching. Scotland: Learning and Teaching Scotland.
Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.
Newman, Mark J. (2005). Problem Based Learning: an Introduction and Overview of the Key Features of the Approach. Journal of Veterinary. Vol.3, No.1, p:12-29.
Price, J. (1996). “President’s Report: Building Bridges of Mathematical Understanding for All Childrenâ€. Journal for Research in Mathematics Education. 27(5).
Ruseffendi, E.T. (1984). Pengajar Matematika Modern untuk Orang Tua, Murid, dan SPG. Bandung: Tarsito.
Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sandjaja, B dan Albertus, H. (2006). Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sofyan, H. (2006). Implementasi project based learning Pada Bidang Kejuruan. Cakrawala Pendidikan. Yogyakarta: LPM UNY.
Sumarmo, U. (2005). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Tahun 2002 Sekolah Menengah. Makalah Seminar di FPMIPA Universitas Negeri Gorontalo. Tidak Diterbitkan.
Sumarmo, U. & Hendriana, H. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
DOI: 10.24235/eduma.v7i2.3667
Article Metrics
Abstract view : 250 timesPDF - 113 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching