PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (Di SMP Nurul Halim Widasari Kabupaten Indramayu)
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Di dalam proses pembelajaran matematika, siswa sangat dilibatkan sehingga perubahan tingkah laku siswa
diarahkan pada peningkatan kemampuan dalam mempelajari matematika. Mempelajari matematika harus
teratur dan memperhatikan hubungan keterkaitan dengan materi yang mendasari serta harus memperhatikan
kemampuan sebagai individu sehingga penyajian ide atau konsep matematika yang baru didasarkan pada
pengalaman sebelumnya.. Berdasarkan uraian tersebut, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran aktif tipe quiz team terhadap prestasi belajar
matematika. Selain itu untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran aktif tipe quiz team
pada pelajaran matematika; dan untuk prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang
sisi datar. Penerapan teknik belajar aktif cenderung meminimalkan persoalan pengelolaan kelas yang acapkali
menyulitkan guru yang terlalu mengandalkan metode ceramah dan diskusi kelompok besar atau diskusi kelas.
Dalam konteks penelitian ini, yang menjadi populasi adalah Siswa kelas VIII SMP Nurul Halim tahun pelajaran
2010 / 2011, Sampel diambil dari populasi dengan purposive sampling. Dengan pertimbangan peneliti, maka
yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B. Sebelum menganalisis data, dilakukan terlebih
dahulu uji prasyarat analisis yaitu dengan menguji normalitas, dilanjutkan dengan uji independent dan
kelinieran regresi, uji koefisien korelasi dan yang terakhir uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa
penerapan pembelajarn aktif tipe quiz team mendapat respon kategori sedang yaitu sebesar (53,33%) dari
siswa. Dari hasil tes prestasi belajar matematika diperoleh nilai rata – rata yaitu 71,67 dan nilai tersebut
diatas KKM yaitu sebesar 65. Selain itu dari hasil pengujian statistik diperoleh persamaan regresi = 18.905 +
0.792 x. Persamaan tersebut mengandung arti bahwa prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun
ruang sisi datar bertambah atau meningkat dengan 0,792 kali penerapan pembelajaran aktif. Besar pengaruh
ditunjukan dengan koefisien determinasi yaitu sebesar = 61,8 %, Hal ini berarti 61,8 % prestasi belajar siswa
pada kelas eksperimen dipengaruhi oleh penerapan pembelajaran aktif tipe quiz team, sedangkan sisanya yaitu
sebesar 38,2 % dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai
lebih kecil dari σ
yang digunakan yaitu (0.01) atau 0.000 < 0.01, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh
antara penerapan pembelajaran aktif tipe quiz team terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan
bangun ruang sisi datar.
Kata Kunci : Quiz, Bangun Ruang
Full Text:
PDFReferences
Agusyana, Yus. 2011. Olah data skripsi dan penelitian dengan SPSS 19. Jakarta: PT Elex
Media Komputindo
Ali, Muhammad. 2008. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Algesindo
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan. Rineka Cipta.
Yogyakarta
A Syaeful, Hamdani.dkk. 2008. Matematika 1. Surabaya: Lapis PGMI.
Asep Jihad dan Abdul Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: Usaha
Nasional.
Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo
Hasan Alwi, dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kerami, Djati dkk. 2003. Kamus Matematika. Jakarta: Balai Pustaka.
L. Silberman, Melvin. 2009. Active Learning (terjemah). Bandung: Nusamedia
Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Ma’ruf. 2003. Tingkat Penguasaan Operasi Hitung Pada Bilangan Pecahan Murid Kelas VI
SDN 227 Larompong. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Mulyasa, E. 2004.Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Konsep, Karakteristik dan
Implementasi. Bandung:Remaja Rosdakarya,
_______. 2004. Implementasi kurikulum 2004. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Moeliono,
Anton, dkk.
_______. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.
Nasehuddien, Toto Syatori.2009. Beberapa Contoh Penyusunan Proposal Penelitian Tentang
Pendidikan. Cirebon: STAIN Cirebon.
Nazir, Moh. 2007. Metode Penelitian. Bogor :Ghalia Indonesia
Nasution, Farid. 2001. Hubungan Metode Mengajar Dosen, Keterampilan Belajar, Sarana
Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu
Pendidikan. Jilid 8. Nomor 1.
Prince, Michael. 2004. Does Active Learning Work? A Review of the Research. Lewisburg:
Journal of Engineering Education Priyanto, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data
Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Menpengaruhinya. Jakarta : rineka Cipta, 2010
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
______. 2007. Statitistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta. . 2009. Metode
Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima
Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran
Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
Supranata, Sumarna. 2004. Interprestasi Hasil Tes. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Untoro, Joko. 2007. Buku Pintar Matematika SMP. Jakarta Selatan: PT Wahyu Media.
Winastwan dan Sunarto. 2010. PAKEMATIK (Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis IT).
Surabaya: Elex Media Komputindo.
Zaini, Hisyam. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta : CTSD
http://bambangsarbani.blogspot.com/2008/10/bilangan-dan-aljabar.html diunduh tanggal 15
september 2011 pukul 14:42
http://www.psb-psma.org/content/blog/3479-penerapan-metode-belajar-aktif-tipe-quiz-team-
kepada-siswa tanggal diunduh 15 september 2011 pukul 14:42
http://sunartombs.wordpress.com/ diunduh tanggal 15 september 2011 pukul 14:42 15
DOI: 10.24235/eduma.v1i2.295
Article Metrics
Abstract view : 814 timesPDF - 544 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching