PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU PERSAMAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (Studi Eksperimen Terhadap Siswa kelas VII MTs Darul Falah Cijati Kabupaten Majalengka)

yusuf suryana(1*), nasihudin pono(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract



Mata pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan dan
merupakan bagian integral dari pendidikan nasional dan tidak kalah pentingnya bila dibandingkan dengan ilmu
pengetahuan lainnya. Rendahnya minat belajar matematika siswa, mengakibatkan aktivitas dalam kegiatan belajar
siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas belum seperti yang kita harapkan. Kegiatan siswa yang
memperhatikan pelajaran yang diterangkan oleh guru masih sedikit, sehingga materi pelajaran yang disampaikan
kurang dipahami siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan media adalah salah satu alternatif yang bisa
digunakan agar konsep-konsep matematika bisa lebih dipahami oleh siswa. Salah satu bentuk media yang dapat
digunakan adalah alat peraga kartu persamaan. Tujuan dari
penelitian ini adalah : pertama, ingin mengetahui seberapa besar respon siswa dalam penggunaan alat peraga kartu
persamaan dalam pembelajaran matematika. Kedua, ingin mengetahui seberapa besar prestasi belajar matematika
siswa di kelas VII MTs Darul Falah Cijati Kabupaten Majalengka. Ketiga, ingin mengetahui adakah pengaruh
penggunaan alat peraga kartu persamaan terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Alat peraga kartu persamaan adalah suatu bentuk alat peraga matematika yang berkonsep dasar pada Persamaan
Linear Satu Variabel. Alat peraga ini mudah didapatkan dan dibuat bersama-sama siswa, karena bahan dasarnya
terbuat dari kertas lipat. Alat peraga ini juga bermanfaat untuk membantu mempermudah menyelesaikan persamaan
linear satu variabel.
Dalam penelitian ini, terdapat 2 variabel yaitu penggunaan alat peraga kartu persamaan sebagai variabel bebas (X)
dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
MTs Darul Falah Cijati Kabupaten Majalengka tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 142 siswa. Sampel yang
dipilih adalah 1 kelas sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Pengumpulan data
menggunakan angket dan tes.
Pada umumnya siswa menyatakan setuju pembelajaran matematika menggunakan alat peraga kartu persamaan di
kelas VII MTs Darul Falah Cijati Kab. Majalengka. Hal ini dapat dilihat dari respon siswa dilihat dari hasil angket
bahwa sebanyak 77,1% siswa memberikan respon tinggi dan 22,9% siswa memberikan respon rendah. Berdasarkan uji
statistik didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 6,704 > 2,035 yang berarti bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan
hipotesis a (Ha) diterima.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan

Kata Kunci : kartu persamaan, PLSV

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Rohani. 1997. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Angkoso, Yusep Cus. 2011. Penerapan Metode ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment

dan Satisfaction) dengan Mengoptimalkan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika

Sebagai Upaya Peningakatan Komunikasi Matematika Siswa (PTK Kelas VII SMP Al-Islam 1

Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azwar, S. 1988. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Zain. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gulo, W. 1996. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Herman, Hudoyo. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Iqbal, Hasan. 2002. Pokok Pokok Materi Metodologi Penelitian dan. Aplikasinya. Edisi 1. Ghalia

Indonesia. Jakarta.

Jerold Kemp dan Diane K. Dayton (dalam Pribadi, 2004:15)

http://geomemi.blogspot.com/2008/11/media-pembelajaran.html

K. Wong, Harry dan Rosemary T. Wong. 2009. The First Days of School. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Murtaqi, Rif’atul. 2007. Pengaruh Alat Bantu Mistar Geser Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada

Pokok Bahasan Bilangan Bulat di SDN Karangampel Kidul 1 Indramayu. Skripsi tidak

diterbitkan. Cirebon: STAIN Cirebon.

Muhibbin, Syah. 2006. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.

Paulina, Panen. 2002. Belajar dan Pembelajaran I. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Pranoto, Edy. 2005. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Operasi Bilangan

Pecahan Dengan Menggunakan Kartu Pecahan Pada Siswa Kelas III MI Miftahul Huda

Desa Jatisono Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2004/ 2005. Skripsi tidak

diterbitkan. Semarang: UNNES Semarang

Purnawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta.

Purwanto, Ngalim. 2002. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remadja

Karya.

Purwanto, Ngalim. 1998. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan, 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung:

Alfabeta.

Ruseffendi, E,T. 1998. Dasar-Dasar Penelitian dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP

Semarang Press.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Cetakan Keempat. Bandung: Alfabeta.

Sugijono dan M. Cholik Adinawan. 2010. Mathematics for Junior High School : Volume 1A.

Jakarta: Erlangga.

Sugijono dan M. Cholik Adinawan. 2007. Seribu Pena Matematika Jilid 1 untuk SMP Kelas VII.

Jakarta: Erlangga.

Surapranata, Sumarna. 2004. Analisis, Validitas, Reabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes

Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosda Karya.

Supriatna, D. 2009. Pengenalan Media Pembelajaran. Bandung: PPPPTK dan PLB.

Suherman, Erman. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: Tarsito

Sudjana, 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Sutikno, M. Sobry. 2007. Rahasia Belajar Sukses Belajar dan Mendidik Anak “Teori dan

Praktikumâ€. Mataram: NTP Press.

Sutrisman dan G. Tambunan. 1987. Pengajaran Matematika. Jakarta: Penerbit Karunika-

Universitas Terbuka.

Sarwono, Sarlito.2000. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Press,

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1996. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Umar, Husein. 2002. Metode Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Winataputra, Udin S. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Yuniarsih. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan Dengan Alat

Peraga Kertas Lipat Di Kelas III SDN Pedurungan Lor 02 Semarang Tahun Pelajaran

/2006. Skripsi tidak diterbitkan.

Semarang: UNNES Semarang

http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2185068-konsep-dan-definisirespon/

pukul 10.30

pm

http://mahera.net/2011/01/arti-pengertian-definisi-prestasi-belajar/ pukul 08.15 am

http://ismanpunggul.blogspot.com/2011/10/media-pembelajaran.html pukul 07.20

am




DOI: 10.24235/eduma.v1i1.281

Article Metrics

Abstract view : 943 times
PDF - 822 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats