PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA di MTs.SALAFIYAH KOTA CIREBON
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian aktivitas guru dan siswa.
Keaktivan siswa dalam proses pembelajaran akan menyebabkan interaksi yang tinggi antara guru dengan siswa
ataupun dengan siswa itu sendiri. Hal ini akan mengakibatkan suasana kelas menjadi segar dan kondusif,
dimana masing - masing siswa dapat melibatkan kemampuannya semaksimal mungkin. Penelitian ini dilakukan
karena pentingnya aktivitas belajar itu sendiri dalam pembelajaran. Aktivitas belajar siswa selama mengikuti
pembelajaran, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, penguasaan materi serta prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika, tingkat
pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal dan untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh aktivitas belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII MTs Salafiyah Kota
Cirebon.
Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar merupakan segala aktivitas yang bersifat fisik
maupun mental. Ketika siswa dapat menyeimbangkan kedua aktivitas ini dalam pembelajarannya maka siswa
itu akan mendapatkan hasil belajar yang optimal.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan metode
penelitiannya menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data populasi yakni
seluruh kelas VII MTs Salafiyah kota Cirebon. Variabel penelitiannya berupa aktivitas belajar dan pemahaman
konsep matematika siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Setelah
data diperoleh, kemudian dilakukan analisis data.berupa uji validitas, reliabilitas, daya beda dan indeks
kesukaran dengan menggunakan software ANATES. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat, uji korelasi, uji
kelinieran regresi, koefesien determinan serta uji hipotesis dengan menggunakan PASW 18.
Dari hasil penelitian yang diperoleh dari lembar observasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar tergolong
sedang dengan skor rata-rata 64.55 dan hasil tes pemahaman konsep matematika siswa juga tergolong sedang
dengan skor rata-rata 65,925. Hasil penelitian jga menunjukkan bahwa aktivitas belajar berpengaruh positif
terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini ditunjukan dengan analisis regresi, sehingga diperoleh
persamaan regresi
=2.536+0.982 . Nilai koefisien korelasinya adalah 0,924 yang menunjukkan tingkat
korelasi yang tinggi. Dan untuk koeffisien determinasinya adalah 85.4% yang berarti bahwa pengaruh aktivitas
belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa sebesar 85.4%, sedangkan sisanya 14,6% dipengaruhi
oleh faktor lain selain aktivitas belajar.
Kata Kunci : Keaktifan, Interaksi
Â
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagi Anak berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka
Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi
Aksara
_______. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aripin, Ipin. 2008. Modul Pelatihan Analisis Data dengan Excel dan SPSS.
www.4shared.com
Aqib, Zaenal. 2002. Profesional Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikiawan
Chaniago, Amran YS. 2002.Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia
Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara
_______. 2004. Perencanaan Pengjaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi
Aksara
Hasan, Iqbal. 2009. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
http://muhfida.com/pemahaman-konsep/ (didownload pada bulan Agustus 2011)
Muhidin, Samdas Ali. 2007. Analisi Korelasi, Regresi dan Jalur dalam penelitian. Bandung:
Pustaka Setia
Mujiyanto. 2007. Penggunaan Media Pendidikan pada Pengajaran Matematika di Sekolah
Menengah. (diakses dari internet: http://one.indoskripsi.com/node/797,) (didownload
pada bulan Agustus 2011)
Poerwadaminta. 1984. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Riduwan. 2007. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika Untuk Penelitian (Administrasi
Pendidikan - Bisnis - Pemerintahan - Sosial – Hukum - Manajemen - Kesehatan).
Bandung: AlfaBeta
______. 2008. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.
Bandung: AlfaBeta
Ruseffendi. 1991. Pengajaran Matematika CBSA “Pengantar Kepada membantu Guru
mengembangkan Kompetensunya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan
CBSA†(edisi II). Bandung: Tarsito
Sadiman, Arif Sukadi. 1946. Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta:
Mediyatama Sarana Perkasa
Sagala, Syaiful. 2000. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar “Pedoman Guru dan Calon Guruâ€.
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Subana, dkk. 2005. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Sudijoyo, Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suherman, Eman. 1993. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan
________. 2003. (edisi revisi)
Sukirman, dkk. 2001. Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran Matematika. Pusat
Penerbit Universitas Terbuka.
Supranto, J. 2008. Statistik Teori dan Aplikasi (Jilid 7). Jakarta: Erlangga
Suryabrata, Sumadi. 2003. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Syaodih, Nana, dkk. 2004. Landasan Psikologi dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani
Quraisy
Yamin, Martinis. 2004. Kegiatan Membelajarkan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya
Yulius, Oscar. 2010. IT Kreatif SPSS 18; Smarter & Faster mengerjakan Statistika.
Yogyakarta: Panser Pustaka
DOI: 10.24235/eduma.v1i2.293
Article Metrics
Abstract view : 752 timesPDF - 928 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching