UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DALAM PERSAMAAN KUADRAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Mempelajari matematika tidak hanya berusaha untuk menguasai pengetahuan atau keterampilan rutin dalam pemakaian dan penerapan materi pelajaran.Objek belajar matematika mencakup objek langsung dan tidak langsung. Objek langsung meliputi; fakta,keterampilan,konsep dan aturan atau prinsip,dan objek tidak langsung meliputi; kemampuan menyelidiki dan memecahkan masalah, mandiri dalam belajar dan bekerja ,bersikap positip terhadap matematika dan mengetahui cara mempelajarinya. Pengujian pemahaman fakta, skill,konsep, dan prinsip dalam persamaan kuadrat dapat melalui cara sebagai berikut: Pertama,siswa yang hanya ingat rumus persamaan kuadrat dia baru menguasai fakta; Kedua, siswa yang dapat mensubstitusikan bilangan pada rumus  sampai diperoleh nilai akar-akar persamaan kuadrat adalah skill; Ketiga, siswa yang dapat mengklasifikasikan a,b,c sebagai konstanta dan x sebagai variabel pada persamaan ax2 + bx + c adalah konsep; Keempat, siswa yang dapat menurunkan atau membuktikan rumus kuadrat dan menerangkan cara penurunannya pada orang lain maka ia dikatakan telah menguasai prinsip. Jadi rumus kuadrat yang merupakan prinsip dipandang sebagai suatu fakta, skill, atau konsep oleh siswa.. Konsep-konsep yang sangat sulit dapat diajarkan kepada beberapa siswa yang cerdas, dengan syarat, mereka belajar dengan sungguh-sungguh dan diajari oleh guru yang kompeten, tetapi kesiapan menuju ke abstraksi harus disesuaikan dengan keluasan pengalaman siswa. Siswa harus mempunyai sikap yang positif terhadap pelajaran. Sehubungan dengan berbagai kesulitan dalam memahami konsep-konsep yang abstrak, Penulis mencoba membuat alat bantu/media yang di beri nama “Lempeng Faktorâ€. Alat bantu ini pada dasarnya merupakan sebuah upaya mendemonstrasikan secara konkrit dari aljabar yang abstrak, diantaranya konsep yang mendasari perkalian dua suku dua dalam persamaan kuadrat dan faktorisasi suku tiga. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa: Satu; kecenderungan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran contektual teaching learning dengan menggunakan media termasuk kategori tinggi.Dua; Ada pengaruh yang positif metode pembelajaran contektual teaching learning dengan menggunakan media terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukan nilai hasil uji –t berkorelasi, dimana t hitung sama dengan 24,23 dan t tabel sama dengan 2,04. Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media “Lempeng Faktorâ€pada persamaan kudrat, menjadikan pembelajaran abstrak menjadi konkrit, pembelajaran lebih berpusat pada siswa, dapat mengembangkan kreativitas, menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang, kontektual, pengalaman belajar beragam, meningkatkan skill dan learning by doing, memperjelas penyajian materi supaya tidak verbalisme,
Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Contextual Teaching Learning, Persamaan Kuadrat, dan Media
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Sarmani. 2005. Pintar Aktif Matematika. Jakarta: Empat Sekawan Sejahtera.
Ahmadi, Abu. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
useffendi,E.T. 1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengem-bangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Simanjuntak, Lisnawati. 1992. Metode Mengajar Matematika 1. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Sukino,2014.Matematika 1.Jakarta:Erlangga.
Sundayana Rostina,2012 .Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika.PT. Alfabeta
Sutirman,Media dan Model- model pembelajaran Inovatif.Graha Ilmu
Suyono, dkk. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Offset.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Gru
DOI: 10.24235/eduma.v4i1.16
Article Metrics
Abstract view : 594 timesPDF - 423 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching