PENGARUH KEMAMPUAN KONEKSI DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR GEOMETRI BIDANG DATAR MAHASISWA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar Geometri Bidang Datar mahasiswa, 2) pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar Geometri Bidang Datar mahasiswa, dan 3) pengaruh kemampuan koneksi dan disposisi matematis terhadap hasil belajar Geometri Bidang Datar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang mengikuti mata kuliah Geometri Bidang Datar pada semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel penelitian dipilih dari populasi penelitian dengan teknik simple random sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis dan hasil belajar mahasiswa, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui disposisi matematis mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar Geometri Bidang Datar mahasiswa. Besar pengaruh kemampuan koneksi matematis terhadap hasil belajar Geometri Bidang Datar mahasiswa   sebesar   70,52%; 2) terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar Geometri Bidang Datar mahasiswa. Besar pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar Geometri Bidang Datar mahasiswa sebesar 65,81%; dan 3) terdapat pengaruh kemampuan koneksi dan disposisi matematis terhadap hasil belajar Geometri Bidang Datar mahasiswa pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh kemampuan koneksi dan disposisi matematis terhadap hasil belajar Geometri Bidang Datar mahasiswa sebesar 82,31%.
Â
Keywords: Kemampuan, Koneksi, Disposisi, Matematis, Hasil, BelajarFull Text:
PDFReferences
Kusuma, D. A. (2008). Meningkatkan Kemampuaan Koneksi Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivime. [online]. Tersedia : http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/06/meningkatkan-kemampuan-koneksi-matematik.pdf [23 Januari 2016]
NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA:Authur. Tersedia di www.nctm.org.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Tersedia di www.nctm.org.
Slameto (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana,Nana. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suherman, Erman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Matematika, FMIPA, UPI.
Sumarmo, U. (2003). Daya dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Makalah disajikan pada Seminar Sehari di Jurusan Matematika ITB, Oktober 2003. (http://educare.efkipunla.net/index.php?option=com_content&task=view&id=62 Jurnal pendidikan dan budaya).
Kilpatrick, J., Swafford, J. dan Findell, D. (Eds). (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington: Natonal Academy Press.
Sandjaja, B dan Albertus, H. (2006). Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Syaban, M. (2008). Menumbuhkan Daya dan Disposisi Siswa SMA melalui Pembelajaran Investigasi. Diakses pada tanggal 27 mei 2011 pada http://www.uai.no/no/content/download/2math.html
Wardani, Sri. (2008). Pembelajaran Inquiri Model Silver untuk Mengembangkan Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA. Disertasi. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Williams, G. (2002). Identifying Tasks that Promote Creative Thinking in Mathematics: A Tool. Mathematical Education Research Group of Australia Conference. Aukland New Zealand, July, 2002
DOI: 10.24235/eduma.v6i2.2231
Article Metrics
Abstract view : 642 timesPDF - 322 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching