TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRI TAHU SARI RASA
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract
Â
Every organization has a marketing strategy that must be executed in carrying out its business activities. Strategy is the organizational means used to achieve its goals. Society in general is expecting business people to prioritize the needs of society by not ignoring the ethics in business. Therefore, business and society should maintain good relations through the application of ethical values in business such as honesty, modesty, and high sense of responsibility. Problems in this study are (1) How the implementation of marketing strategies in increasing sales at the company Tahu Sari Rasa? (2) How is the marketing strategy at Tahu Sari Rasa company in terms of Islamic business ethics ?. The method used is qualitative research. Data collection techniques that will be used is by doing Observation, Interview and Documentation. From the results of the study, the authors observed the marketing strategy by using the marketing mix and review of Islamic business ethics on the company Tahu Sari Rasa. The result is that the marketing strategy needs to improve the promotion aspect because it is still traditional and the Islamic business ethics review is appropriate.
Â
Keywords: Strategy Marketing, and Islamic Business Ethics.
Â
Abstrak
Â
Setiap organisasi perusahaan memiliki strategi pemasaran yang harus dijalankan dalam melaksanakan kegiatan bisnisnya. Strategi merupakan sarana organisasi yang digunakan untuk mencapai tujuannya. Masyarakat pada umumnya sangat mengharapkan para pelaku bisnis mengutamakan kebutuhan masyarakat dengan tidak mengabaikan etika dalam berbisnis. Oleh karena itu, pelaku bisnis dan masyarakat hendaknya menjaga hubungan baik melalui penerapan nilai-nilai etika dalam berbisnis seperti kejujuran, kesopanan, dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada perusahaan Tahu Sari Rasa? (2) Bagaimana strategi pemasaran pada perusahaan Tahu Sari Rasa ditinjau dari etika bisnis Islam? Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan yaitu dengan melakukan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian, penulis mengamati strategi pemasaran dengan menggunakan bauran pemasaran dan tinjauan etika bisnis Islam pada perusahaan Tahu Sari Rasa. Hasilnya strategi pemasaran perlu memperbaiki segi promosi karena masih tradisional dan tinjauan etika bisnis Islam sudah sesuai.
Â
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, dan Etika Bisnis Islam.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta, 2009.
Al-Qardhawi, Yusuf. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 1997.
Amalia, Aisyah. “Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan pendekatan Bauran Pemasaran Popsy Tubbyâ€, Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, Vol. 1, No. 3 (Agustus, 2016).
Anoraga, Panji. Manajemen Bisnis. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, 2004.
Arifin, Dimas Hendika Wibowo Zainul. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKMâ€, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 29, No. 1 (Desember, 2015).
Arminsyurita, “Analisis Strategi Pemasaran Jamur Rimba Jaya Mushromâ€, Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, Vol. IV, No. 2 (September, 2014).
Aziz, Abdul. Etika Bisnis Perspektif Islam. Bansung: Alfabeta, 2013.
Boyd, Harper W. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Jakarta: Erlangga, 2000.
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press, 2001.
Hariadi, Doni. “Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelianâ€, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (2012).
https://dalamislam.com/hukum-islam/ekonomi/etika-pemasaran-dalam-islam diakses pada tanggal 17 Desember 2017.
Imaniyati, Neni Sri. Hukum Ekonomi dan Ekonomi Islam. Bandung: Mandar Maju, 2002.
Kertajaya, Hermawan dan Muhammad Syakir Sula. Syari’ah Marketing. Bandung: Mizan, 2006.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. Principles of Marketing (Nith Edition), Prentice Hall. New Jersey: Upper Saddle River, 2001.
Kotler, Philip dan Armstrong. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks, 2004.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran, Edisi ke Tiga Belas Jilid 2. Jakarta: Erlangga, 2009.
Kotler, Philip Kotler. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan dan Mengendalikan, Edisi Kelima, Jilid I. Jakarta: Erlangga, 1986.
Kotler, Philip, et.al. Manajemen Pemasaran Sudut Pandang Asia. Jakarta: PT. Indeks, 2004.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif, Cet. XXIV. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.
Muhammad, dan Alimin. Etika dan Perlindungan Konsumen. Yogyakarta: BPFE, 2004.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Swashta, Basu. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty, 1999.
Swastha, Basu. Manajemen Penjualan, Edisi 3. Yoyakarta: BPFE Universitas Gadjah Mada, 1998.
Syafe’i, Rachmat. Fiqh Mu’amalah. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2004.
Tjiptono, F. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset, 1995.
Tjiptono, Fandi. Strategi Bauran Pemasaran. Yogyakarta: YPPM FE, 2001.
Umar, Husein. Strategic Management in Action. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2001.
DOI: 10.24235/jm.v3i2.3686
Article Metrics
Abstract view : 895 timesPDF - 661 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al Mustashfa Indexed by:
Reference Management Tool
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.