PENGARUH PENGUASAAN BILANGAN PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA SUB POKOK BAHASAN PERBANDINGAN SEGMEN GARIS (STUDI KASUS TERHADAP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 KOTA CIREBON)
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Matematika merupakan komponen dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Latar belakang masalah didapat dari pengalaman guru bidang studi Matematika kelas VII SMPN 7 Kota Cirebon yaitu Bapak Surnadi, S.Pd dan Ibu Tuti Sri Mukarti, S.Pd, sering dijumpai siswa kelas VII yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal materi pada sub pokok bahasan perbandingan segmen garis, dikarenakan kurangnya penguasaan siswa terhadap materi mengenai bilangan pecahan khususnya pada menyederhanakan pecahan dan pecahan senilai. Selain itu juga ditemukan masalah lain, siswa yang menguasai materi mengenai bilangan pecahan, tetapi kurang mampu menyelesaikan soal-soal pada sub pokok bahasan perbandingan segmen garis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi bilangan pecahan, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada sub pokok bahasan perbandingan segmen garis dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguasaan materi bilangan pecahan terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal pada sub pokok perbandingan segmen garis siswa kelas VII SMPN 7 Cirebon.
Pemikiran ini bertitik tolak dengan pemikiran bahwa belajar matematika akan berhasil jika proses pengajaran diarahkan pada konsep-konsep dan struktur-struktur yang terbuat dalam pokok bahasan yang diajarkan, disamping hubungan yang terkait antara konsep-konsep dan struktur-struktur tersebut. Dalam mempelajari materi perbandingan segmen garis, siswa membutuhkan materi dasar yang dapat menopang dan memudahkan siswa untuk memahami materi tersebut. Bilangan pecahan merupakan salah satu materi dasar yang sangat erat kaitannya dengan materi perbandingan segmen garis. Sehingga kemampuan menyelesaikan soal-soal perbandingan segmen garis siswa akan sangat dipengaruhi oleh penguasaan siswa tentang materi bilangan pecahan.
Penelitian yang dilakukan di SMPN 7 Cirebon menggunakan teknik pengumpulan data
yaitu tes dan populasi seluruh kelas VII yang berjumlah 384 siswa dan terdiri dari 9 kelas.
Adapun pengambilan sampel 1 kelas yaitu kelas VII C yang berjumlah 43 siswa yang diambil
menggunakan teknik cluster random sampling. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu
penguasaan bilangan pecahan sebagai variabel bebas dan kemapuan menyelesaikan perbandingan segmen garis sebagai variabel terikat.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan bilangan pecahan terhadap kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal perbandingan segmen garis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan bilangan pecahan kategori cukup. Sedangkan kemampuan menyelesaikan soal-soal perbandingan segmen garis kategori kurang. Hipotesis nilai Sig. (0,000) <
α (0,05). Rsquare = 0,574, maka penguasaan bilangan pecahan
merupakan materi prasyarat dari materi perbandingan segmen garis dengan kontribusi
sebesar 57,4%.
Kata Kunci: Bilangan pecahan, Segmen garis
Full Text:
PDFReferences
Admin. (2003). Tingkat Penguasaan Murid Kelas Vi Sdn 227 Larompong Pada Operasi
Hitung Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian Pecahan
(Skripsi), Universitas Sriwijaya program studi pendidikan matematika.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.
_________. (2007). Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ary, Donald et. al. penerjemah Arief Furchan. (2000). Pengantar Penelitian Dalam
Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Bukhori, M. (2003). Pengaruh Penguasaan Materi Bilangan Bulat terhadap
Kemampuan Menyelesaikan Soal- soal Faktorisasi Suku Aljabar (Skripsi).
Cirebon: STAIN Cirebon.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Standar Kompetensi Guru SLB, SD, SMP,
SMU., Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuntitatif dan Kualitatif. Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
Jalaluddin, Rakhmat. (2002). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remadja
Rosdakarya.
M. Subana dan Sudrajat. (2001). Dasar- dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka
Setia.
Mulyasa. E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Remadja
Rosdakarya.
Nuharini, Dewi. (2008). Matematika dan Aplikasinya 1. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
Purwanto, Ngalim. (2000). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Bandung: Remaja Karya.
Rich, Barnet. 2005. Geometri. Jakarta : Erlangga.
Riduwan. (2008). Dasar-dasar Statistika
. Bandung: Alfabeta.
Sleger, Sidney. (2000). Statistika Nonparametrik untuk Ilmu- ilmu Sosial. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2004). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
_________. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung:
Alfabeta.
Suherman, Eman. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: FPMIPA
UPI.
Sukino. (2008). Matematika untuk SMP kelas VII. Jakarta: Erlangga. Sumarna, Ade.
(2008). Buku Pintar Matematika Lengkap SMP. Bandung: Epsilon.
Suroso. (2006). Ujian Nasional Matematika SMP. Jakarta: Wordpress
Sutikno, M. Sobry. (2008). Belajar dan pembelajaran “Upaya Kreatif dalam Mewujudkan
Pembelajaran yang Berhasil â€. Bandung: Prospect.
Syatori. Toto. N. (2008). DIKTAT Metodologi Penelitian (Sebuah Pengantar). Cirebon:
STAIN Cirebon.
Tri, Oktaviani. (2010). Pengaruh Pendekatan Belajar Surface, Deep, dan
Achieving bagi Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika (Skripsi).
Cirebon: STAIN Cirebon.
Walpole. Ronald E. (2005). Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wiriatmaja, Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung :
Rosda Karya.
DOI: 10.24235/eduma.v1i2.300
Article Metrics
Abstract view : 535 timesPDF - 565 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching