PROBLEM SOLVING, CREATIVITY DAN DECISION MAKING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Widodo Winarso(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan diera globalitas memberikan tantangan bagi pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Upaya yang perlu dilakukan salah satunya yaitu perubahan cara mengajar. Gaya mengajar yang mengabaikan kreatifitas peserta didik dapat disinyalir sebagai setagnannya mutu pencapaian tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran yang baik apabila pendidik dapat berkreasi dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran; alasan dan perlunya perubahan strategi pembelajaran matematika dari cara tradisional ke arah yang lebih inovatif dan sesuai dengan tuntutan zaman yaitu strategi pembelajaran yang dapat menunjang pencapaian lima tujuan pelajaran matematika; serta pembelajaran yang lebih fokus pada pemecahan masalah, membanun krativitas belajar dan dapat memfasilitasi para peserta didik untuk mengkontrusi pengetahuan matematika. Kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tututan kurikulum 2013, apabila pendidik menyajikan materi ajar dengan menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Sekiranya penting bagi para pendidik untuk merubah strategi pembelajarannya. Misalnya pembelajaran dengan pemecahan masalah (Problem Solving), membangun kreativitas belajar dan kemampuan pengambilan keputusan (Decision Making). Dengan demikian dapat dimaknai bahwa strategi pembelajaran dapat digunakan sebagai acuan pada kegiatan perancangan kegiatan yang sistematik dalam mengkomunikasikan isi pelajaran kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


DurmuÅŸ, S. (2011). An Investigation Related to the Modelling Levels and Values of Elementary School Prospective Mathematics T Ansyar, M. 2001. Pengembangan Kurikulum

Dari Materi Pelajaran Ke Pengajaran Belajar. jurnal ilmu pendidika, 1 (8), 28 -37 Aris Pongtuluran dan Theresia K. Ibrahim. 2002. Pendekatan Pendidikan Berbasiskan Masyarakat. Jakarta: Jurnal Pendidikan Penabur No. 01 D’Zurrilla, T.J. 1986. Problem- Solving Theraphi: A social competence Approach to clining Intervention, New York: springger Facione, P. and Facione, N.. 2007. Thinking and Reasoning in Human Decision Making, The California Academic Press / Insight Assessment.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Grasindo

Jacob, C. 1998. Mengajar Pemecahan Masalah Dalam Matematika. Makalah disajikan pada Seminar nasional Upaya-Upaya Meningkatkan Peran Pendidikan Matematika dalam Menghadapi Era Globalisasi; Perspektif Pembelajaran Alternatif- Kompetitif. Program Pascasarjana IKIP Malang, 4 April 1998.

Lawson, A.E. 1995. Science Teaching And Development Thingking. California; wordsmorth. pub.co

Maxim, G. M. 1987. Social Studies And The Elementary School Chil. Colombus: reril publishing company

Moch Idochi Anwar. 1990. Kepemimpinan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Angkasa

Oemar Hamalik. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Cipta Aditya Bakti.

Rahmat J. 2001. Psikologi Komunikasi. Cetakan ke16. Bandung: PT Renja Kesdakarya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryanto Rutmono dkk. 2010. Sukses Semua Ulangan. Jakarta: PT Wahyumedia.

Utami Munandar. 1995. Pengembangan Kreativitas

Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta. eachers, 11(2), 1065–1071.

Graycar, A. (1997). Paedophilia: Policy and Prevention. Retrieved May 17, 2014, from http://www.aic.gov.au/documen ts/A/D/2/{AD2B7912-AA15- 4DB3-84B5- 5AE6680D0C15}RPP12.pdf

Kumar Singh, Y. (2006). Fundamental of Research Methodology and Statistics. New Delhi: New Age International (P) Ltd.

Mhakure, D., & Mokoena, M. A. (2011). A Comparative Study of the FET Phase Mathematical Literacy and Mathematics Curriculum, 3, 309–323




DOI: 10.24235/eduma.v3i1.3

Article Metrics

Abstract view : 811 times
PDF - 800 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats

Â