PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL GUSJIGANG KUDUS PADA SISWA SLOW LEARNER
(1) Universitas Muria Kudus
(2) Universitas muria kudus
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aziz, A.F.,, Sugiman, & Prabowo, A. (2015). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow learner di Kelas Inklusif SMP Negeri 7 Salatiga. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 111-120. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/4168/4743
Ferdianto, F, & Setiyani. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37-47. Retrieved from http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/781/678
Hadi, F. R. (2016). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Slow learners (Lamban Belajar). Premiere Educandum, 6(1), 35-41. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/295/267
Ikhwanudin, T. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membangun Karakter Bangsa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 11-18. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/1560/pdf
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan AnakRepublik Indonesia. (2013) Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus bagi pendapingan (Orang Tua, Keluarga, Dan Masyarakat). Jakarta : Kementrian pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia
Khayati, F., Sujadi, I., & Saputro, S. R. (2016). Pengembangan Modul Matematika Untuk Pembelajaran Berbasis masalah (Problem Based Learning) Pada ateri Pokok Persamaan garis lurus kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(7), 608-621. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/9167/6783
Laksana, D.N.L., Putu Agus Wawan Kurniawan, P.A.W., Niftalia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik SD Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3 (1), 1-10. Retrieved from http://ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/jipcb/article/view/74/6
Marheni, A., K., I. (2017). Art therapy bagi anak slow learner. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkmbangan indonesia Peran Psikologi Perkembangan dalam Penumbuhan Humanitas pada Era Digital. ISBN: 978-602-1145-49-4, hal 154-162
Muchyidin, A. (2016). Model Matematika Kearifan Lokal Masyarakat Desa Trusmi Dalam Menjaga Eksistensi Kerajinan Batik Tulis. JES-MAT, 2(1), 12-25. Retrieved from https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/267/206
Muhafid, E. A, Dewi, N. R, & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan modul IPA Terpadu Berpendekatan Keterampilan proses pada Tema Bunyi Di SMP kelas VII. Unnes Science Education Journal, 2(1), 140-148. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/18596/1/4001409074.pdf
Mustaqim, M, & Bahruddin, A. (2015). Spirit Gusjigang Kudus dan Tantangan Globalisasi Ekonomi. Jurnal Penelitian, 9(1), 19-40, Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/848/798
Parmin, & Peniati, E. (2012). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 8-15. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2006/2120
Purwaningrum, J. P. (2016). Circuit Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional “Berfikir Kritis dan Kreatif dalam Matematika untuk Kontribusi Ekonomi Bangsaâ€. Hlm. 136-142. Diakses pada http://eprints.umk.ac.id/7317/
Purwaningrum, J. P. (2016). The Efforts to Increase Mathematical Performance and Motivation of Underachever Student Trough Quantum Learning. Prosiding International Conference on Mathematics, Science and Education (ICMSE). Hlm. 127-130. Diaksespadahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/icmse/article/view/13396/7385
Rofiah, N. H. (2017). Penerapan metode pembelajara Peserta Didik Slow learner (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Inklusi Wirosaban Yogyakarta). Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 94-107. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=494888&val=10128&title=PENERAPAN%20METODE%20PEMBELAJARAN%20PESERTA%20DIDIK%20SLOW%20LEARNER
Rakhmawati, Nika. (2017). Kesulitan matematika Siswa Slow learner Kelas IV Di SD Negeri Batur 1 Semarang. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(7), 665-667. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/9758
Shaw, S. R. (2010). Rescuing Students from the Slow learner Trap. Principal leadership, Vol. 10(6), 12-16
Trianto. (2009). Mendesain Model PembelajaranInovatifProgresif. Jakarta: Kencana.
Wanabuliandari, S. (2016). Pengenalan Budaya Lokal Kota Kudus Melalui Pembelajaran Etnomatematika Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional: Implementasi Bimbingan dan Konseling pada Lembaga pendidikan Anak Usia Dini Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini. ISBN :978-602-1180-38-9, hal 40-53.
Wanabuliandari, S., Ardianti, S.,D., & Rahardjo, S.,. (2016). Implementasi Model EJAS Berbasis Mathematic Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Perilaku Kepedulian Terhadap Lingkungan. Jurnal EDUMA, 5 (2), 34-41.Retrieved fromhttp://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/1174/1014.
Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. A. (2018). Pengaruh Modul E-JAS Edutainment terhadap Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 70-79. Retrieved fromhttp://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1248/795
DOI: 10.24235/eduma.v7i1.2724
Article Metrics
Abstract view : 733 timesPDF - 366 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching