Desain Pembelajaran Daring di SMK Ilman Nafi'ah Cirebon Sebagai Upaya untuk Mempersiapkan Siswa Menghadapi Ujian Berbasis Komputer
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(4) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dan soal tes berbasis online yang valid dan efektif. Selanjutnya akan digunakan untuk mempersiapkan Siswa menghadapi Ujian berbasis Komputer. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Data penelitian diperoleh melalui lembar validasi perangkat pembelajaran oleh ahli, lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket kesiapan siswa, dan tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika valid dan efektif dalam mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian berbasis komputer dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Skor penilaian bahan ajar dan tes prestasi belajar oleh ahli pertama sebesar 107, 84 dan skor penilaian oleh ahli kedua sebesar 108, 84 dengan kategori baik untuk masing-masing bahan ajar. Rata-rata skor kesiapan siswa sebesar 83,3 dengan kategori baik. Rata-rata nilai tes restasi belajar siswa kelas sebesar 75,5 dan 75 dengan kategori baik. dan 81% siswa memenuhi nilai KKM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alviyaturrohmah, A., Saluky, S., & Muchyidin, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dengan Software Prezi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. ITEj (Information Technology Engineering Journals), 2(1).
Chaeruman, U. A. (2017). Pengembangan Model Desain Sistem Pembelajaran Blended . Disertasi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Holmes, B., & Gardner, J. (2006). e-learning: Concept and Practice. London, UK: Sage Publication Ltd.
Horton, W. (2006). e-Learning by Design. San Francisco, CA, USA: Pfeiffer: John Wiley & Sons, Inc.
Kemendikbud. (2016). Guru Pembelajar: Petunjuk Teknis Moda dalam Jaringan (Daring). Diakses pada 10 oktober 2018 dari https://www.academia.edu/28326089/GURU_PEMBELAJAR_PETUNJUK_TEKNIS_Moda_Dalam_Jaringan_Daring
Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian & Evaluasi Pendidikan.Yogyakarta: Nuha Litera.
Puslitdik. (2017). Ujian Berbasis Komputer (UBK) 2016/2017. Diakses pada 27 april 2017 dari http://ubk.kemdikbud.go.id/.
Ruth, C. C., & Mayer, R. E. (2008). e-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning (2nd ed.). San Fransisco, CA, USA: John wiley & Sons Inc.
Salmon, G. (2002). e-Tivities: the Key to Active Online Learning. London, UK: Kogan Page Ltd.
Soekartawi. (2003). Prinsip Dasar E-Learning: Teori Dan Aplikasinya Di Indonesia. Jurnal Teknodik, vol. 12, no. 2.
Stockley, D. (2010). e-Learning Definition and Explanation. Retrieved September 19, 2018, from http://www.derekstockley.com.aud
TIM. (2018). Ujian Nasional Berbasis Komputer 2017/2018. Diakses pada 25 september 2018 dari https://ubk.kemdikbud.go.id/,
TIM. (2018). Ujian Nasional Berbasis Komputer 2017/2018. Diakses pada 25 september 2018 dari http://ubk.kemdikbud.go.id/.
Widoyoko, S.E.P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: 10.24235/eduma.v7i2.3401
Article Metrics
Abstract view : 337 timesPDF - 222 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching