PENAWARAN PRODUK IMITASI JENIS FASHION DAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DI PASAR KAGET STADION BIMA CIREBON

Moh. Mabruri Faozi(1*), Annisa Mufidah(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

 

The market was surprised by the complex of Bima Stadium Cirebon City is one example of the trade center in the municipality of Cirebon imitate an products and visited consumer in a relatively large number of even though there is only every Sunday morning. The spreading of the visitors of this market and the various merchants are available with complete is expected to give description about the product offer imitate an types of fashion and the decision making process of consumers in the market was surprised by the complex of bima stadium of the Cirebon. The research method used is a descriptive qualitative research the process and interpret the data in the form of the arguments and data is non numbers to make a description image or painting systematically, factual and accurate. The results of the study showed that the concept of business that formed in the market was surprised by the complex of bima stadium Cirebon city is the retail outlet with tents or foodtruck as a place where your merchandise, products imitate an types of fashion which circulate in the market was surprised by the complex of bima stadium Cirebon city were very many and diverse consumer decision making is done through the process of decision making process the purchase of consumers.

 

Keywords: The Market Surprised, Products Iimitate, and Decision Making Consumer.

 

Abstrak

 

Pasar kaget komplek Stadion Bima kota Cirebon merupakan salah satu contoh sentra perdagangan produk imitasi di kota Cirebon dan dikunjungi konsumen dalam jumlah yang relatif besar meski hanya ada setiap hari minggu pagi. Meratanya pengunjung pasar ini serta berbagai pedagang tersedia dengan lengkap diharapkan dapat memberikan gambaran tentang penawaran produk imitasi jenis fashion dan proses pengambilan keputusan konsumen di pasar kaget komplek Stadion Bima kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mengolah dan menginterpretasikan data berupa argumen serta data yang bersifat non angka untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsep bisnis yang terbentuk di pasar kaget komplek Stadion Bima kota Cirebon adalah eceran dengan tenda-tenda atau foodtruck sebagai tempat dagangannya, produk imitasi jenis fashion yang beredar di pasar kaget komplek Stadion Bima kota Cirebon sangat beragam, pengambilan keputusan konsumen dilakukan melalui proses-proses pengambilan keputusan pembelian konsumen.

 

Kata Kunci: Pasar Kaget, Produk Imitasi, dan Pengambilan Keputusan Konsumen.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Arif, M. Nur Rianto dan Euis Amalia. Teori Mikroekonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Jakarta: Kencana, 2010.

Alimudin, Muhammad Irvan. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Barang Hasil Bajakanâ€, Skripsi. Cirebon: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati, 2015.

Alma, Buchari dan Doni Juni Priansa. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta, 2009.

Amaliawati, Lia dan Asfia Murni. Ekonomika Mikro. Bandung: PT. Refika Aditama, 2014.

Ardianto, Elvinaro. Metedologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2011.

Aziz, Abdul. Ekonomi Islam Analisis Mikro dan Makro. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana, 2007.

Ginting, Nembah F. Hartimbul. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. YRAMA Widya, 2011.

Gobe, Marc. Emotional Branding: Paradigma Baru untuk Menghubungkan Merek dengan Pelanggan. Jakarta: Esensi, 2005.

Hendri, Ma’ruf. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2005.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga, 1988.

Mankiw, N. Gregory. et.al., Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Nasution, Mustafa Edwin, et.al. Pengenalan Eksklusif: Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana, 2007.

Oktaviana, Rina. “Hubungan Antara Sikap Konsumen Dengan Keputusan Membeli Produk Perhiasan Imitasi Xuping Pada Konsumen Wanita di Pasar 16 Ilir Palembangâ€, Jurnal Ilmiah PSYCHE, Vol. 9, No. 2 (Desember, 2015).

Rahardja, Pratama dan Mandala Manurung, Teori Ekonomi Mikro: Suatu Pengantar. Jakarta: Lemabaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2010.

Sagir, Soeharsono, et.al. Kapita Selekta Ekonomi Indonesia. Jakarta: Kencana, 2009.

Sudarman, Ari. Teori Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFE, 2004.

Sudarsono. Buku Materi Pokok Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: Karunika, 1986.

Sukino, Sadono. Mikroekonomi Teori Pengantar, Edisi Ketiga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2016.

Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen; Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Susanti, Melisa. “Pasar Kaget dan Pemberdayaan Pedagang Kecil di Jatibarang-Indramayuâ€, Skripsi. Cirebon: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati, 2015.

Swastha, Basu dan Irawan. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty, 1990.

Swastha, Basu. Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE, 1997.

Wijaya, Anggi Putra. “Tingkat Pemahaman Fiqih Muamalat terhadap Keputusan Membeli Produk Fashion Palsuâ€, Skripsi. Jakarta: Fakultas Syariah dan Hukum Islam UIN Syarif Hidayatullah, 2015.

Wirartha, Made. Metedologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: CV. Andi, 2006.

www.radarcirebon.com.




DOI: 10.24235/jm.v3i2.3682

Article Metrics

Abstract view : 439 times
PDF - 243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Mustashfa Indexed by:


Reference Management Tool


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats