PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH TERHADP HASIL BELAJARPADA POKOK PEMBAHASAN GEOMETRI DIMENSI TIGA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat diketahui dari tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan. Pelajaran matematika, khususnya materi geometri terasa sulit diberikan kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika siswa yang menggunakan macromedia flash dalam pembelajaran matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Kapetakan Kabupaten Cirebon Tahun ajaran 2017/2018. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan rancangan desain Randomized Control Group Only Design. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif dengan uji hipotesis menggunakan uji Independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Respon siswa terhadap penggunaan macromedia flash pada pokok bahasan geometri dimensi tiga tergolong cukup baik. Terdapat pengaruh penggunaan macromedia flash terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan macromedia flash untuk semua mata pelajaran sekolah dan alat yang diukur bisa lebih variatif.
Kata Kunci: Macromedia Flash, Hasil Belajar, Dimensi TigaFull Text:
PDFReferences
Alami, Fikri. 2005. Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Macromedia FlashMVIII 2004. Lmpung: Universitas Lampung.
Anderson, Ronald H. 1987. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Durri, Agus Ahmad, Hendri Raharjo, and Arif Muchyidin. 2016. “APPLICATIONS OF MATHEMATICS CHARGED ISLAMIC VALUES BY USING MACROMEDIA FLASH AND CAMTASIA.†ITEj (75).
Hamalik, Umar. 2005. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Masykur. Mathematical Intelegence Cara Cerdas Melatih otak dan MenanggulangiKesulitan Brlajar. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia
Munadi, Yudhi . 2008. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru.Jakarta: Gaung Persada Press.
Sucipto, Endar dkk. 2004. Matematika SMP untuk Kelas VIII. Jakarta: Erlangga
Sudijono, Anas. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICAUPIO
Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap PembelajaranMatematika. Yogyakarta: PPPG Matematika Sumaryanta. 2008. Matematika Apa dan Bagaimana (Handout). Yogyakarta:UIN Sunan Kalijaga: Program Studi Pendidikan Matematika.
Suparni. 2009. Perencanaan Pembelajaran Matematika (Handout). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga: Program Studi Pendidikan Matematika.
Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka BaniQuraisy
Suryadi, Ace.Reformasi Sistem Pembelajaran (artikel)
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional: Jakarta, 2003.
USMPn, Basyiruddin, dkk.2002. Media Pembelajaran.Jakarta: Ciputat Press
Wirosari, Renati Winong, dkk. 2008. Adobe Flash CS3 Untuk Pemula.Yogyakarta:ANDI
Website:
http://id.wikipedia.org/wiki/Geometri (diunduh pada tanggal 28 November 2013)
http://matematika-hebat.blogspot.com/2013/04/bangun-ruang-dimensi-tiga.html (diunduh pada tanggal 28 November 2013)
http://ghose-smkitpesat.blogspot.com/2012/02/dimensi-tiga-bangun-ruang.html (diunduh pada tanggal 28 November 2013)
DOI: 10.24235/eduma.v6i2.2188
Article Metrics
Abstract view : 471 timesPDF - 261 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching